Implementasi Manajemen Kurikulum pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Upik Elok Endang Rasmani Universitas Sebelas Maret
  • Anayanti Rahmawati Universitas Sebelas Maret
  • Warananingtyas Palupi Universitas Sebelas Maret
  • Jumiatmoko Jumiatmoko Universitas Sebelas Maret
  • Nurul Shofiatin Zuhro Universitas Sebelas Maret
  • Anjar Fitrianingtyas Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.38216

Keywords:

Curriculum, Early Childhood, Management

Abstract

Kualitas layanan program pendidikan anak usia dini (PAUD) menunjang keberhasilan peserta didik. Kurangnya pemahaman pendidik mengenai pengelolaan manajemen PAUD terutama manajemen kurikulum menjadi hambatan dalam peningkatan kualitas layanan PAUD. Pengabdian dilakukan dengan tujuan untuk memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan dan penataan manajemen kurikulum PAUD khususnya di TK. Manajemen kurikulum sangatlah penting karena manajemen ini menentukan bahan ajar yang disesuaikan dengan aspek perkembangan anak dalam rangka mencapai tumbuh kembang yang optimal dengan pembelajaran yang efektif dan efisien. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan dan penataan manajemen kurikulum PAUD agar lebih terarah dan berkembang lebih optimal di lembaga PAUD. Sampel pengabdian adalah TK. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan berjalan dengan baik meskipun terkendala oleh pandemi, guru TK lebih memahami pengelolaan dan penataan manajemen kurikulum PAUD sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan lebih otpimal secara efektif dan efisien. Luaran kegiatan pengabdian ini ialah adanya peningkatan pemahaman dan pelaksanaan manajemen kurikulum PAUD lebih terarah dan berkembang optimal.

References

Aji, W. (2016). Himpaudi: 8 Masalah Pendidikan Anak Usia Dini. In 10 Maret.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.

Basuki, B. (2016). Implementasi Program Akselerasi (Studi Kasus) Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 47. https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8198.

Ekberg, S., Danby, S., Houen, S., Davidson, C., & Thorpe, K. J. (2017). Soliciting and pursuing suggestions: Practices for contemporaneously managing student-centred and curriculum-focused activities. Linguistics and Education, 42, 65–73. https://doi.org/10.1016/j.linged.2017.07.007.

Giyarsih, G. (2021). Peningkatan Motivasi Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Matematika SMK melalui Workshop. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 169–175. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.190.

Halim Yustiyawan, R., Supriyanto, A., & Mustiningsih. (2016). Hubungan Pengembangan Karir, Kompetensi Profesional, Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Paud Di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan : Teori, Peneltian Dan Pengembangan, 1(7), 1297–1304. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6545.

Halimah, S. (2020). Manajemen pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di MTs Irsyadul Islamiyah Rokan Hilir. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 47–59.

Hambali, A. S. &. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. As-Sabiqun, 3(1), 29–54. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.161.

Hasanah, I. (2015). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 155–163. https://doi.org/10.30957/konstruk.v7i2.314.

Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 1(2), 217–226. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665–675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671.

Ita, E. (2018). Manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52.

Janus, M., & Brinkman, S. (2010). Evaluating early childhood education and care programs. International Encyclopedia of Education, 25–31. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.01197-0.

Kilile, J. M., Mwalw’a, S. N., & Nduku, E. (2019). Challenges Facing Early Childhood Development Education Centres in the Implementation of the Competency Based Curriculum in Mwingi West Sub- County, Kitui County. International Journal of Education Theory and Practice, 2(3), 36–37.

Lorente, L. M. (2017). Implementation of Early Childhood Physical Activity Curriculum (SPARK) in the Central Valley of California (USA). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 319–325. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.097.

Mertala, P. (2019). Digital technologies in early childhood education–a frame analysis of preservice teachers’ perceptions. Early Child Development and Care, 1–8. https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1372756.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. O. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 982–993. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.485.

Pinyoanuntapong, S. (2013). The Development of Thai Early Childhood Education Curriculum to Promote Desirable Characteristics of Preschool Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 88, 321–327. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.512.

Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.122.21.

Rasib, A. (2016). Pendekatan Kolaboratif dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Kuala Mandor B. Universitas Tanjungpura.

Ruder, E. H., & Lohse, B. A. (2017). NEEDs for Tots: A Teacher-Ready and Parent-Friendly Curriculum Focuses on Principles of the Satter Division of Responsibility in Feeding. Journal of Nutrition Education and Behavior, 49(4), 357-359.e1. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2016.12.011.

Sanders-Smith, S. C., Lyons, M. E., Sylvia Ya-Hsuan, Y., & McCarthey, S. J. (2021). Valuing relationships, Valuing differences: Co-teaching practices in a Hong Kong early childhood center. Teaching and Teacher Education, 97, 103230. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103230.

Sarinah, S., Febrini, D., & Syarifin, A. (2018). Bagaimana Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di Ra Al-Haq Pematang Gubernur Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 180–199. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1515.

Septiani, G. (2018). Manajemen Kurikulum dan Pembelajarannya di TK ABA Gendingan, Kalasan (Aliran Muhammadiyah). Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(1), 37–51.

Sugiyanto, S., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Di Smp Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 82–95. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4558.

Suminah, E., Nugraha, A., Lestari, G. D., Mareta, & Wahyuni, M. (2015). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Suryawan, M. J., & Romadi, R. (2018). Komparasi Pelaksanaan Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Magelang). Indonesian Journal of History Education, 6(1), 66–75. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27355.

Upshur, C. C., Wenz-Gross, M., Rhoads, C., Heyman, M., Yoo, Y., & Sawosik, G. (2019). A randomized efficacy trial of the second step early learning (SSEL) curriculum. Journal of Applied Developmental Psychology, 62(February), 145–159. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2019.02.008.

Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2020). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259.

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111.

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Rasmani, U. E. E., Rahmawati, A., Palupi, W., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 225–233. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.38216

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)