Pengaruh Penerapan Model Eliciting Activities terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17958Keywords:
model eliciting activities, pembelajaran konvensional, prestasi belajar matematika siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model eliciting activities lebih tinggi daripada prestasi belajar matematika yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Non Unggulan SMP Negeri 1 Singaraja pada semester II tahun ajaran 2017/2018 yang tersebar ke dalam 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Peneliti telah menguji kesetaraan populasi dan diperoleh hasil bahwa populasi memiliki kemampuan yang setara. Berikutnya diambil dua kelas yang dijadikan sampel. Kedua kelas tersebut diundi untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengundian menghasilkan kelas VIII A6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dikategorikan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group design. Data tentang prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor (ekor kanan) pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 1.31 sedangkan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 0,063. Nilai statistik ini memiliki makna bahwa prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model eliciting activities lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan kata lain terdapat pengaruh positif model eliciting activities terhadap prestasi belajar matematika siswa.
References
Hamdani, A. M. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Brahaneswari, N. L. N. 2017. Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X 3 SMAN 2. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja.
Candiasa, I M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha.
Chamberlin, M. 2004. “Design Principles for Teacher Investigations of Student Work”,Mathematics Teachers Education and Development”. Colorado: University of Northern Colorado, Volume 6 (hlm. 52-62).
Chamberlin, S. A. dan Moon, S. M. 2005. “Model-Eliciting Activities as a Tool to Delevop and Identify Creatively Gifted Mathematicians”. Journal of Secondary Gifted Education, Vol. XVII, No.1, P.37,39,40,.Tersedia pada http://files.eric.ed.Gov/fulltext/EJ7 46044.pdf,. (diakses tanggal 4 Desember 2017).
Chamberlin, S. A. dan Moon, S. M. 2008. “How Does The Problem Based Learning Approach Compare to The Model-Eliciting Activity in Mathematics?”. Tersedia pada http://cimt.plymouth.ac.uk (diakses pada tanggal 4 Desember 2017).
Dai, D. Y. 2012. Design Research on Learning and Thinking in Educational Settings. Florence Production.
Hamilton, E., Lesh, R., & Lester, F. 2008. “Model-Eliciting Activities (MEAs) as a Bridge Between Engineering Education Research and Mathematics Education Research. Advances in Engineering Education”. Tersedia pada http://aaee.com.au/conferences/AA EE2009/PDF/AUTHOR/AE090130.PDF. (diakses tanggal 5 Desember 2017).
Nusantari, L. P. T. L. 2015. Pengaruh Model-Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja.
Sirait, E. D. 2016. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/ 234901-pengaruh-minat-belajar-terhadap-prestasi-c06f683c.pdf. (diakses pada tanggal 5 Desember 2017).
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudiarta, P. and Putu, G., 2010. Pengembangan model pembelajaran inovatif. Karangasem: Makalah Pelatihan MGMP.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Syah, M. 2008. Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Walgito, B. 1981. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Yaniawati, P. Dan Indrawan, R. 2014. Metodelogi Penelitian. Bandung: Refika Aditama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)