Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jabi.v1i2.28909Keywords:
model pembelajaran PAKEM, Tri Hita Karana, kompetensi pengetahuan PPKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 133 orang. Sampel ditentukan dengan teknik simpel random sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 1 Pecatu berjumlah 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 2 Pecatu berjumlah 23 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan PPKn dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus Polled Varians. Rerata post test kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen (x̄ = 84,932) lebih dari rerata post test kompetensi pengetahuan PPKn kelompok kontrol (x̄ = 74,637). Berdasarkan analisis diperoleh thitung = 7,190 kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5 % dan dk = 46 sehingga diperoleh nilai ttabel = 2,013, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Hita Karana dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Hita Karana berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian penelitian relevan mengenai model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Hita Karana.
References
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: DIVA Press.
Dewi. Md Ayu Candra. 2019. “Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara Tahun ajaran 2018/2019”. e-Journal mimbar PGSD, Volume 2, Nomor 1. Universitas Pendidikan Ganesha.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, Imas. dkk. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
La Iru dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, Dan Model-model Pembelajaran. Bantul: Multi Presindo.
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Pradnyawathi, Ni Nym Chintya, dkk. 2018. “Pengaruh Model PAKEM Berbasis Tri Hita Karana terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Ajaran 2017/2018”. e-Journal mimbar PGSD, Volume 3, Nomor 1. Universitas Pendidikan Ganesha.
Rahayu, Ani Sri. 2018. Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Bumi Aksara.
Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGafindo Persada.
Sukmadinata dan Syaodih. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.
Undang Undang Dasar 1945 no 32 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2013. Jakarta : Kemendikbud.
Wirawan, I Made. 2011. Tri Hita Karana. Surabaya:Paramita.