Sign System as Visual Communication for SMEs in Malang

Authors

  • Idris Idris Universitas Negeri Malang
  • Agus Purnomo Universitas Negeri Malang
  • Khofifatu Rohmah Adi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.41476

Abstract

Usaha tenun merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan oleh masyarakat desa Tasik Madu, Malang. Namun, hanya sedikit pengunjung yang mengetahui dan dapat mengunjungi UKM Tenun Tasikmadu. Hal ini dikarenakan masalah kurangnya akses petunjuk arah menuju lokasi weaving center masih menjadi kendala bagi pengunjung. Tulisan ini bertujuan untuk mengembangkan sistem tanda sebagai komunikasi visual di kawasan Tasik Madu. Pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, Pra Kegiatan, Pelaksanaan Kegiatan dan Pasca Kegiatan. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa, dosen serta perwakilan dari pejabat lingkungan setempat. Selain itu juga ada acara penutupan dan penyusunan laporan pengabdian masyarakat. Pengembangan sign system ini diharapkan dapat menjadi komunikasi visual sehingga memudahkan pengunjung untuk mengetahui lokasi masing-masing pengrajin tenun di Tasik Madu.

References

A.S., M., & Kusumandyoko, T. C. (2018). Pengembangan Sign System Kampus UNESA Lidah Wetan. Seni Rupa, 6(1), 610–623. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/22430.

Adzhar, R., & Swasty, W. (2019). Perancangan Sign System yang Terintegrasi Website sebagai Media Informasi. Jurnal Bahasa Rupa, 3(1), 31–41. https://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/422.

Ardiyanto, N. S., & Nugraha, H. S. (2018). Pengaruh Produk Wisata dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung (Studi pada Pengunjung Objek Wisata Pantai Bondo Jepara). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 199–208. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/19144.

Arifin, R. (2020). Legal Analysis of Halal Product Guarantee for Development of Small and Medium Enterprises (SMEs) Business in Indonesia. Jurnal Hukum Islam, 121–136. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/jhi/article/view/2693.

Atmaja, H. E. (2018). Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Usaha Kecil Menengah. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen), 2(1), 21–34. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/rekomen/article/view/818.

Atmoko, T. (2014). Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman. Media Wisata. 12(2), 146–154. https://doi.org/10.36276/mws.v12i2.87.

Budiyah, F. (2020). Implikasi Pengembangan Desa Wisata terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Lokal Studi Kasus di Desa Ketenger. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(2), 182–190. http://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1594/0.

Elagawathi, N. L. W. S., Suci, N. M., & Heryanda, K. K. (2021). Implikasi kewirausahaan terhadap Digitalisasi Ekonomi dan Ekonomi Kemanusiaan UMKM Kerajinan Tenun di Provinsi Bali. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 349–515. https://mix.mercubuana.ac.id/id/publications/349515/implikasi-kewirausahaan-terhadap-digitalisasi-ekonomi-dan-ekonomi-kemanusiaan-um.

Elizabeth, R. (2017). Akselerasi Pemberdayaan dan Peningkatan Kompetensi dalam Sistem Produksi untuk Mengatasi Permasalahan Ekonomi di Indonesia. UNES Journal of Scientech Research, 2(1), 85–100. https://ojs.ekasakti.org/index.php/UJSR/article/view/175.

Fibriyanti, Y. V., & Noer Rafikah Zulyanti, A. (2021). Pengembangan UMKM Kerajinan Anyaman sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Sumberjo Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 5(2), 438–446. http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/ppm/article/view/1356.

Fibriyanti, Y. V., Zulyanti, N. R., & Alfiani, A. (2020). Pengembangan Umkm Kerajinan Anyaman untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Sumberjo Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 441–445. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/11560.

Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Sebuahn Pendekatan Konsep). Graha Ilmu.

Halimi, A. N., & Patria, A. S. (2015). Perancangan Sign System Kawasan Wisata Besuki Kediri. Pendidikan Seni Rupa, 3(2), 95–100. https://core.ac.uk/download/pdf/230660272.pdf.

Hanifunisa, A., & Swasty, W. (2020). Signage yang Informatif dan Interaktif pada The Heritage Palace Kota Surakarta Jawa Tengah. Jurnal Bahasa Rupa, 3(2), 95–103. https://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/452.

Hapsari, P., Hakim, A., & Soeaidy, S. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu). Wacana, 17(2), 88–96. https://www.wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/308.

Helmita, H., Sari, O. N., Julianti, N. T., & Dwinata, J. (2021). Pengembangan Desa Wisata Berkonsep Smart Tourism Melalui Pemberdayaan Kompetensi Masyarakat Desa Pujorahayu. GEMA. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntansi, 13(1), 37–49. https://jurnal.gentiaras.ac.id/index.php/Gema/article/view/226.

Hermawan, H. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Pariwisata, 105–117. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/1383.

Hidayat, M. (2011). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Objek Wisata (Studi Kasus Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 1(1), 33–44. https://ejournal.upi.edu/index.php/thejournal/article/view/1879.

