Hasil Belajar PJOK Materi Passing Atas Bolavoli Peserta Didik Kelas IX E Meningkat Melalui Metode Part And Whole Berbantuan Feedback Visual

Authors

  • Agus Wahyu Swiartha Adi Saputra Agus Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Kanca
  • Made Agus Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v11i1.57240

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PJOK materi passing atas bola voli peserta didik kelas IX E SMP Negeri 4 Negara meningkat melalui implementasi metode part and whole  berbantuan feedback  visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Negara yang berjumlah 30 peserta didik terdiri dari 13 orang peserta didik laki-laki dan 17 orang peserta didik perempuan. Instrumen penelitian ini terdiri atas tes uraian dan pilihan ganda untuk aspek pengetahuan dan tes unjuk kerja untuk aspek keterampilan. Data dianalisis menggunakan deskripsi persentase. Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I, terdapat 13 orang (43,33%) peserta didik tuntas, sedangkan hasil belajar keterampilan pada siklus I terdapat 18 orang (60%) peserta didik tuntas. Pada siklus II, hasil belajar aspek pengetahuan mencapai 30 orang (100%) peserta didik tuntas, sedangkan aspek keterampilan 30 orang (100%) peserta didik tuntas. Berdasarkan analisa data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah hasil belajar PJOK materi passing atas bola voli peserta didik kelas IX  SMP Negeri 4 Negara meningkat melalui implementasi metode part and whole  berbantuan feedback  visual. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, Disarankan pada guru PJOK kelas IX dapat mengimplementasi Metode Part And Whole  Berbantuan Feedback  Visual di kelas IX SMP Negeri 4 Negara pada pembelajaran PJOK Materi Passing Atas Bola Voli karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar

matematika peserta didik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Ahmadi. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: Era Pustaka Utama.

Asyarif, H. (2015). Pengaruh Metode Bagian Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bolavoli

Mini Peserta Didik Sdn Aengdake 1 Kecamatan Bluto Tahun Pelajaran

/2015 (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sumenep).

Azizah, I. M. A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional

Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya Di Kelas Iv Min Ngronggot

Nganjuk. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial

Keagamaan, 16(2), 279-308.

Efriwaldi, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Part and Whole untuk Meningkatkan

Hasil Belajar PJOK Pada Materi Pencak Silat Peserta didik SMK Negeri 2 Merangin

Provinsi Jambi. Jurnal JPDO, 3(7), 1-13.

Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil

Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota

Bekasi. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 33-38.

Jiwa, I. K. (2019). Penerapan Metode Belajar Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Penjaskes Materi Senam Lantai (Lompat Kangkang). Jurnal Pedagogi dan

Pembelajaran, 2(1), 65-71.

Jiwa, I. K. (2019). Penerapan Metode Belajar Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Penjaskes Materi Senam Lantai (Lompat Kangkang). Jurnal Pedagogi dan

Pembelajaran, 2(1), 65-71

Kanca. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Buku Ajar.

Singaraja : Fakultas Olahrga dan Kesehatan.

Lutan, Rusli, dkk. (1995). Dasar-dasar Kepelatihan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan. Sugiyanto. (1995). Surakarta: UNS Press.

Maula, M., & Rustopo, R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A

Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas IV SD. Malih Peddas

(Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(2).

Nanik Lestari, Nurul. (2013). Pengaruh Metode Part and Whole Terhadap Hasil Belajar

Teknik Dasar Servis Bawah Bolavoli Pada Peserta didik Kelas VII A SMP N 1 Pacitan

Tahun Pelajaran 2013/2014. Pacitan: STKIP .

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta didik Kelas Iv Sd Negeri 79

Pekanbaru”. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 7, Nomor 2

(hlm 204-210).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar

peserta didik. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah,

(1), 171.

Ratnaningsih, R., & Zaky, L. M. (2021). Meningkatkan kemampuan teknik dasar service atas

bola voli menggunakan model pembelajaran part and whole. Altius: Jurnal Ilmu

Olahraga dan Kesehatan, 10(2), 181-190.

Rizki, M. Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Memberi Umpan Balik Guru Pendidikan

Jasmani dan Kesehatan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Journal of

Sportif, 2(1), 72-86.

Seruni, S., & Hikmah, N. (2015). Pemberian umpan balik dalam meningkatkan hasil belajar

dan minat belajar mahapeserta didik. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3).

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model

pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com).

Widijoto, H. (2010). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan

Kesehatan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Winarno ,M.E (2013). Penerapan Metode Part-Whole Untuk Meningkatkan Keterampilan

Senam Ketangkasan Gerakan Round-Off Pada Peserta didik Kelas Xi Rpl-3 Smk

Negeri 5 Malang . Jurnal Universitas Negeri Malang.

Yoda, I. K., Sudarmada, I. N., & Giri, M. K. W. (2017, November). Implementasi Metode

Pembelajaran Reciprocal Berbantuan FEEDBACK VISUAL Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Keterampilan Pukulan Backhand Tenis Mahapeserta didik Jurusan Ilmu

Keolahragaan Semester Iv. In Seminar Nasional Pendidikan Olahraga (Vol. 1, No. 1,

Pp. 581-592).

Yudiari, M. M., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI

Berbantuan Media Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas

V. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles