Pengaruh Model Situation-Based Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24390Keywords:
situation based learning, animasi, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model situation-based learning berbantuan media animasi terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2018/2019. Studi ini menggunakan jenis rancangan eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control grup desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai yaitu sebanyak 239 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B SDN 4 Sanur (34 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 3 Sanur (36 siswa) sebagai kelompok kontrol. Hasil perhitungan data gain skor ternormalisasi menunjukan nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen lebih dari rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol (eksperimen = 0,72 > kontrol = 0,53). Data kompetensi pengetahuan matematika dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Kriteria pengujian pada taraf signifikansi 5% dan dk = 68. Diperoleh thitung = 8,636 > ttabel = 1,995. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model situation-based learning berbantuan media animasi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional.References
Aditya, I Km. Ngurah Budi (2014). “Pembelajaran Berbasis Komunikatif Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus V Kecamatan Karangasem”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 2, Nomor https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2151/1869 (diakses tanggal 12 Maret 2019).
Aqilah, Benazir, dkk (2017). “Situation-Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Creative Problem Solving Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Bulat”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI Semedang. Volume 2, Nomor 1 (hlm.1001-1010). http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/viewFile/2933/1961 (diakses tanggal 25 Januari 2019).
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Tersedia pada https://masdwijanto.files.wordpress.com/2011/03/buku-standar-isi-smp,pdf (diakses pada tanggal 12 Februari 2019).
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Isrok’atun, dan Rosmala, Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Bumi Aksara.
Isrok’atun. (2015). “Enhacing Students’ Mathematical Creative Problem Solving Ability Through Situation-Based Learning In Elementary School”. Indonesia University of Education. Volume 3 Nomor 9 (hal. 73-80). http://www.ijern.com/journal/2015/September-2015/06.pdf (diakses tanggal 28 Januari 2019).
Larawati, Intan, dkk (2016). “Penerapan Model Situation-Based Learning Pada Materi Sifat-sifat dan Jaring-jaring Bangun Ruang Sederhana Di Kelas IV SDN Paseh 1 Sumedang”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI Semedang. Volume 1 Nomor 1. (hal. 71-80) http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/viewFile/2933/1961 (Diakses tanggal 25 Januari 2019).
Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analsiis Data. Depok: PT Raja Grafindo.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Makasar: Kencana.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)