Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Panteru (Papan Tempel Seru) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 1
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19414Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai kognitif siswa pada pembelajaran Tema 6 Subtema 1 tentang cita-citaku, aku dan cita-citaku, hal tesebut di buktikan dengan kurang efektifnya pembelajaran sebelumnya oleh peserta didik. Hasil Pretest menunjukkan bahwa presentase klasikal pretest 70% sedangkan pada presentase klasikal posttest 100%. Serta berdasarkan hasil uji t diketahui thitung lebih dari ttabel 8,063>1,753. Kesimpulan bahwa Penerapan model Make A Match Berbantu Media Panteru Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 1 Kelas IV SDN Pujut 01 Batang. Hasil rata-rata nilai Pretest menunjukkan bahwa dari 16 peserta didik hanya 5 peserta didik yang dinyatakan lulus KKM diatas 70, dan 11 peserta didik dinyatakan tidak lulus KKM di bawah 70. Setelh diberikan perlakuan peserta didik mendapat nilai di atas KKM 70, dan dari hasil posttest dari 16 peserta didik ada 14 peserta didik yang dinyatakan lulus KKM yang mendapatkan nilai tuntas diatas KKM 70. Dan dari pengujian ketuntasan belajar klasikal hasil belajar peserta didik secara keseluruhan mencapai presentase belajar klasikal lebih dari 70% yaitu 88%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan saran yang dapat disampaikan adalah agar Model Make A Match berbantu media Panteru dapat digunakan sebagai satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata Kunci: Model Make A Match , media Panteru, dan hasil belajar kognitif.
References
Anitah, Sri . 2010. Media Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka.
Drs.Daryanto, Dra Tutik Racmawati , M.Pd. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta : Gava Media.
Emda, Amna. 2011. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. XII No. 1, 149-162.
Hazilla, Dhestha. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A April 2018
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Megawati, Priarti. 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X
Muhammad Azza Ulinnuha, Suyitno, Singgih Adhi Prasetyo,Keefektifan Pembelajaran Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Negeri Krompakan Kabupaten Kendal, , 2017 , : Jurnal Pendidikan . Volume 2. No 2 ( 671-6778).
Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mahnun, Nunu. 2017. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran) . Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012
Ratumanan. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Ulfah Amaliya. 2018. “ Keefektifan Penerapan Metode Make A Match Berbantu Media Panteru ( Papan Tempel Seru) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi IPA Pesawat Sederhana di Kelas V SDN Banyuputih 02 Batang” . Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Semarang.
Undang- undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung : PT Indeks.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan Peluang dan Tantangan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Sami, Ridwan Abdullah 2016, Penilaian Autentik, Jakarta, Bumi Aksara
Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Wandy. 2017. Metode Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Pertama . Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 1, Maret 2017
Wibowo , Krisno Prasetyo dan Marzuki. 2015, Penerapan Model Make A Match Berbantu Media Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS. Volume 2, No 2 9158-169)
Zubaidah, Enny , 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk menciptakan Lingkungan Kelas SD. Jurnal Prima Edukasia, Volume 3, Nomor 1 ( 46-60).
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)