Studi Etnografi Permainan Tradisional Gangsing di Desa Catur Desa Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng

Authors

  • Ximon Raja Gautama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Wahjoedi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.60548

Keywords:

Etnografi, Permainan Tradisional, Gangsing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi etnografi permainan tradisional gangsing di Catur Desa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ditinjau dari indikator informasi profil dan sejarah permainan gangsing dan cara bermain gangsing, bentuk gangsing, dan ukuran gangsing di Desa Kayu Putih. Populasi dalam penelitian adalah semua masyarakat yang terlibat dalam permainan tradisional gangsing. Teknik pengambilan data menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan dianalisis melalu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: studi etnografi permainan tradisional gangsing di Catur Desa adalah sejarah yang sangat panjang dan tidak ada catatan dan hanya di ketahui dari cerita generasi ke generasi. Pemain yang pernah mendapatkan juara yaitu: kadek suparta, Kadek Arianto, Nyoman Wijaya, Putu Nonik, Kadek Setiawan, Komang Sudiadnyana, Komang Suriawan, Gede Prengky. Gangsing di Catur Desa ada dua jenis yaitu gangsing botol berukuran 13 cm sampai 16 cm keliling, kedua ada gangsing ceper yaitu berukuran 45 cm sampai 66 cm keliling, bahan pembuatan berasal dari kayu jambu biji, kayu kopi, kesambi, dan kayu jeruk. Cara bermain gangsing adalah tali gangsing dililitkan di kepala gangsing lalu ujung satunya di injak supaya tali kencang kemudian gangsing yang sudah terlilit bisa di putar/dilecutkan dengan kaki terkuat sebagai tumpuan. Untuk peraturan permainan gangsing itu bisa menyesuaikan pada saat perlombaan sesuai dengan kesepakatan yang sudah di diskusikan. Sarana dan prasarana yaitu lapangan yang sudah di asah/diratakan permukaan tanahny, meja gangsing, papan skor, papan jadwal pertandingan, jam dinding, gangsing, tali gangsing, amplas, pluit, spidol, daun pucuk, lem G, kikir besar, timbangan, dan meteran.

References

Dermawan, W., Purnama, C., & Mahyudin, E. (2020). Penguatan “ Kaulinan Barudak Sunda ” sebagai permainan tradisional di Kecamatan Jatinangor Strengthening " Kaulinan Barudak Sunda " as a traditional game in Jatinangor District. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/jppm.v7i1.28798.

Hadjarati, H., Dai, A., & Haryanto, A. I. (2021). Permainan Tradisional Daerah Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.33485.

Hayati, S. N., & Hibana. (2021). Reaktualisasi Permainan Tradisional untuk Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Pelita PAUD, 5(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1344.

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823–834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310.

Jayendra, P. S., Sudarmawan, I. W. E., & Amir, F. L. (2019). Peranan Kelompok Kayoman Pedawa Dalam Merevitalisasi Potensi Wisata Kecamatan Banjar , Kabupaten Buleleng the Role of Kayoman Pedawa Group in the Revitalization of Tourism Potential Based on Local Wisdom in Pedawa Village , Kecamatan Banjar , Buleleng Dis. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 10(1), 22–43.

Latif, M., Faozi, F., Bakhri, R. S., Harja, F., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sman 1 Cikembar. Physical Activity Journal, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2005.

Lubis, A. E., Fahmi, M., Mawardinur, M., Azandi, F., & Nugroho, A. (2021). Sosialisasi Permainan Tradisional Untuk Siswa SD di SDN 104202 Bandar Setia. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(2 SE-), 165–171. https://doi.org/10.46306/jub.v1i2.32.

M. Rifa’i. (2017). Etnografi Komunikasi Ritual Tingkeban Neloni dan Mitoni Studi Etnografi Komunikasi Bagi Etnis Jawa di Desa Sumbersuko( )Kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan. Ettisal Journal of Communication, 2(1). https://doi.org/10.21111/ettisal.v2i1.1411.

Mardika, I. P., & Yuniati, K. (2022). Komunikasi Budaya dalam Pemertahanan Permainan Megangsing di Catur Desa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Communicare, 3(1). https://doi.org/10.55115/communicare.v3i1.2144.

Nainggolan, D. H., Sidabalok, N. E., & Aritonang, E. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Elektriese: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro, 12(01), 1–6. https://doi.org/10.47709/elektriese.v12i01.1552.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2). https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11405.

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah, 4(1), 49–56.

Rahayu, E. D., & Firmansyah, G. (2019). Pengembangan Permainan Tradisional Lompat Tali Untuk Meningkatkan Kinestetic Intelegency Pada Anak Usia 11-12 Tahun. Jendela Olahraga, 4(2), 8–12. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.3611.

Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01.

Rusita, A. H., Sarmidi, H., & Erliana, M. (2020). Minat Peserta Didik Kelas Vii Smpn 3 Martapura Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dengan Permainan Tradisional. Stabilitas: Jurnal P Endidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 74–79. Retrieved from http://jtam.ulm.ac.id/index.php/mpj/article/view/488.

Saputri, V. A., & Purwadi, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Pada Kelompok B Di Ra Taqwal Ilah Semarang. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1654.

Setiani, R. E. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional Dalam Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Di Tk Negeri Pembina 2 Purwokerto. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1963.

Suartika, I. W., Putra, I. M. D. K. U., & Mahendra, I. W. A. (2022). Naga Di Kandang Barong : Kedermawanan Sosial Melalui Permainan Tradisional Megangsingan Pada Komunitas Tionghoa Di Pupuan, Tabanan, Bali. Jurnal Widya Citra, 4(2). https://doi.org/10.10101/juwitra.v4i2.1879.

Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Kemampuan Geometri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 57–63. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.4.1.57-63.

Supratman, L. P., & Rafiqi, A. (2016). Kajian Etnografi Komunikasi Pada Gaya Berkomunikasi Komunitas Hansamo Modern Dance Boys Di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.24198/jkk.v4i1.7852.

Susanto Ferawati, Bahtiyar Listianingsih, H. (2019). Model Pembelajaran Akuatik Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Berenang Siswa Sekolah Dasar. Elementary School, 6(1), 96–104.

Syahputra, R., Saifuddin, S., & Ifwandi, I. (2017). Pengaruh Latihan Olahraga Hadang Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi.

Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521.

Wardika, I. N. (2019). Penerapan Permainan Tradisional untuk mengatasi kejenuhan Belajar PJOK. Jear: Journal of Educational Action Research, 3(3). https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17377.

Wariyanti. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Dalam Mengembangkan Motorik Dan Sosial Emosional Anak. ASGHAR : Journal of Children Studies, 1(2), 152–163.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Gautama, X. R., & Wahjoedi. (2023). Studi Etnografi Permainan Tradisional Gangsing di Desa Catur Desa Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 212–217. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.60548

Issue

Section

Articles