PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENGLISH FOR FB SERVICE BERBASIS E-LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v14i1.17889Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi dan menganalisis kompetensi-kompetensi dan topik-topik yang harus dicapai oleh mahasiswa dalam pembelajaran English for FB Service yang mencakup mengembangkan tema dan subtema yang dapat dimasukkan ke dalam bahan ajar; dan mengembangkan jenis dan bentuk asesmen yang dapat digunakan untuk mengukur ketercapaian masingmasing kompetensi yang telah dirumuskan; (2) mendesain prototype bahan ajar berbasis e-learning untuk mata kuliah English for FB Service; dan (3) mengetahui kualitas/validitas bahan ajar yang dikembangkan. Desain utama dari penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pentingnya dan keutamaan dari penelitian ini, yaitu upaya dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah English for FB Service, pengembangan kurikulum dan material development, dan kontribusi dalam pengembangan e-learning dalam pembelajaran. Data penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 13 kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa dalam pembelajaran English for FB Service dan 13 topik-topik yang dikembangkan. Uji validasi produk menunjukkan tingkat validasi dalam kategori sangat tinggi yang berarti bahwa produk penelitian ini sudah siap dipakai.
Kata kunci: bahan ajar, English for FB Service, e-learning
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)