META ANALISIS PENGARUH PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V TEMATIK MUATAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27959Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 10 artikel pada jurnal nasional dan instrumen berupa lembaran pemberian kode (coding category). Penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa pengaruh Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dari subjek siswa kelas V, Discovery Learning lebih efektif digunakan pada peserta didik.. Teknik analisis, terjadi pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang berbeda-beda dengan nilai rata-rata mulai dari yang terendah 5,35 % sampai yang tertinggi 32,19 % dengan rata-rata sebesar 108.68%. Hasil uji T Sig.(2-tailed) (0,000) < α (0,05) dan thitung = 3,935 <ttabel = 2.785 sehingga Ho di tolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis muatan pelajaran IPA siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan discovery learningBerdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan Discovery Learning sangat berpengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kritis siswa.
Kata kunci : Discovery Learning, Kemampuan Berfikir Kritis.
References
Acesta, A., & Yuningsih, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Dinamika IPA Sekolah Dasar, 1(1), 1-15. DOI: https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2563
Aryani, Y. D., & Wasitohadi, W. (2020). Pengaruh Penerapan Model Dsicovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Muatan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Diponegoro. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 34-40. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3221
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Ennis, R. H. (2013). Critical Thinking Across the Curriculum: The wisdom CTAC program. Inquiry Critical Thinking across the Disciplines, 28 (2), 25-45. DOI: https://doi.org/10.5840/inquiryct20132828
Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239-249. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318
Herman, T. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 140-151. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2705
Kemendikbud .2016. Pendekatan Saintifik dan Model-Model Pembelajaran.Jakarta : Kemendikbud.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13-27. DOI: https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Rohim, F., dan Susanto, H. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1(1): 1-5.
Safitri, A., & Setiawan, Y. Perbedaan Pengaruh Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa. Jurnal Tematik, 10(1).
Santiasih, N. L., Marheani, A. N., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD No.1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Bandung Tahun Pelajaraan 2013/2014 . PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia , 1(1).
Susanti, O. I. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Basic Education, 7(9), 858-867.
Utami, R. A., & Giarti, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. PeTeKa, 3(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.4423
Tiana, N. L. (2015). Pengaruh Strategi Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 266-274. DOI: https://doi.org/10.21009/JPD.062.09
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). PT Bumi Aksara. Jakarta.
Wahyudi, Stefanus, Mulyani, P. K., Utari, A., & Lestari, W. (2012). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa S1 PGSD FKIP UKSW.Respository.Uksw.Edu.
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228-238 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348
Widyastuti, Sri Ellyza.2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learnin pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.