Analisis Kesulitan Siswa Kelas V dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Operasi Hitung Pecahan

Authors

  • Nur Hidayah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • M. Arief Budiman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Fajar Cahyadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.29252

Keywords:

Pemecahan Masalah Matematika, Operasi Hitung Pecahan

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik. Namun dalam proses pembelajaran, siswa cenderung sulit untuk mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika, menganalisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika, dan mengeksplorasi faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, angket, tes, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa paling tertinggi terdapat pada melaksanakan pemecahan masalah matematika. Sedangkan kesalahan siswa terendah terdapat pada mengecek kembali pemecahan masalah. Sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, melakukan penghitungan matematika, gaya belajar guru yang diterapkan, dan kurangnya respons siswa. Selain itu, kesulitan siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masih banyak permasalahan terkait dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar (1st ed.). Rineka Cipta.

Agustin, P. R., & Yuliastuti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(2), 63–70. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i2.1270 DOI: https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i2.1270

Citroremi Nindy, & Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 13–18.

Irfan, A., Juniati, D., & Lokito, A. (2018). Profil Pemecahan Masalah Pecahan Siswa SD Berdasarkan Adversity Quotient. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/288

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya (1st ed.). Ghalia Indonesia.

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93–106. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713

Kurniasari, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Make A Match Berbantuan Media Konkret Kelas 4 SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.761 DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.761

Kurniawan, B. R., Reyza, M., & Taqwa, A. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1451–1457.

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775

Palupi, H. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education., 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11400

Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan HOTS pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar Developing Learning Kit to Improve HOTS for Flat Side of Space Competence. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126–135. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanti, Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Statistika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 305–319. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.561

Umaya, B., Wardhana, M. A., & Setia, Y. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi FPB Melalui Media Sandal FPB dalam Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV Pembelajaran Secara Daring. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) II. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/1052

Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(1), 1–8.

Downloads

Published

2020-11-15

How to Cite

Hidayah, N., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 46–51. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.29252

Issue

Section

Articles