Pelatihan Bahan Ajar Sastra Berbasis Multiplatform bagi Guru MGMP Bahasa Indonesia
Bahan Ajar Sastra
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.52091Keywords:
Pelatihan, Bahan Ajar Sastra, MultiplatformAbstract
Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan bahan ajar sastra berbasis multiplatform. Gambaran produk yang dikembangkan pada Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah buku/panduan “Terampil Menulis Cerpen, Puisi, dan Naskah Drama.” Buku tersebut merupakan buku hasil kolaborasi antara guru dan tim pengusul MGMP Bahasa Indonesia tingkat SMA/SMK diKota Langsa. Buku ajar pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada guru MGMP Bahasa Indonesia Tingkat SMA/SMK ini diharapkan dapat diaplikasikan kepada siswa SMA dan SMK dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dengan momentum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), tim PKM mengacu dan mengintegrasikan pembelajaran dengan memperhatikanadaptasi teknologi dan inovasi pembelajaran dengan model-model pengajaran pada abad 21. Peserta pengabdian berjumlah 18 orang guru MGMP Bahasa Indonesia yang berada di SMK Kota Langsa. Metode realisasi dan pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelatihan penggunaan media digital, dan tahap monitoring serta penilaian. Hasil yang diperoleh pada kegiatan ini adalah 85% guru-guru terampil dalam membuat bahan ajar interaktif, berupa jamboard, video digital, membuat video pada kine master, dan padlet. Pengabdian ini dikatakan berhasil karena bahan ajar tersebut dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran di SMK Kota Langsa.
References
Karaman J, Widaningrum I, Setyawan MB, Sugianti S. Penerapan Model Literasi Digital Berbasis Sekolah Untuk Membangun Konten Positif Pada Internet. Aksiologiya J Pengabdi Kpd Masy. 2020;5(1). doi:10.30651/aks.v5i1.3701 DOI: https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.3701
Rukayah R, Poerwanti JIS, Syawaludin A. Pendampingan Penyusunan Instrumen Penilaian Menulis Kreatif bagi Guru-Guru SD di Kota Surakarta. Wikrama Parahita J Pengabdi Masy. 2021;5(1):33-37. doi:10.30656/jpmwp.v5i1.2656 DOI: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2656
Astuti D, Fitriyani H. Pendampingan Lesson Study untuk Menciptakan Learning Community bagi Guru Matematika di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul. Wikrama Parahita J Pengabdi Masy. 2018;2(2):55. doi:10.30656/jpmwp.v2i2.730 DOI: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v2i2.730
Sobiruddin D, Dwirahayu G, Kustiawati D, Satriawati G. Pendampingan Bagi Guru RA di Pandeglang-Banten dalam Memanfaatkan Media ICT Berbasis Proyektor Interaktif. Wikrama Parahita J Pengabdi Masy. 2020;4(1):13-20. doi:10.30656/jpmwp.v4i1.1892 DOI: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.1892
Slamet TI, Alfiansyah A, Al Maki WF, et al. Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru melalui Pelatihan Konten Digital Pembelajaran Berbasis Sumber Terbuka (Open Sources). Aksiologiya J Pengabdi Kpd Masy. 2020;4(1):118. doi:10.30651/aks.v4i1.2316 DOI: https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2316
Permendikbud. 2018. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Struktur Kurikulum 2013 SMA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 International Journal of Community Service Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.