Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Integratif pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pelatihan dan Pendampingan E-Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.41000Keywords:
Training, Mentoring, E-Learning, Integrative Thematics, Early ChildhoodAbstract
Pembelajaran tematik integratif merupakan pembelajaran tematik dengan mengintegrasikan dan menggabungkan beberapa pelajaran guna memberikan siswa suatu pengalaman yang berharga. Pembelajaran tematik integratif mengupayakan kreativitas tinggi serta ikut memperbarui pengalamannya dalam kemajuan pembelajaran e-learning. Namun, tidak semua guru PAUD mampu untuk menerapkan pembelajaran tematik integratif secara daring dengan maksimal. Maka dari itu, pengabdian dilaksanakan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada semua guru dan kepala sekolah. Tujuan pengabdian adalah untuk mengajarkan e-learning kepada guru Pendidikan Anak Usia Dini agar guru memiliki pengetahuan yang baik tentang e-learning, sehingga mampu mengembangkan dan menerapkan pembelajaran tematik integratif secara sistematis. Sampel pengabdian adalah TK Dirasatul Aulad Jama’atul Ikhwan Surakarta. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa guru TK Dirasatul Aulad Jama’atul Ikhwan Surakarta lebih memahami terkait pengelolaan dan penerapan e-learning PAUD, sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan yang lebih optimal secara efektif dan efisien serta membuat peserta didik lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran selama masa sekolah di rumah baik dengan guru maupun dengan orang tuanya.
References
Afifah, N. (2017). Problematika Pendidikan di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41–47. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/problematika-pendidikan-di-indonesia.
Agusdianita, N., Karjiyati, V., Anggraini, D., Dalifa, D., & Setiono, P. (2020). Penelitian ini Bertujuan untuk Mengetahui Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ini dapat meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classsroom action research). Penelitian ini terdiri dari ti. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 19–27. https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/9086.
Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124–132. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/5359.
Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1170.
Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1190.
Anwar, M. E. (2017). Menelusuri Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(5). http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/43.
Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111–117. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/artic.
Asiyah, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini. Journal of Basic Education Research, 1(2), 45–53. https://cahaya-ic.com/index.php/JBER/article/view/82.
Astiningtyas, A. (2018). Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 60–67. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/5340.
H, H., N, N., & S, H. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Proyek dalam Menerapkan Pendidikan Kelautan pada Anak di Kepulauan Seribu. Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, 12(1), 51–65.
H, S. R. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM J. Sos. Dan Budaya Syar-I.
Hariyani, Y. (2018). Peran Penting Psikologis terhadap Peserta Didik SD melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 70–76. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/456.
Hatip, A., Sucipto, S., & Setiawan, W. (2019). Pelatihan Penggunaan E-learning Berbasis Media Sosial Edmodo bagi Guru SD Negeri Mulyorejo I Surabaya. Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK (JPP IPTEK), 3(1), 61–68. http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1666.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1280.
Hidayanti, N. A. (2017). Investasi: Analisis dan Relevansinya Mengenai Ekonomi Islam. Malla: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 229–230.
Kadir, H. (2015). Pembelajaran Tematik. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.
Kartimi, K., Mulyani, A., & Riyanto, O. R. (2019). Pemberdayaan Guru dalam Implementasi Pembelajaran Abad 21. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://scholar.archive.org/work/flayzj262vdajgtadmpunue6ja/access/wayback/https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/article/download/5815/2829.
Khoeriyah, N. M., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63–74. https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/11444.
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/369.
Kristiantari, M. R. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/4462.
Maharani, A. D. (2019). HOTS pada Assesment Pembelajaran Tematik Muatan Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://pmb.umpwr.ac.id/prosiding/index.php/semnaspgsd/article/view/1059.
Mukhlis, M. (2016). Pembelajaran Tematik. STAIN Samarinda.
Mulyani, T. (2019). Komparasi Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Daerah Tempat Tinggal Sekitar dengan Berbasis Kemendikbud untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Kelas 4. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 49–56. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/4602.
Nasution, H. K. (2018). Implementasi Pembelajaran Tematik dalam perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Kelompok B di TK IT Nurul ‘Ilmi Medan. Jurnal Raudhah, 6(1). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/280.
Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/29.
Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EduHumaniora, Jurnal Pendidik Dasar Kampus Cibiru.
Ramdhani, S. R., & Yuliastri, N. A. (2018). Model Pembelajaran Tematik Integratif untuk Membentuk Karakter Jujur Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita Paud, 2(2), 149–150. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/226.
Sakti, B. P., & Budiyono, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di SDN 1 Kragilan. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 65–70. https://www.jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/3860.
Sarnoto, A. Z. (2013). Konsepsi Politik Pendidikan di Indonesia. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 30–40. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/1622.
Shofiyah, N., Wulandari, R., & Setiyawati, E. (2020). Modul Dinamika Partikel Terintegrasi Permainan Tradisional Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 292–299. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2639.
Sholeh, A. (2021). Kontribusi Profesionalisme Guru Kelas dan Minat Baca Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Hasil Pembelajaran Tematik Integratif. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 777–784. http://repository.uin-malang.ac.id/8339/.
Somantri, O., Abidin, T., Wibowo, D. S., & Wiyono, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat E-Learning sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di SMA Negeri 1 Subah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), 332–337. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/7455.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36835.
Yuliastri, N. A., & Ramdhani, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(1), 44–58. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/898.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 International Journal of Community Service Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.