Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS

Authors

  • Bayu Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Agus Purnomo Universitas Negeri Malang
  • Idris . Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236

Abstract

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan paradigma pembelajaran yang berbasis kelas menjadi online. Guru juga dituntut untuk merespon situasi ini sebagai peningkatan kompetensi mereka. Upaya-upaya yang dapat membantu guru dalam meningkatkan kompetensi mereka dalam pembelajaran online bisa dilakukan melalui proses pelatihan dan pendampingan. Makalah ini bertujuan untuk memaparkan hasil dari pelatihan penggunaan Google Classroom kepada guru matapelajaran IPS di MTs Kota Malang. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) hanya 7% guru IPS yang menerapkan pembelajaran online, 2) penggunaan modul pelatihan sangat penting dan membantu peserta memahami materi pelatihan, 3) pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik dan guru sangat antusias, dan 4) ada permintaan tindaklanjut dari kegiatan pelatihan.

References

Adawi, R. (2016). Pembelajaran Berbasis E-Learning. eprint. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/541/

Asiyai, R. I. (2012). Assessing school facilities in public secondary schools in Delta State, Nigeria. African Research Review, 6(2), 192–205.

Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended learning: Studi efektivitas pengembangan konten e-learning di perguruan tinggi. Jurnal Tatsqif, 17(1), 104–119.

Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google classroom: Teachers’ perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66.

Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 28–38.

Boeskens, L., Liebowitz, D., Lima, G., & Radinger, T. (2018). Responsive School Systems: Connecting Facilities, Sectors and Programmes for Student Success. OECD Reviews of School Resources. OECD Publishing.

Borotis, S., & Poulymenakou, A. (2004). E-Learning Readiness Components: Key Issues to Consider Before Adopting e-Learning Interventions. 1622–1629. Retrieved from https://www.learntechlib.org/primary/p/11555/

Breslow, L., Pritchard, D. E., DeBoer, J., Stump, G. S., Ho, A. D., & Seaton, D. T. (2013). Studying Learning in the Worldwide Classroom Research into edX’s First MOOC. Research & Practice in Assessment, 8, 13–25.

Cole, R. A. (2000). Issues in Web-based Pedagogy: A Critical Primer. Greenwood Publishing Group.

Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2), 99–113.

Ibrahim, N. (2019). ICT Untuk Pendidikan Terbuka Jarak Jauh. Jurnal Teknodik, 005–018.

Kemendikbud. (2018). Indonesia Education Statistics In Brief 2018/2019. Retrieved from http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_03351F6F-A355-4531-9DC1-109E5E4C6C17_.pdf

Kurniawan, B., Idris, I., Purnomo, A., Wiradimadja, A., & Sukamto, S. (2019). Using Broadcasting Learning Design to Enhance Student’s Experiential Skill. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 14(16), 172–180.

Liputan6.com. (2019, March 28). Menkominfo: 214 Ribu Sekolah di Indonesia Harus Terhubung ke Internet. Retrieved November 25, 2019, from Liputan6.com website: https://www.liputan6.com/tekno/read/3928278/menkominfo-214-ribu-sekolah-di-indonesia-harus-terhubung-ke-internet

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

McAuley, A., Stewart, B., Siemens, G., & Cormier, D. (2010). The MOOC Model for Digital Practice. University of Prince Edward Island, 64.

Muhammad Zulham. (2013). Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SMP (Studi Deskriptif Mengenai Kesenjangan Aksesibilitas dan Kapabilitas Teknologi Informasi di Kalangan Guru SMP Kecamatan Krian) (Skripsi, UNIVERSITAS AIRLANGGA). Retrieved from http://lib.unair.ac.id

Munawaroh, I. (2005). Virtual Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Majalah Ilmiah Pembelajaran, (2). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/220000/virtual-learning-dalam-pembelajaran-jarak-jauh

Nurryna, A. F. (2008). Pengembangan Media Pendidikan Untuk Inovasi Pembelajaran. Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 1(2). https://doi.org/10.3112/speed.v1i2.1354

Pappano, L. (2012, November 2). Massive Open Online Courses Are Multiplying at a Rapid Pace. The New York Times. Retrieved from https://www.nytimes.com/2012/11/04/education/edlife/massive-open-online-courses-are-multiplying-at-a-rapid-pace.html

PLN. (2018). RUPTL: Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik PT. PLN (PERSERO) 2018-2027. Retrieved from https://www.pln.co.id/statics/uploads/2018/04/RUPTL-PLN-2018-2027.pdf

Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54–68.

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. , (2005).

Rohmah, R. N., Sari, W. A. M. P., Pangasta, D. G. D., & Deddiliawan, A. (2019). Pengembangan Mantri Caino: Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 103–116.

Sayekti, R. (2015, December 28). Implementasi E-learning di Perguruan Tinggi: Menjawab Tantangan Teknologi dan Perkembangan Pendidikan [Monograph]. Retrieved October 10, 2019, from http://repository.uinsu.ac.id/1916/

Sulistyo, W. D., Nafi’ah, U., & Idris, I. (2019). The Development of E-PAS Based on Massive Open Online Courses (MOOC) on Local History Materials. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 14(09), 119–129.

Sumarno, A. (2019). Spada Indonesia. Retrieved October 10, 2019, from Spada Indonesia website: http://spada.ristekdikti.go.id//

Sumini, S. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pelatihan Di Balai Latihan Kerja. Prosiding Seminar Nasional, 1. Retrieved from http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmpd/article/view/3025

Wiradimadja, A., Kurniawan, B., & Sukamto, S. (2019). Pelatihan PTK Bagi Guru IPS SMP/MTs Malang Raya. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 0(0), 6–12.

Downloads

Published

2020-05-07

How to Cite

Kurniawan, B., Purnomo, A., & ., I. (2020). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236