Pengaruh Penerapan Model Eliciting Activities terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • Made Juniantari Prodi Pendidikan Matematka Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17958

Keywords:

model eliciting activities, pembelajaran konvensional, prestasi belajar matematika siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model eliciting activities lebih tinggi daripada prestasi belajar matematika yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Non Unggulan SMP Negeri 1 Singaraja pada semester II tahun ajaran 2017/2018 yang tersebar ke dalam 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Peneliti telah menguji kesetaraan populasi dan diperoleh hasil bahwa populasi memiliki kemampuan yang setara. Berikutnya diambil dua kelas yang dijadikan sampel. Kedua kelas tersebut diundi untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengundian menghasilkan kelas VIII A6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dikategorikan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group design. Data tentang prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor (ekor kanan) pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 1.31 sedangkan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 0,063. Nilai statistik ini memiliki makna bahwa prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model eliciting activities lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan kata lain terdapat pengaruh positif model eliciting activities terhadap prestasi belajar matematika siswa.

References

Hamdani, A. M. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Brahaneswari, N. L. N. 2017. Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X 3 SMAN 2. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja.

Candiasa, I M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha.

Chamberlin, M. 2004. “Design Principles for Teacher Investigations of Student Work”,Mathematics Teachers Education and Development”. Colorado: University of Northern Colorado, Volume 6 (hlm. 52-62).

Chamberlin, S. A. dan Moon, S. M. 2005. “Model-Eliciting Activities as a Tool to Delevop and Identify Creatively Gifted Mathematicians”. Journal of Secondary Gifted Education, Vol. XVII, No.1, P.37,39,40,.Tersedia pada http://files.eric.ed.Gov/fulltext/EJ7 46044.pdf,. (diakses tanggal 4 Desember 2017).

Chamberlin, S. A. dan Moon, S. M. 2008. “How Does The Problem Based Learning Approach Compare to The Model-Eliciting Activity in Mathematics?”. Tersedia pada http://cimt.plymouth.ac.uk (diakses pada tanggal 4 Desember 2017).

Dai, D. Y. 2012. Design Research on Learning and Thinking in Educational Settings. Florence Production.

Hamilton, E., Lesh, R., & Lester, F. 2008. “Model-Eliciting Activities (MEAs) as a Bridge Between Engineering Education Research and Mathematics Education Research. Advances in Engineering Education”. Tersedia pada http://aaee.com.au/conferences/AA EE2009/PDF/AUTHOR/AE090130.PDF. (diakses tanggal 5 Desember 2017).

Nusantari, L. P. T. L. 2015. Pengaruh Model-Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja.

Sirait, E. D. 2016. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/ 234901-pengaruh-minat-belajar-terhadap-prestasi-c06f683c.pdf. (diakses pada tanggal 5 Desember 2017).

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudiarta, P. and Putu, G., 2010. Pengembangan model pembelajaran inovatif. Karangasem: Makalah Pelatihan MGMP.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Syah, M. 2008. Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Walgito, B. 1981. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Yaniawati, P. Dan Indrawan, R. 2014. Metodelogi Penelitian. Bandung: Refika Aditama

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Juniantari, M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Eliciting Activities terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Journal of Education Technology, 3(1), 9–14. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17958

Issue

Section

Articles