PEMBERDAYAAN MAHASISWA PESERTA KIMIA ORGANIK (KMA504) MENGGUNAKAN TUGAS PRESENTASI KELOMPOK DAN PENULISAN JURNAL METAKOGNITIF
Abstrak
Abstrak
Mata kuliah (KMA504) disajikan dalam semester genap bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana angkatan 2013 kerjasama dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur yang mengikuti perkuliahan Kimia Organik (KMA504) sejumlah 23 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa peserta Kimia Organik (KMA504) dengan pemberian tugas presentasi kelompok dan penulisan jurnal metakognitif. PTK ini dirancang dalam 2 (dua) siklus, yang setiap siklusnya meliputi 4 (empat) tahap yaitu, siklus I terdiri: (1) Perencanaan yaitu penyusunan kelompok berdasarkan nilai pretes, pendistribusian sub materi pokok yang akan dipresentasikan oleh tiap kelompok, penyampaian daftar rujukan dan menyiapkan alat penilaian; (2) Pelaksanaan yaitu PBM (presentasi oleh tiap-tiap kelompok belajar); (3) Observasi yaitu penilaian unjuk kerja presentasi semua kelompok, dan melakukan penilaian hasil belajar; (4) Analisis dan Refleksi, menarik kesimpulan bahwa siklus I belum memuaskan karena rerata skor tes adalah 65,12. Kesimpulan ini mengakibatkan bahwa siklus II harus dilaksanakan. Tahap-tahap Siklus II pada hakekatnya langkah-langkahnya hampir sama dengan Siklus I, kecuali pada Siklus II ditekankan pada penulisan jurnal metakognitif. Hasil Siklus Siklus II memuaskan karena rerata skor tes adalah 81,81. Terjadi kenaikan rerata sebesar 16,69. Tugas presentasi kelompok dan penulisan jurnal metakognitif menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik, selain itu penulisan jurnal metakognitif juga telah mampu memacu antusiasme dalam belajar. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tugas presentasi kelompok dan penulisan jurnal metakognitif dapat memberdayakan mahasiswa peserta Kimia Organik (KMA504).