Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24304Keywords:
BBL, Pemecahan Masalah, Media KonkretAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan media konkret pada siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 139 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis data, dan uji hipotesis melalui uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan media konkret. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,910 dan ttabel = 2,021 (thitung > t tabel). Adanya perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menandakan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan media konkret berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng.
References
Andrian, R. (2017). Pembelajaran Bermakna Berbasis Post It. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 103-118. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v7i1.1911
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Gazali, R. Y. (2018). "Pembelajaran Matematika yang Bermakna". Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No.3.
Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313-333.https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754 DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754
Islamiah, N. (2018). "Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP". Journal On Education , Vol.1, No.1(hlm. 47-57) : http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p305-312 DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p305-312
Jensen, Eric. 2011. Pembelajaran Berbasis-Otak. Jakarta: PT Indeks.
Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63-72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963 DOI: https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963
Kurino, D. Y. (2020). Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1). http://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i1.2240 DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2240
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644 DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Mulyati, T. (2016). "Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar". e-journal UPI, Vol.3, No.2. http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24304 DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807
Musfiroh, T. & Beniati. (2016). "Konstruk Kompetensi Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar". Jurnal LITERA. Vol. 15, No.1. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v15i1.9751
Nuraziza, R., & Suwarma, I. R. (2018). "Menggali Keterampilan Creative Problem Solving yang Dimiliki Siswa SMP Melalui Pembelajaran IPA Berbasis STEM". Jurnal Wahana Pendidikan Fisika , Vol. 3. No.1 (hlm. 55-61). https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10941 DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10941
Oktaviana, Syifa Eka. (2017). "Model Brain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Daur Air". Antologi UPI, Vol. 5, No.1. https://doi.org/10.17509/pgsdcibiru.v5i1.13
Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37-48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383
Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Rahman, dkk. (2018). "Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalalah Matematika Ditinjau dari Metakognisi Belajar Siswa Sekolah Dasar'. Indonesian Journal of Primary Education, Vol.2, No.1. http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24304 DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11648
Salim Nahdi, D. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.341 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.341
Saraswati, dkk. (2018). "Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model MEANS ENDS ANALYIS (MEA) Bagi Siswa Kelas 5 SD Negeri Sumogawe 02". Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. Vol. 4, No. 1. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.23
Sukriyah, D. (2016). "Perbandingan Hasil Belajar Kelas Eksperimen dan Kontrol Pada Pembelajaran Matematika dengan Brain Based Learning". Jurnal Edukasi ,Vol. 2, No.1(hlm. 15-24).
Sulfah. (2014). "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar". Jurnal Pendidikan Matematika , Vol.1, No.2. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.23 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.23
Sulistyaningrum, H., Winata, A., & Cacik, S. (2019). Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 142-158. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13068 DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13068
Sumarjilah, Y. (2015). "Penggunaan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan pada Siswa Kelas I SDN Rejoagung 01 Kabupaten Jember". Pancaran ,Vol.4, No. 4(hlm. 67-78).
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Sunaryo, Y., & Nuraida, I. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran brain-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 3(2), 89-96. https://doi.org/10.37058/jp3m.v3i2.259
Wiguna, A. (2016). "Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V". e-Journal PGSD Undiksha , Vol.4, No. 3. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7776 DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289