Pengaruh Coorporate Social Responsibility, Leverage dan Size terhadap Profitabilitas
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i3.21053Keywords:
CSR, LEV, SIZE, dan ROA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh coorporate social responsibility, leverage dan size terhadap profitabilitas (Studi pada Perusahaan Food And Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Perusahaan Food And Beverages yang secara konsisten terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan pengamatan dari tahun 2018-2019. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR terhadap ROA menunjukkan pengaruh positif signifikan Ini membuktikan bahwa semakin besar CSR akan meningkatkan ROA. LEV terhadap ROA menunjukkan tidak berpengaruh signifikan. Ini membuktikan bahwa LEV yang tinggi maka ROA tidak akan mengalami perubahan SIZE terhadap ROA menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan. Ini membuktikan bahwa SIZE yang tinggi akanmeningkatkan ROA
References
Ajilaksana, I Dewa Ketut Yudyana. 2011. “Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan”. Skripsi Universitas Diponegoro: Semarang
Anggraini, Fr. R. R. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan.Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang. 23-26 Agustus.
Arisadi, Yunita Castelia. Djumahir. Atim Djazuli. 2013. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Fixed Asset to Total Asset RatioTerhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 11, No. 4; 567-574.
Attig, N., S. El Ghoul, O. Guedhami dan S. Rizeanu (2011). “The governance role of multiple large shareholders: evidence from the valuation of cash holdings”. Journal of Management and Governance: 1-33.
Ayu Pratiwi, 2018. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Leverage Dan Size Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Properti, Real Estate Dan Kontruksi Bangunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015. Universitas Diponegoro Semarang.
Brigham, Eugene and Joel F. Houston. 2009. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Sepuluh. Alih Bahasa Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat.
Candrayanthi, Alit A.A dan Saputra, Dharma I D.G. 2013. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indoneia”. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.1: 141-158.
Dahlia, D. dan Siregar.2008.“Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia”).Skripsi. Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.
Etik Murniati (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan (Size ) Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Di Perusahaan Lq-45 Periode 2014-2015. Universitas Brwaijaya Malang
Etik Murniati, 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan (Size ) Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Di Perusahaan Lq-45 Periode 2014-2015. Universitas Hassanudin, Makassar
Gartchie Gatsi, 2013. Degree of Financial and Operating Leverage and Profitability of Insurance Firms in Ghana
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multiariate dengan Program IBM SPSS. 21. Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar, & Porter, Dawn C. 2010.Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta. Salemba Empat.
Hackston, David and Markus J. Milne. 1996. Some Determinants of Social and Environmental Disclosure in New Zealand Companies. Accounting
Hafezali Hussain, 2019. Sustainability of Leverage Levels in Response to Shocks in Equity Prices: Islamic Finance as a Socially Responsible Investment
Ida Purba (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility.Universitas Udayana Bali
Jogiyanto.2000. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Cetakan Ketiga.Edisi 7.BPFE-Yogyakarta.Yogyakarta.
Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Keown. 2004. Manajemen Keuangan : Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Edisi 9, Indeks. Jakarta.
Lais, 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaaan, Profitabilitas, Leverage, dan Tipe Kepemilikan terhadap Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan. Procedding PESAT, vol. 2, 21- 22 Agustus 2007. Auditorium Kampus Gunadarma
Martiani, 2009.Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: UUP AMP YKPN
Nawangsari, 2016.Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajemen dan Kepemilikan Asing terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2012-2014). Universitas Jember
Robby Heryanto, 2017.Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014- 2015).Universitas Diponegoro Semarang.
Sayekti, Yosefa dan Ludovicus Wondabio, 2007.Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coefficient.Simponsium Nasional Akuntansi X. 26-28 Juli 2007.Makassar.
Untung, 2008.Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.
Wela Putra (2015). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas. STIE Perbanas Surabaya