Studi Etnografi Permainan Tradisional Gangsing di Desa Kayuputih Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.60509Keywords:
Etnografi, Permainan Tradisional, GangsingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi etnografi permainan tradisional gangsing di Desa Kayuputih, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ditinjau dari indikator informasi profil dan sejarah permainan gangsing dan cara bermain gangsing, bentuk gangsing, dan ukuran gangsing di Desa Kayu Putih. Populasi dalam penelitian adalah semua masyarakat yang terlibat dalam permainan tradisional gangsing. Teknik pengambilan data menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan dianalisis melalu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: studi etnografi permainan tradisional gangsing di Desa Kayuputih adalah sejarah yang sangat panjang dan tidak ada catatan dan hanya di ketahui dari cerita generasi ke generasi. Gangsing di Desa Kayuputih ada dua jenis yaitu gangsing botol berukuran 13 cm sampai 16 cm keliling, kedua ada gangsing ceper yaitu berukuran 45 cm sampai 66 cm keliling, bahan pembuatan berasal dari kayu jambu biji, kayu kopi, kesambi, dan kayu jeruk. Cara bermain gangsing adalah tali gangsing dililitkan di kepala gangsing lalu ujung satunya di injak supaya tali kencang kemudian gangsing yang sudah terlilit bisa di putar/dilecutkan dengan kaki terkuat sebagai tumpuan. Untuk peraturan permainan gangsing itu bisa menyesuaikan pada saat perlombaan sesuai dengan kesepakatan yang sudah di diskusikan. Sarana dan prasarana yaitu lapangan yang sudah di asah/diratakan permukaan tanahny, meja gangsing, papan skor, papan jadwal pertandingan, jam dinding, gangsing, tali gangsing, amplas, pluit, spidol, daun pucuk, lem G, kikir besar, timbangan, dan meteran.
References
Andriyani, A. C., Ulya, H., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Model Role Playing dengan Permainan Tradisional Pasaran terhadap Kemampuan Numerik Siswa. MANAZHIM: JUrnal Manajeman Dan Ilmu Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2938.
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59.
Hanief, Y. N., Mashuri, H., & Subekti, T. B. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga JPJO, 3(2), 161–166. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12414.
Hasmawaty. (2020). Penerapan Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak di TK Sahabat Anugrah Kabupaten Gowa. JURNAL PENDAIS, 2(1), 13–34.
Hayati, S. N., & Hibana. (2021). Reaktualisasi Permainan Tradisional untuk Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Pelita PAUD, 5(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1344.
Kurniawan, M. R. (2018). Permainan tradisional Yogyakarta sebagai sumber belajar alternatif berbasis kearifan lokal bagi pembelajaran di sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 98–111. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2697.
Lindawati, Y. I. (2019). Permainan Tradisional Gorontalo dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 5(1), 13–24.
M. Rifa’i. (2017). Etnografi Komunikasi Ritual Tingkeban Neloni dan Mitoni Studi Etnografi Komunikasi Bagi Etnis Jawa di Desa Sumbersuko( )Kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan. Ettisal Journal of Communication, 2(1). https://doi.org/10.21111/ettisal.v2i1.1411.
Mardika, I. P., & Yuniati, K. (2022). Komunikasi Budaya dalam Pemertahanan Permainan Megangsing di Catur Desa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Communicare, 3(1). https://doi.org/10.55115/communicare.v3i1.2144.
Pangestuti, W., & Raharjo, A. (2017). Survei Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Aktivitas Permainan Tradisional (Tunagrahita). Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 6(1), 73–78. https://doi.org/10.15294/active.v6i1.13258.
Pradiptha, I. P. A., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 27–35. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.
Putra, I. W. W. E., Wiranatha, A. A. K. A. C., & Piarsa, I. N. (2016). Rancang Bangun Game Tradisional “Adu Gasing” pada Platform Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 4(2), 178–187.
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011–1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502.
Rasvani, N. L. A., & Wulandari, I. G. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi MaCa ( Materi Pecahan ) Berorientasi Teori Belajar Ausubel Muatan Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32032.
Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelas IV Sd 091526. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449–455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.56 8.
Setiani, R. E. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional Dalam Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Di Tk Negeri Pembina 2 Purwokerto. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1963
Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139.
Suartika, I. W., Putra, I. M. D. K. U., & Mahendra, I. W. A. (2022). Naga Di Kandang Barong : Kedermawanan Sosial Melalui Permainan Tradisional Megangsingan Pada Komunitas Tionghoa Di Pupuan, Tabanan, Bali. Jurnal Widya Citra, 4(2). https://doi.org/10.10101/juwitra.v4i2.1879.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Supratman, L. P., & Rafiqi, A. (2016). Kajian Etnografi Komunikasi Pada Gaya Berkomunikasi Komunitas Hansamo Modern Dance Boys Di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.24198/jkk.v4i1.7852.
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192.
Wariyanti. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Dalam Mengembangkan Motorik Dan Sosial Emosional Anak. ASGHAR : Journal of Children Studies, 1(2), 152–163.
Warmansyah, J. (2020). Program Intervensi Kembali Bersekolah Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 743. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.573.
Widodo, P., & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan model permainan tradisional untuk membangun karakter pada siswa SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 183. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.7215.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.
Yogantara, P. E., Adi, I. P. P., & Satyawan, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Bola Voli pada Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI Seririt Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Jasmani , Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33889.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ida bagus sharas cahyadhi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)