PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

Authors

  • Putu Suparmi SDN 2 Banjar Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan subyek guru-guru di SD Negeri 2 Banjar Bali Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 8 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian selama 3 bulan yaitu Maret sampai dengan Mei 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif terhadap RPP buatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa dengan supervisi akademik tersebut kompetensi  pedagogik guru dalam menyusun RPP mengalami peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan data kualitas RPP guru sebagai berikut: kondisi awal: cukup: 7 orang (87,5%), baik: 1 (12,5%) dan amat baik: tidak ada (0 %); siklus I: cukup: tidak ada (0%), baik: 2 (25%), amat baik 6 ( 75%); Siklus II cukup: tidak ada (0 %), baik:  tidak ada (0 %) dan amat baik: 8 orang (100%). Jadi disimpulkan bahwa Supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bagi guru di SDN 2 Banjar Bali Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng.

 

Kata kunci: kompetensi pedagogik guru, rencana pembelajaran, supervise akademik

References

Argiani, A.R. dan Slameto. 2015. Supervisi Kunjungan Kelas Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Cukil 01, Tengaran, Kabupaten Semarang. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2 (1): 1-11

Astuti, Suhandi. 2016. Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Administrasi Penilaian Di Sd Laboratorium Uksw. Scholaria, Vol. 6, No. 1, 117 – 126.

Bahri, Saiful. 2014. Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Visipena, V (1): 100-112.

Banun Sri Haksasi. 2013.Pelaksanaan Supervisi Akademik Pada SMA Negeri 3 Semarang.Majalah Ilmiah Pawiyatan, (xx):4

Dalawi, Amrazi Zakso, Usman Radiana. 2012. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Bengkayang.S2 AP, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak

Darmawan, I P.A. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Profesionalitas Guru. Prosiding Seminar Nasional PAK II Dan Call For Papers, Tema: Profesionalisme dan Revolusi Mental Pendidik Kristen. Sekolah Tinggi Teologi Simpson

Fadhillah, M. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA.Yogyakarta.Ar-Ruzz Media.

Hamid, A. 2017. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Sdn 007 Panipahan Darat. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 1 Nomor 2.

Harsiwulan, Sihyu Darini . 2017. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengembangkan Silabus melalui Supervisi Akademik Kolaboratif di MI se-Kecamatan Semanu. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 2, Nomor 1.

Merukh, N.E.M. & Sulasmono, B.S. 2016. Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring Bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3 (1): 30-48

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2008, hal. 20

Oviana, Wati. 2018. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Oleh Guru Sd Dan Mi Di Kota Sabang. Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Volume 3 No 2.

Parwati Santi Desak Putu, Dantes Nyoman dan Natajaya Nyoman. 2013. Implementasi Supervisi Akademik dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP pada Guru Matematika Sekolah Dasar Anggota KKG Gugus IV Kecamatan Sukasada.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan GaneshaJurusan Pendidikan Dasar (3)

Prasojo, L.D. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media

Rosilawati, T. 2014. Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, 1 (2): 57-62.

Rukayah. 2018. Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Melalui Supervisi Kelompok Pendekatan Kolaboratif. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Volume: 5, No. 1, Januari-Juni 2018 Halaman: 37-46

Sahertian, Piet. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sormin, Dimpos Yustinus, Biner Ambarita, Sahat Siagian. 2016. Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Materi Pelajaran Teori Musik Melalui Supervisi Akademik Teknik Workshop Di Sma Se-Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan, Vol 3 No. 2

Sujoko, E. 2017. Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berdasarkan Analisis SWOT di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4 (1): 83-96.

Susilawati. 2016. Meningkatkan Kompetensi Menyusun Rpp Tematik Melalui Supervisi Kelompok Pendekatan Kolaboratif Bagi Guru Kelas Rendah. Jurnal Handayani (JH). Vol 6 (1) Desember 2016, hlm. 13-21

Syarif, H.M. 2011. Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Media Akademika, 26 (1): 125-137.

Tryanasari, D., Mursidik, E.M., & Riyanto, E. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Untuk Kelas III Sekolah Dasar Di Kabupaten Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 3 (2): 132-172

Undang-Undang Guru Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Yusak, L. & Darmawan, I P.A. 2017. Supervisi Kepala Sekolah Di SD Negeri Kalongan 02, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur. Prosiding Seminar Nasional PAK II dan Call For Papers, Tema: Profesionalisme dan Revolusi Mental Pendidik Kristen. Sekolah Tinggi Teologi Simpson.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Suparmi, P. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 152–162. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19179