Karakter dan Hasil Belajar PKn Dalam Pembelajaran VCT Berbantuan Media Audio Visual

Authors

  • Ngurah Putu Ardika Prodi Pendidikan Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Prodi Pendidikan Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Dibia Prodi Pendidikan Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v1i2.28912

Keywords:

VCT, karakter, hasil belajar PKn

Abstract

Rendahnya karakter dan hasil belajar PKn siswa akibat kurang efektifnya penggunaan model dan media pembelajaran menjadi alasan penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Value Clarification Teknique (VCT) berbantuan media audio visual terhadap karakter dan hasil belajar PKn siswa kelas V di SDN Gugus IV Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pos-tes only control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus IV Kecamatan Negara berjumlah 170 orang dengan jumlah sampel 74 siswa ditentukan berdasarkan kelompok (intact grup) dengan teknik cluster random sampling. Data karakter siswa dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar PKn siswa di kumpulkan dengan tes objektif. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan manova. Hasil perhitungan skor rata-rata karakter 85.10 termasuk kategori sangat baik dan hasil belajar PKn 81.90 termasuk kategori sangat baik, sedangkan perolehan skor pada kelas kontrol yaitu rata-rata skor karakter 80.29 termasuk kategori sangat baik dan hasil belajar PKn 68.14 termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa  model pembelajaran VCT berbantuan media audio visual berpengaruh  positif terhadap karakter dan hasil belajar PKn siswa. Model ini dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan alternatif oleh guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif.

 

 

References

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Press.

Agung, A.A Gede. 2014. Statistik Dasar Untuk Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publising.

Agustin, N., & Hamid, S. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Vct Terhadap Penalaran Moral Siswa Dalam Pembelajaran Pkn. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 59–74.

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal Of History Education, 3(1).

Akbal, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 485–493.

Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136.

Anggarini, Kd. Dewi, Murda, I. N., & Sudiana, I. Wyn. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Gambar Terhadap Nilai Karakter Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Tajun. Mimbar Pgsd, 1 (1), 1–12.

Ardisti, G., & Agustiningsih, N. (2020). Pengaruh Modelvalue Clarification Technique (Vct) Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Sejarah Kelas Xidi Sma Islam Al-Falah Jambi. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batangha, 4(1), 26–31.

Arikunto. S. 2014. Dasar-Dsar Evaluasi Pendidikan. Jakrta: Bumi Aksara.

Azis, A. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Pada Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jpk (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 37–47.

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen Dan Analisis Data.Singaraja: Undiskha: Pres.

Ekasari, P. N. (2017). Pembelajaran Berbasis Nilai Pada Matapelajaran Sejarah Melalui Model Vct (Value Clarification Technique). Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(2), 192–198.

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 5(2).

Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21–29. Https://Doi.Org/10.17977/Um008v1i12017p021

Hakim, Z. R., Taufik, M., & Atharoh, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar Negeri Cimanis 2 Sobang Pandeglang. Jppguseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 1(1), 31–38. Https://Doi.Org/10.33751/Jppguseda.V1i01.869

Haryati, T., & Rochman, N. (2012). Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen. Jurnal Ilmiah Civis, 2(2).

Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran Sapto. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1–10.

Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Ii Sdn Bantargebang Ii Kota Bekasi Ari. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 33–38.

Hervinovira, N. Luh G. P., Murda, I. N., & Sudarma, I. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Vct Berbantuan Cerita Mahabharata Terhadap Nilai Karakter Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Semester I Gugus 5 Mandara Giri Tamblang Kecamatan Kubutambahan Tahun Ajaran 2013/2014. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V2i1.2549

Kaelan. H. & H. Achmad. Zubaidi. 2007. Prndidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (Jp2sd), 1(1), 37–45. Https://Doi.Org/10.22219/Jp2sd.V1i1.1528

Ningsih, W., & Mardhatillah. (2016). Penerapan Media Audio-Visual Terhadap Keaktifan Pada Materi Hubungan Antara Sumber Daya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).

Nst, D. N. Sari, Reinita, & Lubis, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Value Clarification Technique (Vct) Metode Percontohan Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Sd. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2).

Nurdin, M. (2016). Berdiskusi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Konsep Dasar Pkn. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vi(1), 1–7. Http://Ojs.Unm.Ac.Id/Index.Php/Pubpend

Nurmalia, L., & Setiyaningsih, D. (2019). Peningkatkan Karakter Murid Melalui Vct Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Cengkareng Timur 21 Jakarta Barat 1, 2). Semnasfip, 52–60.

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 147–166.

Pitriani, N. W., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Mimbar Pgsd, 5(2), 1–9.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Putra, I. P. E. P., Sulastri, M., & Wirya, N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).

Putriani, N. P. D., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. Wayan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Masalah Sosial Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2).

Rahayudhi, Y. N. P., Agung, A. A. G., & Tastra, I. D. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Vct Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Terhadap Prestasi Belajar PKn. Mimbar Pgsd, 1(1).

Renda, N, T. & Ni W. Eka Widiastini. 2017. Pembelajaran Pkn Sd. Singaraja: Unversitas Pendidikan Ganesha.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, Dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20. Https://Doi.Org/10.26555/Bioedukatika.V3i2.4149

Rodiyana, R. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7.

Sadia, W., Arnyana, I. B. Put., & Muderawan, I. Wayan. (2013). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Sains. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 209–220. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V2i2.2165

Septiari, N. L. P. Dima, Asri, I. G. A. A. S., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pkn Ni. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 67-75.

Soenarko, B., & Mujiwati, E. S. (2016). Pengembangan Karakter Rasa Tanggungjawab Menggunakan Model Pembelajaran Value Pengembangan Karakter Rasa Tanggungjawab Menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Pada Mahasiswa Tingkat I Program Studi Pgsd Fkip Universitas Nusantar. Efektor, 3(2), 1–15. Https://Doi.Org/10.29407/E.V3i2.485

Suhayati, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Meteri Hidup Rukun Dalam Perbedaan Dengan Penerapan Model Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Dan Metode Simulasi. Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 1(1). Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Sukaptiyah, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 114–121.

Sukmawati, E. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasa, 2(3), 1–12. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V1i1.3261

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68.

Sulfemi, W. B., & Nurhasanah. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158.

Taniredja. H. T. Dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif.Bandung: Alfabeta.

Theofilus, P. (2019). Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct). Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 5(2), 215-220.

Utami, K., & Julianto. (2013). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.

Widayanti, I. A. V., Suwatra, I. I. W., & Sumantri, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Di Sd Gugus Iv Kecamatan Sukasada. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V2i1.18084

Widodo, S. T. T. M. (2015). Model Pembelajaran Vct Untuk Pendidikan Kesehatan Reproduksi ( Menggagas Model Pembelajaran Value Clarification Technique Untuk Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja ). In Seminar Nasional Pendidikan 2015, November, 612–617.

Winataputra, H. U. S. (2020). Hakikat, Fungsi, Dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd. Pembelajaran Pkn Di Sd, 1.1-1.49.

Wirawan, I Made. 2011. Tri Hita Karana. Surabaya:Paramita.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Ardika, N. P., Agustiana, I. G. A. T., & Dibia, I. K. (2020). Karakter dan Hasil Belajar PKn Dalam Pembelajaran VCT Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 72–83. https://doi.org/10.23887/jabi.v1i2.28912

Issue

Section

Articles