Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia)

Authors

  • Ni Komang Ayu Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa
  • I Kadek Agus Sudiandika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.36088

Keywords:

problem based learning, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa kelas III belum optimal. Keterlibatan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran tidak mengkaji permasalahan yang berbasis situasi dunia nyata siswa sehingga menyebabkan berbagai permasalahan dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) Siswa Kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) pada siklus I yaitu 63.64 dengan kategori rendah dan pada siklus II meningkat menjadi 75.9 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa kelas III SD.

Author Biographies

Ni Komang Ayu Wahyuni, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar

I Made Citra Wibawa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Kadek Agus Sudiandika

SD Negeri 3 Temukus

References

Agung, anak agung gede. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Akmalia, N. N., Pujiastuti, H., & Setiani, Y. (2016). Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 9(2), 183–193. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i2.996.

Dewi, T. A., & Wardani, N. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 234–242. https://media.neliti.com/media/publications/266996-peningkatan-hasil-belajar-tematik-melalu-91eb4ac6.pdf. DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14

Dwi Agustini, N. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 94–103. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249–259. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1116. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1116

Firmansyah, D. (2015). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114 /jtp.v6i2.4996.

Hadi, S. (2019). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesi pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 3(4), 74–78. https://doi.org/http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.108. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i1.108

Haryanto, H., & Indarto, W. (2021). Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi “Menyampaikan Pidato Persuasif” Kelas IX-F Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 85–101. https://doi.org/10. 51454/jet.v1i2.49. DOI: https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.49

Hazanah, & Zuryanty. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(4). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/9069. DOI: https://doi.org/10.24036/bmp.v8i2.105545

Irwan, V. I., & Mansurdin. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2097–2107. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.686. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107576

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558. DOI: https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/ 10.30998/formatif.v3i2.118. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Mardi, I. (2016). Peningkatan Kegiatan Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas Iv Sd. Jurnal Pelangi, 8(1), 55–74. https://doi.org/10.22202/jp.2015.v8i1.387. DOI: https://doi.org/10.22202/jp.2015.v8i1.387

Mohamad. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, IV(20), 63–76. https://doi.org/ 10.21093/fj.v4i1.279.

Muchib, M. (2018). Penerapan Model PBL dengan Video untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 25. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356. DOI: https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165–170. https://doi.org/10.23887 /jear.v5i2.33269. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33269

Novellia, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2). https://doi.org /10.23887/jlls.v1i2.14760. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14760

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135. https://doi.org/ 10.17509/jpm.v1i1.3264. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Putinella, D. P. (2017). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Kelas I B Sd Negeri Jetis I Melalui Picture and Picture. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 21(1). https://doi.org/19206.

Putri, R. E., & Zuryanty. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Studi Pendidikan Dasar, 3(2), 2656–6702. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ JLLS/article/view/36995.

Rusnayati, H., & Prima, E. C. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan. Jurnal Pendidikan MIPA. http://file.upi.edu/Direktori/fpmipa/jur._pend._fisika/ahmad_ samsudin/publikasi/42PFis_Heni.pdf.

Saniya, E., & Miaz, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2605–2614. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.708. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.778

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298

Soesatyo, Y., Subroto, W. T., Sakti, N. C., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2013). Pelatihan Penulisan Proposal Peneliti Tindakan (PTK) bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10. 21009/JPMM.001.2.02.

Somodana, W., & Sutresna, I. B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.4773.

Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model Pbl Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula, 3(1), 11–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22216/jcc.v3i1.2100. DOI: https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i1.2100

Sumardi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 6(2), 93–99. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/ JIPP/article/view/334. DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3904

Talib, J. (2021). Blended Learning Berbasis Quipper School Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMAN 1 Bantaeng. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i1.1-13.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Jurnal Edcomtech, 1(2), 129–136. http://journal2.um.ac.id/index.php /edcomtech/article/view/1799.

Wardani, N. S., & Putri, R. hapsari. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195

Widyaningrum Retno. (2017). Model pembelajaran tematik di MI/SD. Cendekia Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 28(4), 325–336. https://doi.org/10.21154/ cendekia.v10i1.405.

Yuwono, M. R., & Syaifuddin, M. W. (2017). Pengembangan problem based learning dengan assessment for learning berbantuan smartphone dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 184–202. http://dx.doi.org/10.20414/betajtm. v10i2.116. DOI: https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.116

Downloads

Published

2021-07-10

How to Cite

Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230–239. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.36088