Idris, I., Purnomo, A., & Rahmawati, M. (2021). Community-Based Tourism: Capability and Community Participation in Tourism Developmen. In Community Empowerment through Research, Innovation and Open Access (pp. 139–144). Routledge. https://www.taylorfrancis.com/chapters/oa-edit/10.1201/9781003189206-26/community-based-tourism-capability-community-participation-tourism-development-idris-purnomo-rahmawati.

Indika, M., & Marliza, Y. (2019). Upaya Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Mengatasi Kemiskinan di Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. MBIA, 18(3), 49–66. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia/article/view/598.

Kartika, T., Afriza, L., & Fajri, K. (2019). Pemberdayaan Masyarakat di Desa Wisata Cibuntu Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(1), 11–24. https://ejournal.upi.edu/index.php/Jithor/article/view/16427.

Kurniawati, E., Idris, I., Al, I. H., & Shiddiq. (2020). E-Commerce Opportunities in The 4.0 Era Innovative Entrepreneurship Management Development. Polish Journal of Management Studies, 21(1), 199–210. https://doi.org/10.17512/pjms.2020.21.1.15.

Maida, A., Ali, M., & Sujatmika, A. R. (2022). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Kreatif dalam Inovasi Kerajinan Anyaman Pandan di Karanggebang, Munungkerep, Kabuh, Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(1), 77–82. http://ejournal.undar.ac.id/index.php/dimas/article/view/580.

Malau, N. A. (2016). Ekonomi Kerakyatan sebagai Paradigma dan Strategi Baru dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia. Jurnal Ilmiah Research Sains, 2(1), 1–8. http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2016/03/Ekonomi-Kerakyatan-Sebagai-Paradigma-Dan-Strategi-Baru-Dalam-Pembangunan-Ekonomi-Indonesia.pdf.

Maulana, M. R., Ramadhani, F., Niravita, A., & Lestari, S. (2021). Empowering and Protecting Local Products: The Implementation of SMEs Product Protection and Legality in Lerep Village Indonesia. Indonesian Journal of Advocacy and Legal Services, 3(2), 207–216. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijals/article/view/45844.

Mulyadi, A., & Rahayu, T. I. (2022). Pengembangan Potensi Desa Menuju Desa Wisata di Desa Bermi. Public Service and Governance Journal, 3(1), 45–52. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/psgj/article/view/2790.

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1–15. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kr/article/view/19790.

Noor, M. F., Indriani, N., & Sukmana, E. (2020). Pembangunan Homestay sebagai Fasilitas Pariwisata Penunjang Kesejahteraan Masyarakat Desa Budaya Pampang, Samarinda. Epigram, 17(2), 133–142. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/epigram/article/view/3460.

Nur, I., & Mariantha, I. N. (2018). Implikasi Pengembangan Desa Wisata terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Lokal. Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan, 1(1), 1090–1104. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/814.

Nurindah, M. S., & Widiawati, D. (2021). Kajian Desain Tenun Akar Wangi Garut dalam Peningkatan UKM Setempat (Studi Kasus: Produk Kriya Rahayu Akar Wangi di Garut). Corak, 10(1), 59–72. https://journal.isi.ac.id/index.php/corak/article/view/5290.

Pattaray, A. (2021). Wisata Petualangan Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Daya Tarik Desa Wisata di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2247–2254. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/471.

Permana, B. U., Wisadirana, D., & Mardiyono, M. (2014). Strategi Pemberdayaan Masyarakat melalui Inovasi Ekonomi Kreatif dalam Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus Industri Kerajinan Alat Tenun Bukan Mesin di Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan). Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 17(4). https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/429.

Prasiasa, D. P. (2011). Wacana Kontemporer Pariwisata. Salemba Humanika.

Pudyastiwi, E., & Djatmiko, A. (2020). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia dalam Menghadapi Perdagangan Bebas di ASEAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 138–156. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/25433.

Purnomo, A., Wardhani, G., Buddin, I., & Rahmawati, M., Glenn, M. Idris, I., Kurniawan, B. (2021). Carrying Capacity of Local Communities to Developing Tamansari Tourism Village, Banyuwangi. In Book Chapter: Community Empowerment through Research, Innovation and Open Access (pp. 127–131). Routledge.

Qosasi, A., Permana, E., Muftiadi, A., Purnomo, M., & Maulina, E. (2019). Building SMEs’ Competitive Advantage and The Organizational Agility of Apparel Retailers in Indonesia: The Role of ICT as An Initial Trigger. Gadjah Mada International Journal of Business, 21(1), 69.

Rizqullah, M. F., & Swasty, W. (2019). Perancangan Media Informasi Kota Tua Jakarta Utara Melalui Sign System yang Terintegrasi Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(2), 210–225. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/1957.

Rosa, R. R., Salman, R., Winarsi, S., & Prihatiningtyas, W. (2021). Pengembangan Potensi Desa Wisata di Masa Pandemi (Studi di Desa Sukobendu, Lamongan). Jurnal Dedikasi Hukum, 1(3), 313–327. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jdh/article/view/18408.

