ACCELERATED LEARNING BERBASIS DISCOVERY (ALID) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEWARNAAN BATIK SISWA KELAS XI KRIYA KREATIF BATIK DAN TEKSTIL SMK NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2017-2018
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v14i1.17890Abstract
Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pewarnaan batik melalui penerapan model pembelajaran accelerated learningberbasis discovery. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, pada siswa kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode tes untuk mengetahui hasil belajar. Data dianalisis untuk menentukan rata-rata kelas (Mean) dan prosentase ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pewarnaan batik pada siswa kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil melalui penerapan model pembelajaran accelerated learningberbasis discovery.Hasil penelitian menunnjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa 78,50 dengan ketuntasan klasi-kal 75,00% berada pada kriteria tidak tuntas. Setelah dilaksanakan perbaikan tindakan pada siklus II,nilai rata-rata siswa menjadi 84,63 dengan ketuntasan klasikal 93,75 %.dan berada pada kriteria tuntas.
Downloads
Published
2019-06-25
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)