Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21309Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar IPS antara peserta didik yang dibelajarkan dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Portofolio dan peserta didik yang mengikuti dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas IV di Gugus II Abiansemal tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD di Gugus II Abiansemal yang berjumlah 232 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling yang diacak adalah kelasnya untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas control dengan hasil pengundian yaitu peserta didik kelas IV SD No. 1 Selat yang berjumlah 30 orang sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas IV SD No. 2 Taman yang berjumlah 30 orang sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan, hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,869 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = n1 + n2 – 2 = (30+30-2) = 58. Rata-rata hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen = 78,57 > = 72,17 rata-rata hasil belajar IPS siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Portofolio terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV sekolah dasar gugus II Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018References
Agung, A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Agung, A.A.G. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Amir, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakata: Bumi Aksara.
Ariswati, Ni Putu Eva Adelina. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Question Card Terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Melaya KaBupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2016/2017. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha: Vol 6no: 1.
Dantes, N. 2012.Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Dewi, Ayu Risa Fratika. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media AudioVisual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus VII Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha: Vol 5 no: 2.
Dwiyanto, Firman dan Miftahus Suhur. 2016. STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. www.nulisbuku.com.
Gunawan, Rudy. 2016. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Muslich, Masnur. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Putra, I Gede Hery Suyasa. 2017. Pengaruh Model Picture And Picture Dengan Penilaian Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus I Sriwijaya Kecamatan Pakutatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha: Vol 6 no:1.
Rasana, I Dewa Putu Raka. 2009. Model-model Pembelajaran. Sinagaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Ratnawulan, Elis. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajarn Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setyosari, H. Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono,2012.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.
Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Surapranata, Sumarn. 2007.Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarata: Prenamedia Group.
Undang – Undang Republik Indonesia no.20 Tahun 2003 tentang Sisitem PendidikanNasional. 2016.Jakarta:http://kelembagaan.restekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf
Yus, Anita. 2006. Penilaian Portofolio Untuk Sekolah Dasar. Departemen Pendi dikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)