Hasil Belajar Materi Kesehatan PJOK Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • I Made Karmawan AP Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. K. B. Astra Universitas Pendidikan Ganesha
  • M. A. Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30891

Keywords:

PJOK, Hasil Belajar, Materi Kesehatan

Abstract

Adanya pandemi covid-19 menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan maksimal, dan mengalami berbagai macam kendala dalam pelaksanaanya, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar materi kesehatan PJOK peserta didik SMP Kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Populasi penelitian ini berjumlah sebanyak 315 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling. Sampel terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII A, kelas VIII C, kelas VIII D, dan kelas VIII F, dengan jumlah sebanyak 127 peserta didik. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh melalui kuisioner daring dengan bantuan Google Form mengenai hasil belajar materi kesehatan yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda dengan materi kesehatan pada sub materi seks bebas, penyakit menular, kesehatan pribadi dan NAPZA. Data dianalisis berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif-kualititif dengan bantuan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar materi kesehatan PJOK peserta didik SMP kelas VIII yaitu sebesar 48,82% dengan kategori sangat tinggi. Hasil ini menunjukkkan bahwa hasil belajar siswa maish berada dalam kategori cukup baik walaupun dalam kondisi pembelajaran daring.

 

Author Biography

I Made Karmawan AP, Universitas Pendidikan Ganesha

prodi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi, jurusan pendidikan olahraga, fakultas olahraga dan kesehatan , universitas pendidikan ganesha

References

Anggriawan, R. (2020). Preschool Teachers’ Perspectives and Challenges in Online Teaching and Learning During COVID-19 Pandemic in Indonesia. In 12th Annual Conference Indonesia Focus 2020.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.

Bachruddin, W., Kalalo, F., & Kundre, R. (2017). Pengaruh Penyuluhan Tentang Bahaya Seks Bebas terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Seks Bebas di SMA Negeri Binsus 9 Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1), 110631.

Bakia, M., Shear, L., Toyama, Y., & Lasseter, A. (2012). Understanding the Implications of Online Learning for Educational Productivity. Educational Technology, 1–75. Retrieved from http://ctl.sri.com/publicatio%0Ans/displayPublication.jsp?ID=913

Betaubun, S. L., Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Purwanty, R., & Tembang, Y. (2018). Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesehatan. Musamus Journal of Primary Education, 1(1), 001-012. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i1.843

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID -19 Pandemic. in Prospects, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11125 - 020 - 09464 - 3

Ermi, N. (2015). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal SOROT, 10(2), 155 – 168. https://doi.org/10.31258/sorot.10.2.155-168

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Hamidaturrohmah, & Mulyani, T. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi Era Pandemi Covid-19. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 247–278. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7907

Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 184–207. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417

Hartanti, M. D., Nurhasan, & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sirkuit Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Dribble dan Shooting Bola Basket. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 1–10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8614.g6741

Hendaryati, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan melalui Team Games Tournament Learning (Uno Stacko Challenge). JURNAL PROMOSI, 7(1), 7–12. https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2034

Herliandry, L. D. D. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1).

Iriani, D. (2014). 101 Kesalahan dalam Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Juniardi, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket melalui Pendekatan Bermain. ,. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(1), 23–28.

Kumalasari, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi Akademik dan Kepuasan Belajar Daring di Masa Pandemi COVID -19 : Peran Mediasi Kesiapan Belajar Daring. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 353–368. https://doi.org/0.30996/persona.v 9 i 2 . 4139

Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2020). Efektivitas Online Learning t erhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311–318. https://doi.org/10.31331/medivesveteran. v4i2.1199

Lapada, A. A., Miguel, F. F., Robledo, D. A. R., & Alam, Z. F. (2020). Teachers’ Covid-19 Awareness, Distance Learning Education Experiences and Perceptions towards Institutional Readiness and Challenges. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(6), 127–144. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.6.8

Lelan Takaeb, A. E., Ndun, H. N. J., & Ndoen, E. M. (2019). Upaya Integrasi Pencegahan Penyakit Menular Pada Anak Usia Dini. Gemassika : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 151. https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i2.417

Lestari, A., & Gunawan. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(2), 58–63.

Mertia, E. N., Hidayat, T., & Yuliadi, I. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan Seksualitas dan Kualitas Komunikasi Orangtua Dan Anak dengan Perilaku Seks Bebas pada Remaja Siswa-Siswi Man Gondangrejo Karangnyar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 51–52. https://doi.org/10.13057/wacana.v3i2.40

Murni. (2017). Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Psikososial pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 19–33.

Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839

Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343

Samiudin. (2017). Pentingnya Memahami Perkembangan Anak untuk Menyesuaikan Cara Mengajar yang Diberikan. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 12(1), 1–9.

Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v9i2.3017

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa terhadap pembelajaran Daring PJOK selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) Di Man 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229.

Yazid, M., & Ernawati, A. (2020). Hasil Belajar Siswa di MI Nw Pancor Kopong pada Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 205–209. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.661

Yulianto, S., Roesdiyanto, & Sugiharto. (2017). Analisis Perubahan Kurikulum pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(1), 130–140.https://doi.org/10.17977/jp.v2i1.8477

Downloads

Published

2021-01-19

How to Cite

AP, I. M. K., B. Astra, I. K., & Wijaya, M. A. (2021). Hasil Belajar Materi Kesehatan PJOK Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 25–32. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30891

Issue

Section

Articles