PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA SD NEGERI TEMUKUS
Abstrak
AbstrakTujuan penelitian adalah menganalisis perbedaan antara: sikap ilmiah dan hasil belajar, sikap ilmiah, dan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran GI dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan The posttest only Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 161 siswa dan sampel sebanyak 103 orang. Dua instrumen pokok penelitian yaitu tes sikap ilmiah dan tes hasil belajar IPA. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis MANOVA satu jalur. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hasil sebagai berikut. Pertama, ada perbedaan yang signifikan sikap ilmiah dan hasil belajar IPA (F=156,55; p<0,05). Kedua, ada perbedaan yang signifikan sikap ilmiah (F=243,32; p<0,05). Ketiga, ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA (F=72,96; p<0,05). Jadi, model pembelajaran GI dapat direkomendasikan sebagai salah satu model untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar.
Diterbitkan
2012-12-15
Terbitan
Bagian
Seminar Nasional MIPA