Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker sebagai Media Pembelajaran bagi Guru SMP

Authors

  • Teuku Junaidi Universitas Samudra
  • Muhammad Taufik Hidayat Universitas Samudra
  • Desy Irafadillah Effendi Universitas Samudra
  • Azrul Rizki Universitas Samudra
  • Nuriana Nuriana SMP Kota Langsa

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.44564

Keywords:

Buku Digital, Kvisoft Flipbook Maker, Guru SMPN 4 Langsa

Abstract

Tujuan diadakan pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi tentang aplikasi kvisoft flipbook maker sebagai salah satu alat pendukung media pembelajaran. Pembuatan buku digital antara lain agar banyak orang semakin dimudahkan dalam mengakses buku sekaligus meningkatkan daya tarik guru dan siswa terhadap literasi yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Peserta pengabdian adalah guru SMPN 4 Langsa yang berjumlah 35 orang. Tahap persiapan merupakan langkah pertama pada metode pelaksanaan pengabdian ini. Pada tahap ini kelompok pengabdi melakukan survey pendahuluan. Tahapan kedua yaitu pelatihan dan pendampingan membuat buku digital berbasis kvisoft flipbook maker. Tahap ketiga, yaitu tahap monitoring dan evaluasi. Pada tahap monitoring dan evaluasi dilakukan atas hasil yang telah dicapai oleh guru SMPN 4 Langsa dalam menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah 90% guru berhasil dalam memahami materi dan mengaplikasikan pembuatan buku digital berbasis aplikasi kvisoft flipbook maker. Para guru meminta agar  kegiatan pelatihan ini tindaklanjuti.

Author Biography

Muhammad Taufik Hidayat, Universitas Samudra

Saya salah satu Dosen FKIP pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Samudra

References

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi. CV. Pilar Nusantara.

Andriani, T. (2016). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117–126. https://doi.org/10.24014/sb.v12i1.1930.

Anggraini, Y. D. (2020). The Development of Learning Media Novelmatika e-Book to Improve Statistics Concepts Understanding: The Development of Learning Media Novelmatika e-Book to Improve Statistics Concepts Understanding. Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 35–45. https://jurnal.pgrisultra.or.id/ojs/index.php/ja/article/view/4.

Anwas, O. M. (2016). Model Buku Teks Pelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 17–32. https://118.98.226.30/index.php/jurnalkwangsan/article/view/32.

Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini di Era Digital. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 88–93. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550.

Azma, N., & Hala, Y. (2021). Development of E-Module Based on Flipbook as A Teaching Materials of Animal Tissue Material for Student XI Class on Senior High School. ICE-TPD.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073. http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/225.

Cahyaningtyas, A. P., Jupriyanto, J., Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2021). Online Learning Implementation Training for Teachers of SDN Bangetayu Kulon. International Journal of Community Service Learning, 5(1). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i1.30762.

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Adiarta, A. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker bagi Para Guru di SMK Ti Udayana. Abdimas Dewantara, 1(2), 31–44. https://doi.org/10.30738/ad.v1i2.2869.

Handayani, D., Alperi, M., Ginting, S. M., & Rohiat, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Kvisoft Flipbook Maker sebagai Media Pembelajaran bagi Guru. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Harjono, H. S. (2018). Literasi digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/pena.v8i1.6706.

Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Effendi, D. I. (2020). Pelatihan Blended Learning Melalui Aplikasi Mobile bagi Guru SMP pada Masa Pandemi Covid-19. International Journal of Community Service Learning, 4(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.29094.

Kurniawan, B., & Purnomo, A. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online bagi Guru. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236.

Lestari, S. (2015). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pemanfaatan TIK oleh Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 121–134. https://118.98.226.30/index.php/jurnalkwangsan/article/view/29.

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25. https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741.

Najuah, N., Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Yayasan Kita Menulis.

Natuna, D. A., Sumardi, & Putra, M. J. A. (2021). Penyusunan Modul dan Pelatihan Manajemen Pembelajaran Online Berbasis Kecakapan Abad 21 pada Guru SMP dan SMA Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Alkautsar Duri, Kabupaten Bengkalis. Pucuk Rebung: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 103–120. https://pure.ejournal.unri.ac.id/index.php/pure/article/view/20.

Nilasari, S. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0 terhadap Disiplin Kerja Guru. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Ningsih, S. C. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SD. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 109–116. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.19439.

Permana, R. S. M., Abdullah, A., & Mahameruaji, J. N. (2019). Budaya Menonton Televisi di Indonesia: dari Terrestrial hingga Digital. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 3(1), 53–67. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21220.

Permana, T. I., & Fatmawati, D. (2019). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja untuk Meningkatkan Kreativitas dan Literasi. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 101. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20867.

Prabowo, A. B., & Rukiyah, R. (2020). Digitalisasi Arsip Foto Indonesian Visual Art Archive dalam Rangka Melestarikan Arsip Foto di Indonesian Visual Art Archive Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 71–80. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/26796/23647.

Raharjo, J. F., & Karimah, N. I. (2021). Pelatihan E-learning dan Pembuatan Buku Ajar Digital bagi Peningkatan Peran Guru Millenial. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(2). https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.368.

Rahman, F. Y., Karyadiputra, E., Setiawan, A., & Indah Purnomo, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook pada SDIT Sullamul ‘Ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 87–93. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.214.

Rusli, M., & Antonius, L. (2019). Meningkatkan Kognitif Siswa SMAN I Jambi Melalui Modul Berbasis E-Book Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 1(1), 59–68. https://doi.org/10.30865/json.v1i1.1397.

Samosir, S. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X Semester II SMA Swasta GKPI Medan Tp 2020/2021. Universitas Negeri Medan.

Sudargini, Y., & Purwanto, A. (2020). Pendidikan Pendekatan Multikultural untuk Membentuk Karakter dan Identitas Nasional di Era Revolusi Industri 4.0: A Literature Review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(3), 299–305. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i3.94.

Syahroni, M. (2020). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847.

Toga, E. (2013). Implementasi Pembelajaran E-learning (Studi Kasus di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi Program Studi DIII Kebidanan). Healthy, 2(1), 49–70. https://www.ojsstikesbanyuwangi.com/index.php/healthy/article/view/68.

Ulum, B., Fantiro, F. A., & Rifa’i, M. N. (2019). Pemanfaatan Google Apps di Era Literasi Digital pada Siswa Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 22–31. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.843.

Widyaningrum, W., & Sondari, E. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35–44. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1600.

Yusuf, Y., Setyorini, R., Rachmawati, R., Sabar, M. P., Tyaningsih, R. Y., Nuramila, M. P., & SAP, M. (2020). Call for Book Tema 3 (Media Pembelajaran). Jakad Media Publishing.

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Junaidi, T. ., Hidayat, M. T., Effendi, D. I. ., Rizki, A. ., & Nuriana, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker sebagai Media Pembelajaran bagi Guru SMP . International Journal of Community Service Learning, 6(1), 78–86. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.44564