IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (CHARACTER BUILDING) DALAM SIKAP ILMIAH MATA PELAJARAN SAINS SISWA KELAS VII SLUB SARASWATI 1 DENPASAR
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pandangan Siswa Kelas VII SLUB Saraswati 1 Denpasar mengenai tentang karakter siswa yang ideal. 2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam sikap ilmiah mata pelajaran Sains Siswa Kelas VII di SLUB Saraswati 1 Denpasar. Karakter siswa yang diteliti di dalam penelitian ini mengacu kepada Six Core Ethical Value dari Holistic Education Network of Tasmania. Subyek penelitian ini adalah Siswa Kelas VII Bilingual SLUB Saraswati 1 Denpasar. Penelitian menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan rancangan mixed methods yakni dengan menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan analisis reduksi data dan deskriptif kuantitatif dengan bantuan SPSS 17 for Windows. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara terstruktur, observasi, dan pemberian kuisioner kepada siswa. Terdapat tiga jenis instrumen dalam penelitian ini yaitu 1) Instrumen wawancara pandangan karakter ideal, 2) Instrumen wawancara nilai-nilai pendidikan karakter dalam sikap ilmiah dan, 3) Kuisioner nilai-nilai pendidikan karakter dalam sikap ilmiah. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Pandangan karakter ideal siswa telah memuat seluruh komponen Six Core Ethical Values, yaitu dapat dipercaya (trusthworthiness), Saling menghormati (respect), tanggung jawab (responsibility), keadilan (fairness), peduli (caring), dan kewarganegaraan (citizenship), 2) terdapat beberapa jenis karakter yang harus diperbaiki atau dikembangkan lebih lanjut lagi karena berada dalam kategori cukup bagi siswa yaitu, 1) accountability (kuisioner = 2,35, dan wawancara = 35% siswa), impartiality ( kuisioner = 1,85 dan wawancara = 45% siswa), dan caring (kuisioner = 2,25 dan wawancara = 50% siswa).