Media Video Gestur Harmoni dalam Pembelajaran

Authors

  • I Gede Mahardika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Video Gestur, Guru Harmoni, Pembelajaran

Abstract

Kurangnya informasi merupakan salah satu faktor kurang maksimalnya guru dalam menerapkan gestur. Maka, diperlukan sebuah media yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi guru agar kompetensi pedagogik dan profesional guru dapat meningkat. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas media video gestur harmoni dalam proses pembelajaran untuk guru-guru sekolah dasar. Jenis dari penelitian in merupakan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian yang digunakan yaitu para ahli dan guru-guru sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, dan non-tes observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dengan menggunakan deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan inferensial. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil review uji validitas produk dari para ahli dan guru yang memperoleh hasil rata-rata skor 93,5% dengan kualifikasi sangat baik. Dan hasi uji efektivitas produk ini dinyatakan efektif untuk digunakan dalam sebagai referensi atau sumber ilmu guru-guru dalam penggunaan gestur yang harmoni.

Author Biographies

I Gede Mahardika, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agung, A. A. G. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif: Perspektif Manajemen Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Alamsyah, R., Toenlioe, A. J., & Husna, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 229–236.

Alfaini, Z. A. (2021). Komunikasi Antar Pribadi Guru dengan Murid dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V A SD Negeri 1 Sungailiat Bangka. Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 30–37. https://doi.org/10.47995/jik.v4i2.75

Ambarawati, A. (2021). Urgensi Keterampilan Komunikasi Nonverbal Guru pada Era Society 5.0. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, XII(2). https://doi.org/10.30739/darussalam.v12i2.1188

Antari, N. K. Y., & Sujana, I. W. (2021). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Profesional dengan Keterampilan Penerapan Gestur Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 93–103.

Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 575–585.

Elfanany, B. (2013). Buku Pintar Bahasa Tubuh untuk Guru & Dosen. Araska.

Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam). Umsida Press.

Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus Mahasiswa Pendidikan dan Pendidik). Penerbit Pascal Books.

Haddock, L., Cannon, K., & Grey, E. (2020). A Comparative Analysis of Traditional and Online Counselor Training Program Delivery and Instruction. The Professional Counselor, 10(1), 92–105. https://doi.org/10.15241/lh.10.1.92

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 50–55. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.105-110

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 83–93.

Melenia, C. N., Wulandari, S., & MS, D. (2022). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Proses Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di SD Negeri 62 Oku Oku. Jurnal Massa, 03(01), 1–11. https://doi.org/10.54895/jm.v2i1.1440

Prangin-Angin, E., Sinar, T. S., & Zein, T. T. (2020). Perilaku Bentuk Nirverbal Guru dalam Kegiatan Pembelajaran di SMA Negeri 1 Kutalimbaru Kabupaten Deliserdang: Kajian Multimodal. Kode: Jurnal Bahasa, 9(1), 14–28. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i1.16933

Prihastuti, I., Widodo, A., Liliasari, & Riandi. (2021). Belajar melalui Video untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Guru IPA. Biosfer : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 6(1), 37–43.

Putra, I. K. A. (2016). Memantapkan Penerapan Gestur Calon Guru dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar pada Mata Kuliah Micro Teaching Mahasiswa Semester VI PGPAUD UNDIKSHA. Santiaji Pendidikan, 6(2), 197–209.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Sujana, I. W., Suniasih, N. W., & Asri, I. G. A. S. (2017). IbM Gestur Guru dalam Pembelajaran di Gugus Jenderal Sudirman, Kecamatan Denpasar Selatan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Taufik, A. (2020). Interaksi Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Edifikasi: Pendidikan Agama Islam, 2(2), 123–132.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Model Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tyas, P. D. M., Marmoah, S., & Hadiyah. (2021). Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Didaktika Dwija Indria, 9(2).

Widyastuti, A., Panggabean, S., Salamun, Kristianto, S., Rahmat, T., Purba, S., Khalik, M. F., Sari, M., Ritonga, M., Simarmata, J., Haruna, N. H., Recard, M., Meirista, E., & Chamidah, D. (2022). Media dan Multimedia Pembelajaran. Yayasan kita menulis.

Published

2023-07-30

How to Cite

Mahardika, I. G., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2023). Media Video Gestur Harmoni dalam Pembelajaran. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/66530

Issue

Section

Articles