Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas V

Authors

  • I Dw. A. Novi Alpriyani Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nym Ganing Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • M.G. Rini Kristiantari Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20755

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis narasi, pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis narasi, serta pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V SD Gugus II kecamatan Bangli Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh: 1) Freg=54,590, 2) Freg=39,477 dan 3) Freg=37,719. Hasil dibandingkan dengan  Ftabel=3,914 yang berarti Freg > Ftabel, maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis narasi dengan kontribusi sebesar 29,6%, 2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis narasi dengan  kontribusi sebesar 23,3%, dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Bangli  dengan kontribusi sebesar 36,9%.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, motivasi berprestasi, dan keterampilan menulis narasi

References

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Anggraeni, Sri Wulan. 2016. “Hubungan Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Narasi”. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 6, Edisi 1 Mei 2016 (hlm. 161-176).

Dalman, H. 2018. Keterampilan Menulis. Cetakan ke-6. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Djaali, H. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Inggriyani, Feby dan Nurul Fazriyah. 2017. Pengaruh Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. JPSD, Vol. 3 No. 2 (hlm. 105-116).

Maolani, Rukaesih A. dan Ucu Cahyana. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cetakan ke-1. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Cetakan Ke-2. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan Ke-22. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cetakan ke-4. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Winarsunu, Tulus.2002. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMMPress.

Downloads

How to Cite

Alpriyani, I. D. A. N., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. R. (2019). Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas V. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 73–82. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20755

Issue

Section

Articles