Ruki, U. A., & Nediari, A. (2014). Penerapan Tipografi dalam Sistem Signage pada Interior Ruang Publik. Humaniora, 5(2), 822–832. https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3139.

Septarina, S. W. (2017). Perancangan dan Penerapan Sistem Tanda pada Area Pertunjukan Seni Sendratari Ramayana Ballet di Purawisata, Yogyakarta. Rupa Rupa, 4(1). https://journal.ubm.ac.id/index.php/rupa-rupa/article/view/167.

Septarina, S. W. (2018). Perancangan Desain Sistem Tanda Jalan & Tempat Wisata (Studi Kasus: Yogyakarta dan Sekitarnya). Jurnal Bahasa Rupa, 2(1), 59–67. https://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/231.

Septemuryantoro, S. A. (2020). Pengembangan Potensi Budaya Ekowisata melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Candirejo Borobudur Jawa Tengah. Media Wisata, 18(2), 210–222. https://www.amptajurnal.ac.id/index.php/MWS/article/view/360.

Setiawati, R., & Aji, P. S. T. (2020). Implementasi Sapta Pesona sebagai Upaya dalam Memberikan Pelayanan Prima pada Wisatawan di Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 2(2). http://journal.vokasi.ui.ac.id/index.php/jabt/article/view/98.

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 3(1), 206–217. http://www.jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis/article/view/212.

Sukirno, S. (2011). Ekonomi Makro Teori Pengantar, Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumbayak, S. O., Waani, J. O., & Tungka, A. E. (2021). Perencanaan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Humbang Hasundutan (Studi Kasus: Desa Marbun Toruan, Desa Pearung dan Desa Tipang). SPASIAL, 8(3), 351–366. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/spasial/article/view/36137.

Syaputra, E. A., Ngabito, O. F., & Yendra, S. (2021). Pengembangan Produk Cinderamata dari Sisa Potongan Kayu dan Kain Tenun sebagai Upaya Pemulihan Perekonomian Pasca Pandemi di Pasar Inpres Kota Balikpapan. Unri Conference Series: Community Engagement.

Taufiq, S. A., & Wulandari, R. (2016). Efektivitas Lokasi Penempatan Papan Petunjuk (Signage System) pada Lobby Stasiun Kereta Api Bandung. Idealog: Ide Dan Dialog Desain Indonesia, 1(1), 49–62. https://journals.telkomuniversity.ac.id/idealog/article/view/842.

Triandini, R., & Yusrini, L. (2018). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Panorama Pabangbon Leuwiliang Bogor. Jurnal EDUTURISMA, 3(1), 1–20. https://www.researchgate.net/profile/Lenny-Yusrini/publication/340501785_Pengaruh_Lokasi_dan_Fasilitas_terhadap_Kepuasan_Pengunjung_di_Panorama_Pabangbon_Leuwiliang_Bogor/links/5e8d5df0a6fdcca789fdf1ae/Pengaruh-Lokasi-dan-Fasilitas-terhadap-Kepuasan-Pengunjung-di-Panorama-Pabangbon-Leuwiliang-Bogor.pdf.

Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2). http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/fe/article/view/411.

Utomo, S. J., & Satriawan, B. (2017). Strategi Pengembangan Desa Wisata di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Jurnal Neo-Bis, 11(2), 142–153. https://scholar.archive.org/work/tqviso3ggzdejkfwzfdmuu7oha/access/wayback/http://journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/viewFile/3381/pdf2.

Wahyuningtyas, N., Kodir, A., Idris, I., & Islam, M. (2020). Accelerating Tourism Development by Community Preparedness on Disaster Risk in Lombok, Indonesia. GeoJournal of Tourism and Geosites, 29(2), 545–553. https://doi.org/10.30892/gtg.29213-488.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1–5. http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4655.

Widiyanto, D., Handoyo, J. P., & Fajarwati, A. (2008). Pengembangan Pariwisata Pedesaan (Suatu Usulan Strategi bagi Desa Wisata Ketingan). Bumi Lestari, 8(2), 205–210. https://ojs.unud.ac.id/index.php/blje/article/download/2449/1677.

Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Mimbar Administrasi Fisip Untag Semarang, 18(2), 32–45. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/mia/article/view/2528.

Yaskun, S. H. M. (2021). Finance Management for SMEs. Manajemen UMKM Dan Kewirausahaan, 72. https://www.researchgate.net/profile/Lulu-Istanti/publication/353345547_Production_Management_And_Distribution_For_SME’s/links/60f660859541032c6d50b74d/Production-Management-And-Distribution-For-SMEs.pdf#page=77.

Downloads

Published

2022-03-22

How to Cite

Idris, I., Purnomo, A., & Adi, K. R. (2022). Sign System as Visual Communication for SMEs in Malang . International Journal of Community Service Learning, 6(1), 87–96. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.41476