Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Sikap Tenggang Rasa Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27023Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi kecerdasan interpersonal dan sikap tenggang rasa terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian “expost facto” dengan jumlah populasi sebanyak 490 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling, sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 214 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan pencatatan dokumen nilai UAS semester I. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Berdasarkan pengujian hipotesis hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hipotesis pertama didapatkan Freg = 253,62 > Ftabel = 3,886, sehingga H0 ditolak, maka disimpulkan terdapat kontribusi antara kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara tahun pelajaran 2019/2020 dengan kontribusi = 54,5%; (2) hipotesis kedua didapatkan Freg = 126,323 > Ftabel = 3,886, sehingga H0 ditolak, maka disimpulkan terdapat kontribusi antara sikap tenggang rasa terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara tahun pelajaran 2019/2020 dengan kontribusi = 37,3%; (3) Syarat uji signifikansi jika Freg ≥ Ftabel, maka variabel bebas dikatakan memiliki kontribusi terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh Freg = 136,586 > Ftabel = 3,039 maka disimpulkan bahwa terdapat kontribusi kecerdasan interpersonal dan sikap tenggang rasa secara simultan terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi = 56,4%. Maka dari itu, kedua variabel dapat dijadikan prediktor peningkatan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: kecerdasan interpersonal, tenggang rasa, IPS.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Akhmad, H. A. A. (2017). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785 DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785
Alpian, Y. (2016). Hubungan Pengetahuan Sila Kemanusian Dengan Sikap Tenggang Rasa Pada Siswa Sdn Cibarusah Jaya 01 Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi ( Studi Korelasional pada Siswa Kelas V SD ). Keguruan Dan Ilmu Pendidkan UBP Karawang, 1(1), 73–80. DOI: https://doi.org/10.36805/civics.v1i1.29
Apriyanti, M. E. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Interpersonal Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 289–296.
Armstrong, T. (2013). Kecerdasan Jamak di dalam Kelas Edisi 3 (3rd ed.). Indeks.
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Pt. Raja Grafindo Persada.
Gardner, H. (2013). Multiple Intelligences. (Alih Bahasa: Yelvi Andri Zaimur). Deras Book.
Hakim, A. R. (2018). Kecerdasan Interpersonal Siswa Melalui Model Student Teams Achievement Divisions. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1210 DOI: https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1210
Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Harahap, N. H. (2019). Upaya Guru Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Sikap Tenggang Rasa Melalui Konseling Kelompok Siswa Kelas Viii Smp Negeri 19 Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kurnianingrum, R. (2018). Penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS kelas V di SD Negeri Pengkol. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 202–213. https://eprints.uny.ac.id/54729/
Lestari. (2011). Hubungan antara pengetahuan tentang konsep tenggang rasa dengan sikap sosial siswa di sdn rambutan 03 pagi jakarta timur. 3. https://id-static.z-dn.net/files/dfd/015f12198c7a3dea6bddeee49c886b54.pdf%0A%0A
Marianti, & Susanto, R. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 260. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510
Monawati. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pesona DasarJurnal Pesona Dasar, 3(3), 21–32.
Nurelah, E. (2013). Kemandirian Belajar Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas V Sdn Di Wilayah Binaan Iv Pulogadungjakarta Timur. Journal of Petrology, 369(1), 13–27. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.21009/JPD.071.02
Nurtika, E. (2019). Analisis Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak dengan Metode Bermain Peran. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 15–24. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5309 DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5309
Prawijaya, I. K. T., Sujana, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Kontribusi Kecerdasan Kecerdasan Interpersonal Dan Sikap Percaya Diri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kelas V. Media Komunikasi FPIPS, 17(2), 78–88. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i2.22226 DOI: https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i2.22226
Safari, T. (2005). Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Amara Books.
Salim, N. (2010). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Konsiderasi Terhadap Sikap Tenggang Rasa. Jurnal FKIP UNP Kediri, 49–56.
Santi, E. M. W. (2019). Interpersonal Dengan Penguasaan Kompetensi. 7(2), 98–109. DOI: https://doi.org/10.47166/sot.v2i2.14
Saputra, D. (2018). Korelasi Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Di Sd Gugus Iv Abiansemal Tahun Pelajaran2017/2018. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i1.14618 DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i1.14618
Saraswati, P. I., & Putra, M. (2020). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Sikap Ingin Tahu Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 209. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25555 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25555
Setyosari, H. P. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Prenada Media Group.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dam R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfa Beta.
Suhendri, H. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukuran Tenggang Rasa Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan, 566–571.
Supardi, U. . (2013). Aplikasi Statisika dalam Penelitian. Change Publication.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.
Wahyuni, A., & Sulaiman, M. H. (2016). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Siswa Dengan Perilaku Verbal Bullying Di Sd Negeri 40 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 34–42.
Wulandari, R. J. dan R. (2016). Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Pada Pembelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal Profit, 3(2), 183–194.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.