EFEK PELATIHAN WASIT MELALUI VIRTUAL MEETING TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SDM WASIT SENAM TINGKAT PROVINSI TAHUN 2020
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27953Kata Kunci:
Kompetensi Wasit Senam, Pelatihan WasitAbstrak
Peran seorang wasit pada cabang olahraga tidak terukur dalam hal ini adalah Senam memiliki posisi yang amat sentral. Kualifikasi wasit senam turut mempengaruhi keberhasilan atlet dalam meraih prestasi. Sehingga penyebaran SDM wasit yang berkualitas sangatlah diharapkan tersebar secara merata. Untuk mewujudkan pemerataan SDM perlu dilakukan pelatihan terhadap para wasit yang merupakan perwakilan dari tiap kota atau kabupaten. Pada masa pandemik Covid-19 ini tidaklah memungkinkan untuk melakukan pelatihan secara tatap muka langsung, oleh sebab itu alternative yang dapat dilakukan adalah dengan virtual meeting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari pelatihan secara virtual terhadap peningkatan kompetensi wasit senam. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah wasit senam tingkat provinsi dengan sample sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah butir soal mengenai perwasitan berjumlah 40 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi SDM wasit yang signifikan melalui pelatihan wasit secara virtual meeting.
Referensi
Arifin, D. (2017). Persani Selenggarakan Penataran Wasit Senam Artistik Putra/ Putri. bisniswisata.co.id. https://bisniswisata.co.id/persani-selenggarakan-penataran-wasit-senam-artistik-putra/
Darmayanti. (2019). Jenis-jenis Metode Pelatihan yang Interaktif. Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur. https://kkp.go.id/brsdm/bdasukamandi/artikel/8635-jenis-jenis-metode-pelatihan-yang-interaktif
Elfrianto. (2016). Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal EduTech, 2(2), 46–58.
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.
Gymnastique (p. 20). (2013).
Gymnastique, R. I. D. E. (2020). FÉDÉRATION INTERNATIONALE DE GYMNASTIQUE FIG General Judges ’ Rules Cycle 2017-2020.
Hamonangan, T. (2012). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang. Pengantar Teknologi Informasi, 1–24. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/viewFile/6998/5990
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Jayanthi, Y., & Cahyana, A. (2017). Pengaruh Hasil Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Di Balai Pelatihan Manajerial Pt. Kai Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2).
Khurotin, N., & Afrianty, T. W. (2018). Analisis pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di PT Beon Intermedia Cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 64(1), 195–203.
Ma’mun, A. (2008). Pembangunan Olahraga Masyarakat di Jawa Barat. FPOK UPI & Pemda Prov. Jawa Barat.
Mahendra, A. (2012). Materi Pendidikan Wasit Senam Artistik Putra. 3. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196308241989031-AGUS_MAHENDRA/Artikel_Terjemahan_Agus_Mahendra/Materi_Pendidikan_Wasit_Senam_Artistik_Putra_1.pdf
Permatasari, I., & Hardiyan, H. (2018). Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan BCA KCU Tangerang. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(1), 1. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i1.275
Rahman, M. A., Amarullah, R., & Hidayah, K. (2020). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Borneo Administrator, 16(1), 101–116. https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.656
Richardo, J. (2015). Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Prudential Cabang Mrt Stars. Agora, 3(2).
Studiilmu. (2020). Pengertian Kursus Online atau Belajar Online. https://www.studilmu.com/blogs/details/apa-itu-kursus-online-atau-belajar-online
Sugihartono, T. (2020). CODE OF POINT DAN RUBRIK PENILAIAN SENAM DALAM CODE OF POINT AND RUBRIC EVALUATION OF GYM IN. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(1), 1–11.
Waryanto, N. H. (2006). Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras, 2(1), 10–23. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf
Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional, 338–346. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/2543/2357
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)