Peningkatan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pemberdayaan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru

Authors

  • Harlinda Syofyan Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Ratnawati Susanto Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Ritta Setiyati Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Vebryanti Vebryanti Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Dita Ramadhanti Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Indah Mentari Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Ratih Ratih Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Karina Dwiyanti Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Heni Oktavia Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Melinda Tesaniloka Universitas Esa Unggul, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29840

Keywords:

penguatan, pendidikan karakter, pemberdayaan, kompetensi

Abstract

Pendidikan karakter diselenggarakan untuk mengarahkan institusi Pendidikan dalam pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa secara terpadu, utuh, dan seimbang dan tergambar dalam perilaku sehari-hari. Guru sebagai sosok yang selalu diteladani segala tindakan dan tingkah lakunya oleh siswanya mesti selalu menjaga sikap, memberikan hal-hal yang baik kepada semua siswanya. PKM penguatan Pendidikan karakter siswa ini diadakan di SDN Grogol 05 Pagi, yang bertujuan untuk memberikan penyegaran kepada guru-guru dalam kompetensi sosial dan kepribadannya untuk dapat diarahkan dalam penguatan karakter siswanya. Hal ini diungkapkan dari hasil wawancara dengan kepala sekolah mitra, untuk memberikan penyegaran kembali kepada guru-guru untuk lebih menonjolkan kompetensi kepribadian dan sosial . Hasil supervisi dan dari pengamatan kepala sekolah ini menjadi acuan dan permintaan kepada tim PKM untuk diberikan pelatihan dan penyegaran agar, kompetensi menjadi lebih baik dan dapat ditularkan ke siswanya melalui keteladanan. PKM ini dilakukan dengan kegiatan sosialisasi, pelatihan, implementasi dalam pembelajaran dan pengukuran melalui observasi dan penyebaran kuesioner. Hasil PKM menunjukkan adanya peningkatan kompetensi sisial *% dan kepribadian guru 7%, dan pada penguatan butir karakter dari  siswa juga terjadi peningkatan

References

Dalyono, B., & Enny Dwi Lestariningsih. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima.

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Huda, M. N. (2018). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam pendidikan. Ta’dibi : Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, 2(September 2017), 227–249. https://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/tadibi/article/download/Peran Kompetensi Sosial Guru dalam pendidikan/3

Islam, S. (2017). Karakteristik Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.50

Khusniati, M. (2012). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ipa. JPII. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2017

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26.

Marzuki. (2012). Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah, 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1450

Megawati, R., & Kawatu, P. J. (2019). Kompentensi Sosial Dan Kompetensi Kepribadian Mahasiswa Ppl Program Studi Pendidikan Biologi Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 5. https://doi.org/10.36312/jime.v5i2.751

Nadlir, M. (2016). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies). https://doi.org/10.15642/pai.2013.1.2.338-352

Oviyanti, F. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 75. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i1.1384

Possamai, A., & Blasi, A. J. (2020). Pancasila. In The SAGE Encyclopedia of the Sociology of Religion. https://doi.org/10.4135/9781529714401.n323

Prihartini, Y., Wahyudi, Hasnah, N., & Ridha DS, M. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/download/327/323/

Putri, S. T., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 02. Dinamika Sekolah Dasar.

Rachmadtullah, R., Syofyan, H., & Rasmitadila. (2020). The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080225

Rohman, A. (2016). Pembiasaan Sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja. Nadwa. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.1.462

Shah, N., & Coles, J. A. (2020). Preparing Teachers to Notice Race in Classrooms: Contextualizing the Competencies of Preservice Teachers With Antiracist Inclinations. Journal of Teacher Education. https://doi.org/10.1177/0022487119900204

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Supadi, Dewi, W., Zulaikha, S., Nuphanudin, & Soraya, E. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru Berbasis Myers briggs type indicator/MBTI Berbasis Tekonologi informasi. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(3), 2077–2082. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I3/PR200954

Susanto, R., Syofyan, H., & Rachmadtullah, R. (2020). Teacher Leadership in Class on The Formation of School Values and Characters of School-Ages. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290861

Syofyan, Harlinda; Rosyid, A. T. L. A. M. E. (2020). Application of Value Approaches in Science Learning for Elementary School Teacher Education Students. International Journal of Advanced Science and Technology, Volume 25(5), 8978–8981.

Syofyan.Harlinda. (2019). Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa Pgsd Universitas Esa Unggul Pada Pembelajaran Ipa Di Sd. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin, 88.

Winangun, I. M. A. (2020). Penguatan pendidikan karakter melalui literasi berbasis kearifan lokal. 4(2), 114–122.

Wulandari, F., & Andhiarini, R. M. (2018). Pkm Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(1), 40. https://doi.org/10.29407/ja.v2i1.11978

Zakaria, N. S., Zaini, A. R., Abdul Razak, A. Z., Azizan, M. R., Hamdan, H., Ismail, R., & Ghazali, M. R. (2020). Kompetensi Guru Bahasa Arab Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Di Sekolah Rendah Kementerian Pendidikan Malaysia. The Sultan Alauddin Sulaiman Shah Journal (JSASS).

Downloads

Published

2020-12-05

How to Cite

Syofyan, H., Susanto, R., Setiyati, R., Vebryanti, V., Ramadhanti, D., Mentari, I., Ratih, R., Dwiyanti, K., Oktavia, H., & Tesaniloka, M. (2020). Peningkatan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pemberdayaan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 338–346. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29840

Most read articles by the same author(s)