Self Regulated Learning dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.75204Kata Kunci:
NHT, Self Regulated, Hasil BelajarAbstrak
Kurangnya inovasi dan kreasi dalam mengajar menjadi masalah pendidikan saat ini. Salah satu akibatnya adalah self regulated dan hasil belajar siswa saat ini rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis self regulated learning dan hasil belajar IPA dengan model Numbered Head Together (NHT). Jenis peneltian adalah eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 101 siswa. Banyaknya sampel berjumlah 81 siswa untuk dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan self regulation learning siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT secara signifikan lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (Fhitung 65,277 lebih dari Ftabel 3,96 dengan signifikansi 0,000 kurang 0,05). Hasil Belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT secara signifikan lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (Fhitung 4,628 lebih dari Ftabel 3,96 dengan signifikansi 0,035 kurang 0,05). Secara simultan kemampuan self regulation learning dan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT secara signifikan lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together memberikan pengaruh yang signifikan terhadap self regulated learning dan Hasil Belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Implikasi penelitian ini adalah terciptanya inovasi dengan menggunakan model NHT yang berdampak pada self regulated dan hasil belajar siswa.
Referensi
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.
Amaliah, R. S., Solihat, A. N., & Widyaningrum, B. (2023). Analys of academic flow , digital literacy and self-regulated learning on academic achievement. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3). https://doi.org/10.55904/educenter.v2i3.925.
Anugraheni, N., & Adistana, G. agus Y. P. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa Kelas X Dpib Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 9(1).
Ayu, A., & Meutia, E. (2020). Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Melalui Creative Art: Teori Dan Aplikasi. Jurnal Islam Hamzah Fansuri, 3(2), 120–131. https://jurnal.kopertais5aceh.or.id/index.php/JIHAF/article/view/199.
Baskoro, R. A. (2021). The Comparison of Numbered Head Together Learning Models and Think Pair Share in terms of Elementary School Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 4(4), 549–557. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i4.32568.
Borioni, F., Biino, V., Tinagli, V., & Pesce, C. (2022). Effects of baby swimming on motor and cognitive development: a pilot trial. Perceptual and Motor Skills, 129(4). https://doi.org/10.1177/0031512522109020.
Dewi, L. G. D. P., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Self-esteem Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi STEAM dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 335–345. https://doi.org/: 10.23887/jipp.v7i2.61744.
Ertin, L. K. N., Bunga, Y. N., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(3), 9. https://doi.org/10.55241/spibio.v2i3.38.
Hart, C., Da Costa, C., D’Souza, D., Kimpton, A., & Ljbusic, J. (2021). Exploring higher education students’ critical thinking skills through content analysis. Thinking Skills and Creativity, 41(May), 100877. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100877.
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682.
Khan, N. A., Khan, A. N., Soomro, M. A., & Khan, S. K. (2020). Transformational leadership and civic virtue behavior: Valuing act of thriving and emotional exhaustion in the hotel industry. Asia Pacific Management Review, 25(4), 216–225. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2020.05.001.
Khusna, A., & Madiun, M. A. N. (2023). Application of the Number Head Together Learning Model to Improve Student Learning Achievement. Indonesian Journal of Advanced Research, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.55927/ijar.v2i1.3087.
Kristanto, A., & Pradana, H. D. (2022). Mengembangkan Kemampuan Self-Regulated Learning Bidang Metakognisi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 518–524. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.44331.
Lase, M. T. & N. K. L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas IX fyzSMP Negeri 6 Lahewa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 512–520. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18351.
Marheni, L. D., & Djami, C. B. N. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri SALATIGA 02. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 119–126. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1867.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
Mukmin, M., Ilhamdi, M. L., & Husniati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SDN 4 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 14(2), 1–4. https://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/133.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 3(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432.
Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124–5129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3050.
Oktaviani, T., Sulistya Dewi, E. R., & . K. (2019). Penerapan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar Ilmu, 24(1), 47. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409.
Perdana, D. N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 6(1), 63–69. https://doi.org/10.36057/jips.v6i1.524.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9, 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 831–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407.
Raković, M., Bernacki, M. L., Greene, J. A., Plumley, R. D., Hogan, K. A., Gates, K. M., & Panter, A. T. (2022). Examining the critical role of evaluation and adaptation in self-regulated learning. Contemporary Educational Psychology, 68, 102027. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2021.102027.
Rapanta, C. (2021). Can teachers implement a student-centered dialogical argumentation method across the curriculum? Teaching and Teacher Education, 105(September 2021), 103404.1-14. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103404.
Reskiani, R., & Supriadi, S. (2020). Implementation of Advance Organizer Learning Model Based on Numbered Heads Together (NHT) to Improve Learning Outcomes of Students in 11th Grade Science on Buffer at SMAN 2 Balaesang. Jurnal Akademika Kimia, 9(3), 176–182. https://doi.org/10.22487/j24775185.2020.v9.i3.pp176-182.
Rostika, D., & Prihantini, P. (2019). Pemahaman Guru Tentang Pendekatan Saintifik Dan Implikasinya Dalam Penerapan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Edu Humaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1). https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.14443.
Sarmurzin, Y., Amanzhol, N., Toleubayeva, K., Zhunusova, M., & Amanova, A. (2021). The impact of OECD research on the education system of Kazakhstan. Asia Pacific Education Review, 22(4), 757–766. https://doi.org/10.1007/s12564-021-09715-8.
Sudarta, G. K. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VI. Journal of Education Action Research, 6(2), 221–227. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45826.
Sudewiputri, M. P., & Dharma, I. M. A. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 427. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38900.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulastri, S. (2020). Peningkatan Kemandirian Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas V SDN 43 Rejang Lebong. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 46–51. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.46-51.
Suratmi, S., Laihat, L., & Santri, D. J. (2018). Development of Teaching Materials Based on Local Excellences of South Sumatera for Science Learning in Elementary School. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 4(1), 35. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3336.
Surya putra, P. B., & Rahayu, T. S. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Tematik Muatan Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1082–1089. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.592.
Theobald, M. (2021). Self-regulated learning training programs enhance university students’ academic performance, self-regulated learning strategies, and motivation: A meta-analysis. Contemporary Educational Psychology, 66, 101976. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2021.101976.
Wati, N. K. S., & Suarni, N. K. (2020). Social Studies Learning with Numbered Head Together Model Improves Learning Outcomes Viewed from Student Learning Motivation. International Journal of Elementary Education, 4(2), 244–254. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.25250.
Wijayanti, N. W., Roemintoyo, R., & Murwaningsih, T. (2017). The Impact of Numbered Heads Together Model on the Learning Outcomes of Science Viewed from Students’ Self Regulated Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(3), 257–261. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i3.5838.
Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 I Ketut Eli Wartama, I Made Ardana, Ni Ketut Suarni
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.