Hubungan Sarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS

Authors

  • Ni Made Dewi Cintya Bawanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suwatra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara sarana pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus V di Kecamatan Karangasem. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus V di Kecamatan Karangasem. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 127 siswa. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan  analisis regresi. Hasil dari uji hipotesis adalah: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sarana pembelajaran dengan hasil belajar IPS dengan rhitung sebesar  0,311 dan koefisien determinasinya sebesar 9,7%. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS dengan rhitung sebesar 0,402 dan koefisien determinasinya sebesar = 16,2%. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sarana pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS dengan rhitung sebesar  0,408 dan koefisien determinasinya sebesar = 16,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sarana pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Djamarah, S. B. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hadiyanto, Siswantari, dan Umaedi. 2010. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kardi, I. W. 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Kelurahan Kintamani Tahun Pelajaran 2012/2013. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1247/1110Mimbar Undiksha. (diakses tanggal 29 Januari 2018)

Koyan, I. W. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Megawati, Priarti. 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia . Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X

Muhammad, L. 1993. Proses Belajar Mengajar Pola C.B.S.A. Surabaya: Usaha Nasional.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal AULADUNA, VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2015: 233-245

Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Roosdakarya.

Saputra, Y. A. 2016. Hubungan Antara Motivasi siswa Dan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Ips Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 7 Bandung-Baru Pringsewu. Diunduh pada: http// digilib.unila.ac.id/ (diakses pada tanggal 4 Januari 2018)

Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Sulistyowati.2006. Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan. Malang: Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang

Uno, H. B. 2008. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Widodo, 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013 ISSN : 1410-2994

Downloads

How to Cite

Bawanti, N. M. D. C., Tegeh, I. M., & Suwatra, I. W. (2019). Hubungan Sarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS. International Journal of Elementary Education, 3(3), 335–343. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19449

Issue

Section

Article