Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18381Abstract
Permasalahan rendahnya keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Kintamani menjadi masalah utama dilakukannya penelitian ini. Rendahnya keterampilan berpikir kritis karena pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang mampu menemukan pengetahunnya sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini dilakuakn dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Bamboo Dancing dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di Gugus V Kintamani, Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Nonequivalen Post Test Only Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus V Kintamani tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 176. Sampel penelitian yaitu kelas V SDN Daup sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas V SDN 1 Belantih sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa, diperoleh dengan teknik random sampling melalui cara undian kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik infrensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thit =9,625 dan ttab=(pada taraf signifikan 5%) 2,021. Hal ini berarti Thitung > Ttabel , sehingga terdapat pengaruh keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Bamboo Dancing dengan siswa yang dibelajarankan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Bamboo Dancing berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa.
Kata Kunci : Bamboo Dancing, Berpikir Kritis, IPA.
References
Bhakti, Yoga budi. 2017. “Evaluasi Program CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA”. JIPFRI, Vol. 1 No. 2. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109
Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains-SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
Dewi Candra. 2016. “Implementasi Metode Bamboo Dancingl Untuk Meningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Indria Vol 1,No 1 (2016) DOI: https://doi.org/10.24269/jin.v1n1.2016.pp1-8
Dianawati, Ni Luh Pt. 2017. “ Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Sd No. 1 Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017 E-Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017.
Huda. Miftahul. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perjuangan Pada Masa Penjajahan Jepang Di Indonesia”. Jurnal Mahasiswa PGSD Vol 3, No 1 (2015
Junaidi, 2015. “Upaya Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Siswa Mengenaikonsep Matematika Menggunakan Abakus. Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (1).
Ma’rifah. Nur. 2017. “Penggunaan Model Bamboo Dancing Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Kalam Candekia Pgsd Kebumen Vol 6, No 6 (2017):
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswanja Pressindo
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013 DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Purwanti. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Missouri Matematics Project (MMP) . Jurnal Pendidikan dan Keterampilan Dasar Volume 2 nomer 2
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sulaiman, Ahmad. 2018. Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam .Jurnal UGM Buletin Psikologi ISSN 0854-7106 2018, Vol. 26, No. 2, 86 – 96 ISSN 2528-5858 DOI: https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38660
Wahyuni, Sri. 2017. “Penerapan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III di SDN 15 Biau. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. DOI: https://doi.org/10.22487/j25805924.2017.v5.i1.8240
Yogidibrata. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Lisan Anak Kelompok B3 Tk Widya Santhi Denpasara”. E-Journal Pg-Paud Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 3 No 1 Tahun 2015).
Yuniari. Ni Wayan 2017. “Pengaruh Model Bamboo Dancing Berbantuan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017