Efektifitas E-LKPD Berbasis Project Based Learning pada Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Made Merri Tarisna Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.62088

Keywords:

e-LKPD, Problem Based Learning, IPA

Abstract

Kesediaan media pembelajaran IPA  masih terbatas yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis Project Based Learning pada muatan pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar yang telah valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini penelitian dan pengembangan (RnD) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data kuesioner dan tes. Instrumen penelitian berupa kuisioner validitas, kuesioner kepraktisan, dan tes hasil belajar IPA. Analisis data menggunakan uji-t yaitu paired samples test. Hasil penelitian adalah validitas e-LKPD melalui ahli materi 95,83% sangat valid, validitas ahli media 90,83 % sangat valid. Kepraktisan oleh guru 94,61% digunakan serta kepraktisan oleh siswa 89,23% dengan kategori sangat praktis dan layak dugunakan. Hasil uji paired sample t-test juga menunjukkan nilai Sig 0,000 (<0,05), yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar dengan bantuan media e-LKPD berbasis Project Based Learning dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan bantuan media e-LKPD berbasis Project Based Learning. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis Project Based Learning pada muatan pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.

References

Agustini, D., Subagia, I. W., & Suardana, I. N. (2013). Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPA di MTS Negeri Patas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/894.

Aisyah, S., & Astuti, R. (2021). Analisis Mengenai Telaah Kurikulum K-13 pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6120–6125. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1770.

Alawamleh, M., Al-Twait, L. M., & Al-Saht, G. R. (2022). The effect of online learning on communication between instructors and students during Covid-19 pandemic. Asian Education and Development Studies, 11(2), 380–400. https://doi.org/10.1108/AEDS-06-2020-0131.

Aliftika, O., Purwanto, & Utari, S. (2019). Profil keterampilan abad 21 siswa sma pada pembelajaran project based learning (PJBL) materi gerak lurus. WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 141–147. https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/view/20178.

Aminah, N., Amami, S., Wahyuni, I., & Rosita, C. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.35.

Anisa, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607.

Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Pada Materi Keseteimbangan Ion DAN pH Larutan Garam Untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485.

Baran, M., Baran, M., Karakoyun, F., & Maskan, A. (2021). The Influence of Project-Based STEM (PjbL-STEM) Applications on the Development of 21st-Century Skills. Journal of Turkish Science Education, 18(4), 798–815. https://doi.org/10.36681/tused.2021.104.

Efendi, N. M. (2019). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788.

Fitriani, W., Komalasari, E., Adzhani, M., & Nelisma, Y. (2022). Development of Research-Based Modules in Educational Psychology Lectures to Improve Creativity. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3050–3062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2314.

Fitriyah, I. M. ., & Ghofur, M. A. (2021). The Development of Android-Based E-LKPD with Problem Based Learning (PBL) Learning Models to Improve Students’ Critical Thinking. Educative: Journal of Education, 3(5). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.718.

Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.

Hervi, F., & Ristiono, R. (2021). Modul Elektronik (E-Modul) IPA Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) mengenai Materi Sistem Reproduksi pada Manusia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 370–377. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.35425.

Izzah, N., Asrizal, A., & Mufit, F. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Project based Learning dalam Variasi Bahan Ajar Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/SMK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 159–165. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8970.

Kartini, K., & Waridah, W. (2018). Implementasi pembelajaran tematik pada pendidikan anak usia dini Implementation thematic learning early childhood education. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 191–201. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppm.v5i2.23132.

Khairunnisa, K., & Ain, S. Q. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5519–5530. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3198.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193.

Khotimah, R. P., & Sari, M. C. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Menggunakan Konteks Lingkungan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 761. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2909.

Leonard, L. (2015). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643.

Marianti, A., & Rahayuningsih, M. (2022). The Implementation of Project-Based Learning Model with Instagram Media towards Students’ Critical Thiking and Creativity. Unnes Science Education Journal, 11(1), 9–16. https://doi.org/10.15294/USEJ.V11I1.46495.

Muhsinah Annisa, Hariyanti Hamid, K. (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Di Wilayah Pedalaman. Widya Laksana, 5(2), 81–84. https://doi.org/10.23887/jwl.v5i2.9054.

Mustapha, R., Sadrina, Nashir, I. M., Azman, M. N. A., & Hasnan, K. A. (2020). Assessing the implementation of the project-based learning (PJBL) in the department of mechanical engineering at a Malaysian polytechnic. Journal of Technical Education and Training, 12(1 Special Issue), 100–118. https://doi.org/10.30880/jtet.2020.12.01.011.

Novita, R., & Putra, M. (2016). Using Task Like PISA’s Problem to Support Students’ Creativity in Mathematics. Journal on Mathematics Education, 7(1), 31–42. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2815.31-42.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 2247–2255. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.

Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332.

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173.

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 4–14. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3817.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.

Purwanto. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi Dan Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101–3108. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1279.

Putri, W. D., & Rukun, K. (2019). Efektifitas Multimedia Interaktif. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 332–338. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21843.

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717.

Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182.

Rochman JK, A. kus. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Inkuiri Pada Submateri Fotosintesis Untukmeningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. BioEdu. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 663–673. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p663-673.

Sari, Y., Y. (2021). Efektivitas Bahan Ajar Cerita Bergambar Bermuatan Religius terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 175–185. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185.

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597.

Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). Analisis Kebutuhan Guru Smp Mengenai Metode Pembelajaran Flipped Classroom. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 236–242. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3168.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 173–186. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/317.

Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakan Pendekatan Ctl Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Sd. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54.

Utiarahman, T. B. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Berjenjang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 215–222. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.215-222.2019.

Watipah, Y. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501.

Wibowo, T., & Veronica, J. (2022). IT Curriculum for Boot Camp : An Iterative Development In Applying OBE In Computer Science Education for Non-Formal. Journal of Education Technology, 6(4), 598–606. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/download/51343/24581/155984.

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2020). Student Worksheet Based on Surakarta’s Local Wisdom in Primary School: A Preliminary Research. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 4(1), 56–65. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v4i1.49458.

Yansen, D., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Fatimah, S. (2019). Developing PISA-like mathematics problems on uncertainty and data using Asian Games football context. Journal on Mathematics Education, 10(1), 37–46. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5249.37-46.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Tarisna, M. M., Suma, K., & Wibawa, I. M. C. . (2023). Efektifitas E-LKPD Berbasis Project Based Learning pada Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 276–287. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.62088

Issue

Section

Articles