Model pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bolavoli
Keywords:
NHT, Minat Belajar, Hasil Belajar, BolavoliAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu peserta didik tidak memiliki keaktifan dalam mengikuti proses pembelajaran dan cenderung lebih menyukai pembelajaran yang bersifat berkelompok dalam memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar bolavoli. Penelitian ini termasuk quasi experimental dengan desain treatment by level 2×2. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA sampelnya ditarik dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes objektif dan tes observasi, sedangkan data minat belajar dikumpulkan menggunakan angket. Data dianalisis dengan Two Ways Anova menggunakan program SPSS IBM 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar bolavoli. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik dari pada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Adanya interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar. Pada kelompok minat belajar tinggi, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada kelompok minat belajar rendah, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dipa Pratama; Wahjoedi, Syarif Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)