Perangkat Pembelajaran Literasi Membaca Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Banjar Jawa

Authors

  • Ni Luh Sucitra Adnyani Sucitra Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Kata kunci: perangkat pembelajaran, kemampuan HOTS, literasi berbasis kearifan lokal

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan HOTS peserta didik di SD, serta dalam menyusun perangkat pembelajaran guru belum mengelaborasikan nilai-nilai kearifan lokal bali dan kegiatan literasi belum optimal. Penelitian ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun perangkat pembelajaran, (2) menganalisis validitas isi perangkat pembelajaran, (3) menganalisis respon praktisi terhadap perangkat pembelajaran, (4) menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran literasi membaca berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan High Order Thinking Skills peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu research and development dengan proses tahapan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran berupa modul ajar dan LKPD, sedangkan objek penelitian yaitu validitas isi, kepraktisan dan efektivitas.  Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumen, tes dan kuesioner.  Bentuk instrument berupa rating scale, dengan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) indeks validitas modul ajar sebesar 0,91 dengan kualifkasi validitas tinggi sedangkan indeks validitas LKPD sebesar 0,93 dengan kualifikasi tinggi, (2) hasil respon praktisi terhadap modul ajar yaitu 93,84% dengan predikat sangat baik,sedangkan untuk modul ajar sebesar 94,00% dengan predikat sangat baik, dan (3) nilai nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga perangkat pembelajaran literasi membaca berbasis kearifan lokal  efektif guna meningkatkan kemampuan berpikir HOTS siswa kelas IV SD.

References

Acesta, A. 2020. “Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA di Sekolah Dasar”. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, Volume 12, Nomor 2 (hlm. 170). https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831

Adi, G. M., & Sujana, I. W. 2021. “Pengembanagan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Slolving Tri Hita Karana Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD”. Jurnal Edutech Undiksha, Volume 9, Nomor 1 (hlm. 113–121). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764

Adi, S. S., & Junining, E. 2013. “Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Membaca Serta Kesesuaiannya dengan Inteligensi Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris. Erudio Journal of Educational Innovation, Volume 2, Nomor 1. https://doi.org/10.18551/erudio.2-1.7

Alfarisa, F., dkk. 2021. “Pengembangan Instrumen Higher Order Thingking Skill (HOTS) Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar”. Proseding DIDAKTIS 6 Seminar Nasional Pendidikan Dasar UPI, Volume 6, Nomor 1 (hlm. 279–290).

Arianingsih, B. D., Arjudin, A., Wulandari, N. P., & Sridana, N. 2022. “Kepraktisan Media Tutorial Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer pada Materi Pokok Bangun Ruang”. Griya Journal of Mathematics Education and Application, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 364–374). https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.183

Arjihan, C., Putri, D., Rindayati, E., & Damariswara, R. 2022. “Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka”. Jurnal Tindakan Kelas, Volume 3, Nomor 1 (hlm. 18–27).

Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar”. Prosiding Pendidikan Dasar Journal Mahesa Reasearch Center Volume 1, Nomor 1 (hlm. 80–86). https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Faiz, Aiman Kurniawaty, Imas. 12(2), 155–164.

Puspitasari, E. & Saputri, D. Y. 2021. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills pada Kelas V Materi IPA”. Jurnsal Pendidikan Ilmiah, Vulume 7, Nomor 1 (hlm. 46–50).

Hidayah, A. 2017. “Pengembangan Model TIL (The Information Literacy) Tipe the Big6 Dalam Proses Pembelajaran sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah”. Jurnal Penelitian dan Penalaran, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 623–635).

Indrawan, I. P. O., Sudirgayasa, I. G., & Wijaya, I. K. W. B. 2020. “Integrasi Kearifan Lokal Bali di Dunia Pendidikan”. Prosiding Seminar Nasional Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar E-Journal Unmas, Volume 3, (hlm. 189–194).

Ferdianto, F., & Setiyani, S. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika”. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Volume 2, Nomor 1 (hlm. 37).

Fibra, N. P., & Indrawadi, J. 2021. “Kendala-Kendala dalam Penyusunan dan Pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajar”. Journal of Education, Cultural and Politics, Volume 1, Nomor 2 (hlm. 70–76).

Fitriyati, I., dkk. 2017. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA”. Jurnal Pembelajaran Sains, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 27–34).

Johan, G. M., & Ghasya, D. A. V. 2018. “Pengembangan Media Literasi Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahamman Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Tunas Bangsa, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 184–198).

Kurnianingsih, H. O., Fajriyati, A. N., Sa’diyah, I., & Rokhmaniyah, R. 2017. “Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal di LIPI Karangsambung sebagai Upaya Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu dan Semangat Belajar Siswa SD”. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M., & Kholifah, N. 2020. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z”. Warta LPM, Volume 23, Nomor 1 (hlm. 54–62). https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.9106

Lestari, H. 2020. “Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dengan Blog”. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 4, Nomor 2b (Hlm. 597–604).

Murti, W. W., & Sunarti, T. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal Di Trenggalek. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 33. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386

Ningrum, A. S. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar)”. Prosiding Pendidikan Dasar Journal Mahesa Research Center, Volume 1, Nomor 1 (hlm.166-177). https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186

Pernantah, P. S., Khadijah, K., Hardian, M., Syafiq, A., Riau, U., Baru, S., Pekanbaru, K., Yogyakarta, U. N., Malang, K., Sleman, K., & Yogyakarta, D. I. 2022. “Desain Pembelajaran Project Based Terintegrasi Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Pendidikan IPS”. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, (hlm. 191-203).

Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. 2020. “Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar”. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Volume 6, Nomor 2 (hlm.191–203).

Purnamasari, K., & Lestari, H. P. L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk SMP Kelas VII Materi Segitiga dan Segiempat Melalui Pendekatan Kontekstual dan Model Pembelajaran Probing Prompting. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 18–30. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jpm/article/view/5969.

Rethusa, V., Lusa, H., & Hasnawati, H. 2020. “Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, Volume 3, Nomor 3 (hlm. 391–401).

Susani, R. G. 2017. “Menumbuhkan Keterampilan Literasi Baca Tulis Melalui Membaca Ekstensif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi”. Journal of Chemical Information and Modeling, (hlm. 1–13).

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. 2021. “Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berorientasi Programme for International Student Asessment (PISA) pada Peserta Didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), Volume 7, Nomor 1 (hlm. 57–68). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Winangun, I. M. A. 2020. “Penguatan pendidikan karakter melalui literasi berbasis kearifan lokal”. Jurnal Maha Wiuda Duta, Volume 4, Nomor 2 (hlm. 114–122).

Published

2023-01-26

How to Cite

Sucitra, N. L. S. A. (2023). Perangkat Pembelajaran Literasi Membaca Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Banjar Jawa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/57852

Issue

Section

Articles