Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32848Abstract
Kebijakan pembelajaran daring menuntut guru untuk lebih aktif dalam mengembangkan media pembelajaran agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan maksimal dan mampy memberikan proses pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran powtoon berbasis problem based learning pada materi ekosistem muatan IPA kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model Hannafin and Peck (analyze, design, development and implementation, evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis dalam proses pengembangan produk. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas V SD. Pengumpulan Data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket/kuisioner sebagai instrument pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran powtoon berbasis problem based learning dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil uji coba produk yang meliputi hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 96,79% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 84,70% dengan kualifikasi baik, dan hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase skor 95,83% dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powtoon berbasis problem based learning layak digunakan pada proses pembelajaran.
References
Agustin, N. K. T. J., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tps Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies Vol., 2(2), 239–249. http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19148. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19148
Arum, T. S., & Wahudi. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 239–250. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3. p239-250. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250
Asyhari, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5, 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifabiruni.v5i1.100. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8629. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8629
Darmawan, L. A., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak Pada Tema Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 14. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17095. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17095
Khasanah, I. N., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Media Monopoli Dengan Model Hannafin Dan Peck Mata Pelajaran IPS Di SD Mutiara Singaraja. Jurnal Education Teknologi, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20292.
Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran), 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. http://dx.doi.org/10.23887 /jeu.v6i2.20294.
Megalina, Y., Wahyuni, I., Jawak, N. P., Aritonang, P. I. B., Rahmadani, R. U., Manurung, M. E., & Santi, E. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Teori Kinetik Gas. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(2), 26–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i2.18305.
Mustofa, R. H., & Riyanti, H. (2019). Perkembangan E-Learning Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3). http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika .v17i3.4343. DOI: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.4343
Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/82.
Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949 /jcp.v5i1.1233. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1233
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.
Pangabean, nurul huda, & Danis, A. (2020). desain pengembangan bahan ajar berbasis sains. Yayasan Kita Menulis.
Pebriyani, E. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(5), 47–55. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p47-55
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961 /jmpf.v9i1.31612. DOI: https://doi.org/10.20961/jmpf.v10i1.41090
Priyani, Y., Martuti, N. K. T., & Rudyatmi, E. (2019). Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Biologi, 8(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v8i1.4698. DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v8i1.4698
Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1). https://doi.org/10.24042/jipf. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597
Ruhiat, Y., Nulhakim, L., & Wulandari, Y. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835.
Saputra, I. M. P., & Putra, N. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Hannafin and Peck pada Muatan IPA Kelas IV. Mimbar Ilmu, 26(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085
Setiowati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.3879. DOI: https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.3879
Sitorus, K., & Alwardah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ipa Terpadu, 4(2), 53–62. https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/view/18927/10592. DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i2.18927
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Syawaluddin, A., Makkasau, A., & Jamal, I. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 294–306. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v3i3.10236
Syuryani. (2019). Penggunaan Model Problem Based Instruction Dengan Media Kartu Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 47 Kota Jambi. Jurnal Pesona Dasar, 7(1), 27–36. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/pear.v7i1.19933. DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v7i1.13534
Tambunan, K., Sitompul, H., & Mursid. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26784. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26784
Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422
Topik. (2020). Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Islam Parit Jawai. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, 3(1), 90–100. http://journal.iaisambas.ac.id /index.php/Cross-Border/article/view/548/440.
Trimansyah. (2021). Kecendrungan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Studi Pendidikan, 12(1). http://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fitrah/article/view/311.
Veronica, I., Whyu Pusari, R., & Setiawardana, M. Y. (2018). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 258. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16222. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16222
Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokan Hewan Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, 2(2), 124–130. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9934
Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Yanti, I. Y., Pudjawan, I. K., & Suwatra, I. I. W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Hannafin Anf Peck Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education Teknologi, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.