Hasil Belajar Materi Kesehatan PJOK Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30891Keywords:
PJOK, Hasil Belajar, Materi KesehatanAbstract
Adanya pandemi covid-19 menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan maksimal, dan mengalami berbagai macam kendala dalam pelaksanaanya, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar materi kesehatan PJOK peserta didik SMP Kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Populasi penelitian ini berjumlah sebanyak 315 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling. Sampel terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII A, kelas VIII C, kelas VIII D, dan kelas VIII F, dengan jumlah sebanyak 127 peserta didik. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh melalui kuisioner daring dengan bantuan Google Form mengenai hasil belajar materi kesehatan yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda dengan materi kesehatan pada sub materi seks bebas, penyakit menular, kesehatan pribadi dan NAPZA. Data dianalisis berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif-kualititif dengan bantuan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar materi kesehatan PJOK peserta didik SMP kelas VIII yaitu sebesar 48,82% dengan kategori sangat tinggi. Hasil ini menunjukkkan bahwa hasil belajar siswa maish berada dalam kategori cukup baik walaupun dalam kondisi pembelajaran daring.
References
Anggriawan, R. (2020). Preschool Teachers’ Perspectives and Challenges in Online Teaching and Learning During COVID-19 Pandemic in Indonesia. In 12th Annual Conference Indonesia Focus 2020.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.
Bachruddin, W., Kalalo, F., & Kundre, R. (2017). Pengaruh Penyuluhan Tentang Bahaya Seks Bebas terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Seks Bebas di SMA Negeri Binsus 9 Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1), 110631.
Bakia, M., Shear, L., Toyama, Y., & Lasseter, A. (2012). Understanding the Implications of Online Learning for Educational Productivity. Educational Technology, 1–75. Retrieved from http://ctl.sri.com/publicatio%0Ans/displayPublication.jsp?ID=913
Betaubun, S. L., Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Purwanty, R., & Tembang, Y. (2018). Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesehatan. Musamus Journal of Primary Education, 1(1), 001-012. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i1.843
Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833
Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID -19 Pandemic. in Prospects, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11125 - 020 - 09464 - 3
Ermi, N. (2015). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal SOROT, 10(2), 155 – 168. https://doi.org/10.31258/sorot.10.2.155-168
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Hamidaturrohmah, & Mulyani, T. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi Era Pandemi Covid-19. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 247–278. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7907
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 184–207. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417
Hartanti, M. D., Nurhasan, & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sirkuit Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Dribble dan Shooting Bola Basket. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 1–10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8614.g6741
Hendaryati, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan melalui Team Games Tournament Learning (Uno Stacko Challenge). JURNAL PROMOSI, 7(1), 7–12. https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2034
Herliandry, L. D. D. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1).
Iriani, D. (2014). 101 Kesalahan dalam Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Juniardi, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket melalui Pendekatan Bermain. ,. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(1), 23–28.
Kumalasari, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi Akademik dan Kepuasan Belajar Daring di Masa Pandemi COVID -19 : Peran Mediasi Kesiapan Belajar Daring. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 353–368. https://doi.org/0.30996/persona.v 9 i 2 . 4139
Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2020). Efektivitas Online Learning t erhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311–318. https://doi.org/10.31331/medivesveteran. v4i2.1199
Lapada, A. A., Miguel, F. F., Robledo, D. A. R., & Alam, Z. F. (2020). Teachers’ Covid-19 Awareness, Distance Learning Education Experiences and Perceptions towards Institutional Readiness and Challenges. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(6), 127–144. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.6.8
Lelan Takaeb, A. E., Ndun, H. N. J., & Ndoen, E. M. (2019). Upaya Integrasi Pencegahan Penyakit Menular Pada Anak Usia Dini. Gemassika : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 151. https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i2.417
Lestari, A., & Gunawan. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(2), 58–63.
Mertia, E. N., Hidayat, T., & Yuliadi, I. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan Seksualitas dan Kualitas Komunikasi Orangtua Dan Anak dengan Perilaku Seks Bebas pada Remaja Siswa-Siswi Man Gondangrejo Karangnyar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 51–52. https://doi.org/10.13057/wacana.v3i2.40
Murni. (2017). Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Psikososial pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 19–33.
Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343
Samiudin. (2017). Pentingnya Memahami Perkembangan Anak untuk Menyesuaikan Cara Mengajar yang Diberikan. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 12(1), 1–9.
Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v9i2.3017
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa terhadap pembelajaran Daring PJOK selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) Di Man 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229.
Yazid, M., & Ernawati, A. (2020). Hasil Belajar Siswa di MI Nw Pancor Kopong pada Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 205–209. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.661
Yulianto, S., Roesdiyanto, & Sugiharto. (2017). Analisis Perubahan Kurikulum pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(1), 130–140.https://doi.org/10.17977/jp.v2i1.8477
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)