Penerapan Lesson study Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Subtema Benda Tunggal dan Campuran di Sekolah Dasar

Penulis

  • Haprilia Cahyaningsih Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Kurniasih Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jil.v1i2.39272

Kata Kunci:

Lesson Study, Aktivitas Siswa

Abstrak

Lesson study muncul sebagai salah satu alternatif yang berguna untuk mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Sekarang ini masih banyak praktik pembelajaran di Indonesia yang cenderung melakukan pembelajaran secara konvensional. Praktik pembelajaran konvensional semacam ini lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar dari pada siswa belajar, dan secara keseluruhan hasilnya tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Adapun tahapan-tahapan dalam Lesson study yaitu: (1) Perencanaan (Plan); (2) Pelaksanaan (Do); (3) Refleksi (See). Dalam hal ini, Lesson study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran yang dilakukan di Kelas V SDN 3 Somopuro Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 ke arah yang jauh lebih efektif. Fokus yang paling utama dari Lesson study adalah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa, misalnya apakah siswa menunjukkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam kelompok kecil, bagaimana siswa melakukan tugas-tugas yang diberikan guru, serta hal-hal lainya yang berkaitan dengan aktivitas, partisipasi, serta kondisi dari setiap siswa dalam mengikuti setiap pembelajaran. Dengan demikian, pusat perhatian tidak lagi hanya tertuju pada bagaimana cara guru dalam mengajar sebagaimana lazimnya dalam sebuah supervisi kelas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah atau pengawas sekolah.

 

Biografi Penulis

Haprilia Cahyaningsih, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Wayan Widiana, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ni Wayan Kurniasih, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson study. Lesson study Project. online: http

://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm.

Catherine Lewis (2004) Does Lesson study Have a Future in the United States?. Online: sowi-online.de/journal/2004- 1/lesson_lewis.htm.

Herawati. Chotimah, Husnul. Joharmawan, Ridwan. Jumiati. Sari, Yuyun D. Sunarjo. 2011. Lesson study Berbasis Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lesson study Research Group online: tc.edu/lessonstudy/whatislessonstudy.html Sumber :

http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/0 2/22/lesson-study-untuk-meningkatkan- pembelajaran/.

Diterbitkan

2022-08-30

Terbitan

Bagian

Articles