EFEK PELATIHAN WASIT MELALUI VIRTUAL MEETING TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SDM WASIT SENAM TINGKAT PROVINSI TAHUN 2020

Penulis

  • Mona Fiametta Febrianty Universitas Pendidikan Indonesia http://orcid.org/0000-0002-3411-9646
  • Nina Sutresna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nida'ul Hidayah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27953

Kata Kunci:

Kompetensi Wasit Senam, Pelatihan Wasit

Abstrak

Peran seorang wasit pada cabang olahraga tidak terukur dalam hal ini adalah Senam memiliki posisi yang amat sentral. Kualifikasi wasit senam turut mempengaruhi keberhasilan atlet dalam meraih prestasi. Sehingga penyebaran SDM wasit yang berkualitas sangatlah diharapkan tersebar secara merata.  Untuk mewujudkan pemerataan SDM perlu dilakukan pelatihan terhadap para wasit yang merupakan perwakilan dari tiap kota atau kabupaten. Pada masa pandemik Covid-19 ini tidaklah memungkinkan untuk melakukan pelatihan secara tatap muka langsung, oleh sebab itu alternative yang dapat dilakukan adalah dengan virtual meeting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari pelatihan secara virtual terhadap peningkatan kompetensi wasit senam. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah wasit senam tingkat provinsi dengan sample sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah butir soal mengenai perwasitan berjumlah 40 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi SDM wasit yang signifikan melalui pelatihan wasit secara virtual meeting.

Biografi Penulis

Mona Fiametta Febrianty, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Kepelatihan Olahraga Departemen Pendidikan Kepelatihan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Referensi

Arifin, D. (2017). Persani Selenggarakan Penataran Wasit Senam Artistik Putra/ Putri. bisniswisata.co.id. https://bisniswisata.co.id/persani-selenggarakan-penataran-wasit-senam-artistik-putra/

Darmayanti. (2019). Jenis-jenis Metode Pelatihan yang Interaktif. Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur. https://kkp.go.id/brsdm/bdasukamandi/artikel/8635-jenis-jenis-metode-pelatihan-yang-interaktif

Elfrianto. (2016). Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal EduTech, 2(2), 46–58.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.

Gymnastique (p. 20). (2013).

Gymnastique, R. I. D. E. (2020). FÉDÉRATION INTERNATIONALE DE GYMNASTIQUE FIG General Judges ’ Rules Cycle 2017-2020.

Hamonangan, T. (2012). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang. Pengantar Teknologi Informasi, 1–24. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/viewFile/6998/5990

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Jayanthi, Y., & Cahyana, A. (2017). Pengaruh Hasil Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Di Balai Pelatihan Manajerial Pt. Kai Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2).

Khurotin, N., & Afrianty, T. W. (2018). Analisis pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di PT Beon Intermedia Cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 64(1), 195–203.

Ma’mun, A. (2008). Pembangunan Olahraga Masyarakat di Jawa Barat. FPOK UPI & Pemda Prov. Jawa Barat.

Mahendra, A. (2012). Materi Pendidikan Wasit Senam Artistik Putra. 3. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196308241989031-AGUS_MAHENDRA/Artikel_Terjemahan_Agus_Mahendra/Materi_Pendidikan_Wasit_Senam_Artistik_Putra_1.pdf

Permatasari, I., & Hardiyan, H. (2018). Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan BCA KCU Tangerang. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(1), 1. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i1.275

Rahman, M. A., Amarullah, R., & Hidayah, K. (2020). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Borneo Administrator, 16(1), 101–116. https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.656

Richardo, J. (2015). Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Prudential Cabang Mrt Stars. Agora, 3(2).

Studiilmu. (2020). Pengertian Kursus Online atau Belajar Online. https://www.studilmu.com/blogs/details/apa-itu-kursus-online-atau-belajar-online

Sugihartono, T. (2020). CODE OF POINT DAN RUBRIK PENILAIAN SENAM DALAM CODE OF POINT AND RUBRIC EVALUATION OF GYM IN. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(1), 1–11.

Waryanto, N. H. (2006). Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras, 2(1), 10–23. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf

Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional, 338–346. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/2543/2357

Diterbitkan

2020-10-21

Terbitan

Bagian

Articles