Pengaruh Model Situation-Based Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV

Authors

  • Ni Made Diana Christiawati Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Darsana Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24390

Keywords:

situation based learning, animasi, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model situation-based learning berbantuan media animasi terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2018/2019. Studi ini menggunakan jenis rancangan eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control grup desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai yaitu sebanyak 239 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B SDN 4 Sanur (34 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 3 Sanur (36 siswa) sebagai kelompok kontrol. Hasil perhitungan data gain skor ternormalisasi menunjukan nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen lebih dari rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol (eksperimen = 0,72 > kontrol = 0,53). Data kompetensi pengetahuan matematika dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Kriteria pengujian pada taraf signifikansi 5% dan dk = 68.  Diperoleh thitung = 8,636 > ttabel = 1,995. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model situation-based learning berbantuan media animasi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional.

References

Aditya, I Km. Ngurah Budi (2014). “Pembelajaran Berbasis Komunikatif Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus V Kecamatan Karangasem”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 2, Nomor https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2151/1869 (diakses tanggal 12 Maret 2019).

Aqilah, Benazir, dkk (2017). “Situation-Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Creative Problem Solving Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Bulat”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI Semedang. Volume 2, Nomor 1 (hlm.1001-1010). http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/viewFile/2933/1961 (diakses tanggal 25 Januari 2019).

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Tersedia pada https://masdwijanto.files.wordpress.com/2011/03/buku-standar-isi-smp,pdf (diakses pada tanggal 12 Februari 2019).

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Isrok’atun, dan Rosmala, Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Isrok’atun. (2015). “Enhacing Students’ Mathematical Creative Problem Solving Ability Through Situation-Based Learning In Elementary School”. Indonesia University of Education. Volume 3 Nomor 9 (hal. 73-80). http://www.ijern.com/journal/2015/September-2015/06.pdf (diakses tanggal 28 Januari 2019).

Larawati, Intan, dkk (2016). “Penerapan Model Situation-Based Learning Pada Materi Sifat-sifat dan Jaring-jaring Bangun Ruang Sederhana Di Kelas IV SDN Paseh 1 Sumedang”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI Semedang. Volume 1 Nomor 1. (hal. 71-80) http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/viewFile/2933/1961 (Diakses tanggal 25 Januari 2019).

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analsiis Data. Depok: PT Raja Grafindo.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Makasar: Kencana.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Downloads

Published

2020-04-14

How to Cite

Christiawati, N. M. D., & Darsana, I. W. (2020). Pengaruh Model Situation-Based Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 4(1), 112–121. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24390

Issue

Section

Article