Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD dengan Model Problem-Based Learning Berbasis TPACK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73279Kata Kunci:
PBL, TPACK, minat, hasil belajarAbstrak
Rendahnya minat dan hasil belajar menyebabkan siswa sulit untuk maju dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model PBL berbasis TPACK terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V Gugus VIII sebanyak 7 sekolah sejumlah 226 siswa dan 2 kelas dalam 2 sekolah sekolah dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data penelitian diperoleh dengan metode tes berupa pilihan ganda dan non-tes berupa kuisioner yang telah diuji kelayakannya sebagai alat ukur. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (Anava dan Manova). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat perbedaan minat belajar IPA dan hasil belajar IPA siswa antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis TPACK dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional (F samadengan 227,846, p kurang 0,05). Terdapat perbedaan minat belajar IPA antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis TPACK dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional (F samadengan 244,408, p kurang 0,05). Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis TPACK dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional (F samadengan 20,739, p kurang 0,05). Disimpulkan bahwa model Problem-based Learning (PBL) berbasis TPACK mampu mempengaruhi minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini berimplikasi pada bidang pendidikan dan penelitian bahwa apabila menemukan masalah serupa dapat menggunakan solusi yang sama.
Referensi
Ayu, R. (2023). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi TPACK Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 385–388. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2254.
Baskara, G. W., & Yudiana, K. (2023). Tes Tertulis Berbasis HOTS pada Pembelajaran IPA Menggunakan Google Form Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 416–423. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39223.
Dewi, L. G. D. P., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Self-esteem Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi STEAM dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 335–345. https://doi.org/: 10.23887/jipp.v7i2.61744.
Dharma, P. K. D., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Multimedia Online pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 115–123. https://doi.org/10.23887/JIPP.V5I1.32164.
Dupri, D., Nazirun, N., & SM, N. R. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pendidikan Jasmani. Journal Sport Area, 4(2), 318–326. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3760.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924.
Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15–27. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97.
Hayati, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Tpack Pada Pembelajaran Ipa. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(4), 477–483. https://doi.org/10.51878/science.v2i4.1764.
Herlina, M., Syahfitri, J., & Oktariani, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v10i1.8164.
Hikmah, F., & Radiansyah. (2023). Implementasi Model PBL Dan Pendekatan TPACK Media Interaktif Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 288–296. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i3.237.
Irawan, A. F. (2022). Efektivitas Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, April, 986–988.
Lutfiana, R. F., Zuriah, N., & Saputri, D. K. N. (2023). The TPACK Approach Improves Student Collaboration Skills in 21st-Century Learning. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(2), 274–282. https://doi.org/10.23887/jp2.v6i2.52845.
Maira, W., Raihani, F., & Nurma, N. (2022). Penerapan model project based learning dengan pendekatan TPACK untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VI SD 55/I Sridadi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12313–12321. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10457.
Masfuah, S., Sidiq, D. A. N., & Fakhriyah, F. (2020). Hubungan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Daring. Progres Pendidikan, 1(3), 72–79. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.31.
Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819.
Nopiyanto, Y. E., & Ibrahim, I. (2021). Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Filsafat Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Education And Development, 8(3), 177–181. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2773.
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323.
Nur, N., & Aulia, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis TPACK Terhadap Hasil Belajar Mengidentifikasi Dan Meringkas Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 42 Surabaya. Jurnal BAPALA, 10(4), 251–262.
Octaviana, S., Setiawan Jurusan PGSD, Y., Kristen Satya Wacana Salatiga, U., & Tengah, J. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Kelas Iv Sekolah Dasar Menggunakan Media Powerpoint Berdasarkan Kerangka Kerja Tpack. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1150–1159.
Parwati, N. N., Suharta, I. G. P., & Sudatha, I. G. W. (2023). TPACK Theoretical Correspondence with Learning Variables and Its Application Effectiveness in Learning. Journal of Pedagogy and Education Science, 2(3), 244–256. https://doi.org/10.56741/jpes.v2i03.402.
Pramudya, P. A., & Safrul, S. (2022). Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8131–8138. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3749.
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157.
Risky, M. M. A., & Liana, C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Jenjang Sekolah Menengah Atas Se-Kecamatan Mojoagung. AVATARA: E-Journal Pendidikan Sejarah, 12(1), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/46451.
Rofiq, M. A. (2019). Keefektifan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 1(2), 20–25. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i2.14.
Rusmin Husain, W. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. E-Proceeding Gorontalo University, 1, 1–16. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/EPDP/article/view/702.
Saepuloh, D., Sabur, A., Lestari, S., & Uâ, S. (2021). Improving Students’ Critical Thinking and Self-Efficacy by Learning Higher Order Thinking Skills Through Problem Based Learning Models. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 495–504. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.31029.
Shofwani, S. A., & Rochmah, S. (2021). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Managemen Operasional di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 439–445. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1074.
Sudarta, G. K. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VI. Journal of Education Action Research, 6(2), 221–227. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45826.
Suzani, S. (2022). Hubungan Minat Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa di SD Simpang Renggiang. Journal of Basic Education Research, 2(2), 47–50. https://doi.org/10.37251/jber.v2i2.195.
Wati, T. N., & Nafiah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tpack Pada Siswa Kelas V Upt Sd Negeri Jambepawon 02 Blitar. National Conference for Ummah (NCU), 1(1), 1–16. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/690.
Wiradarma, K., Suarni, N., & Renda, N. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212.
Zhang, Yue, Zhang, X., & Meng, Z. (2024). Effect of interactive immediacy on online learning satisfaction of international students in Chinese universities: The chain mediating role of learning interest and academic engagement. Acta Psychologica, 244, 104202. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104202.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ida Ayu Dian Citra Dewi, I Made Candiasa, Ida Bagus Putu Arnyana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.