PROGRAM PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS PENDIDIK KIMIA (P4K) DI MADRASAH ALIYAH
Abstract
Abstrak: Program Pengembangan Profesionalitas Pendidik Kimia (P4K) diimplementasikan di MA se Kota Palembang dengan melibatkan kemitraan antara empat orang dosen dan sebelas orang guru kimia madrasah aliyah. Workshop diberikan untuk memberikan pengayaan konten dan pedagogi kepada guru. RPP yang dikembangkan kemudian diimplementasikan pada peer teaching dan open lesson dengan berdasarkan atas rancang, rembuk, riset, refleksi, dan revisi. Temuan penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa P4K efektif diterapkan di madrasah dari segi aplikasi pembelajaran dan meningkatkan rasa percaya diri guru, tetapi kurang efektif dari segi pengayaan teori tentang konten, pedagogi, maupun pedagogical content knowledge (PCK). P4K memudahkan guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran; dan mempelajari berbagai sumber informasi. Disarankan bahwa P4K perlu diadakan secara berkelanjutan melalui MGMP dan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan terutama terkait dengan dampak dari P4K terhadap peningkatan prestasi siswa.