Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Berbasis Olahraga Rekreatif TP. Bola Kecil dan Permainan Anak

Authors

  • Iqbal Habibulloh Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Wahjoedi Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Made Agus Wijaya Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.52449

Keywords:

Pengembangan Karakter Mahasiswa, Berbasis Olahraga Rekreatif TP, Bola Kecil dan Permainan Anak

Abstract

Kualitas sumber daya manusia saat ini masih kurang, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah menganalisis hasil dari pengembangan karakter mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi berbasis olahraga rekreatif  TP. bola kecil dan permainan anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan google form. Penentuan untuk besaran sampel peneliti menggunakan tabel Krejcie dan Morgan, jumlah sampel sebanyak 92 orang. Berdasarkan hasil analisis data pengembangan karakter mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi berbasis olahraga rekreatif  TP. bola kecil dan permainan anak, berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 89 orang (96,74%) berada pada kategori tinggi sebanyak 3 orang (3,26%), dan berada pada kategori sedang sebanyak 0 orang (0,00%) pada kategori rendah 0 orang (0,00%) dan Pada kategori sangat rendah 0 orang (0,00%). Adapun skor rata dari hasil kuisioner mahasiswa terkait indikator karakter adalah 115,97 berada pada rentang kategori sangat tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa pengembangan karakter mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi berbasis olahraga rekreatif  TP. bola kecil dan permainan anak memiliki tingkat keberhasilan dan nilai yang sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dengan jumlah mahasiswa sebesar 89 orang dengan persentase 96,74% dengan skor rata rata pengembangan karakter berbasis olahraga rekreatif TP. Bola kecil dan permainan anak adalah 115,97 berkategori sangat tinggi.

References

Kualitas sumber daya manusia saat ini masih kurang, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah menganalisis hasil dari pengembangan karakter mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi berbasis olahraga rekreatif TP. bola kecil dan permainan anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan google form. Penentuan untuk besaran sampel peneliti menggunakan tabel Krejcie dan Morgan, jumlah sampel sebanyak 92 orang. Berdasarkan hasil analisis data pengembangan karakter mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi berbasis olahraga rekreatif TP. bola kecil dan permainan anak, berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 89 orang (96,74%) berada pada kategori tinggi sebanyak 3 orang (3,26%), dan berada pada kategori sedang sebanyak 0 orang (0,00%) pada kategori rendah 0 orang (0,00%) dan Pada kategori sangat rendah 0 orang (0,00%). Adapun skor rata dari hasil kuisioner mahasiswa terkait indikator karakter adalah 115,97 berada pada rentang kategori sangat tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa pengembangan karakter mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi berbasis olahraga rekreatif TP. bola kecil dan permainan anak memiliki tingkat keberhasilan dan nilai yang sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dengan jumlah mahasiswa sebesar 89 orang dengan persentase 96,74% dengan skor rata rata pengembangan karakter berbasis olahraga rekreatif TP. Bola kecil dan permainan anak adalah 115,97 berkategori sangat tinggi.

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

Habibulloh, I., Wahjoedi, & Made Agus Wijaya. (2023). Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Berbasis Olahraga Rekreatif TP. Bola Kecil dan Permainan Anak. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 270–275. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.52449

Issue

Section

Articles