Hasil Belajar PJOK Materi Passing Atas Bolavoli Peserta Didik Kelas IX E Meningkat Melalui Metode Part And Whole Berbantuan Feedback Visual
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v11i1.57240Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PJOK materi passing atas bola voli peserta didik kelas IX E SMP Negeri 4 Negara meningkat melalui implementasi metode part and whole berbantuan feedback visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Negara yang berjumlah 30 peserta didik terdiri dari 13 orang peserta didik laki-laki dan 17 orang peserta didik perempuan. Instrumen penelitian ini terdiri atas tes uraian dan pilihan ganda untuk aspek pengetahuan dan tes unjuk kerja untuk aspek keterampilan. Data dianalisis menggunakan deskripsi persentase. Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I, terdapat 13 orang (43,33%) peserta didik tuntas, sedangkan hasil belajar keterampilan pada siklus I terdapat 18 orang (60%) peserta didik tuntas. Pada siklus II, hasil belajar aspek pengetahuan mencapai 30 orang (100%) peserta didik tuntas, sedangkan aspek keterampilan 30 orang (100%) peserta didik tuntas. Berdasarkan analisa data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah hasil belajar PJOK materi passing atas bola voli peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Negara meningkat melalui implementasi metode part and whole berbantuan feedback visual. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, Disarankan pada guru PJOK kelas IX dapat mengimplementasi Metode Part And Whole Berbantuan Feedback Visual di kelas IX SMP Negeri 4 Negara pada pembelajaran PJOK Materi Passing Atas Bola Voli karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Referensi
Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar
matematika peserta didik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Ahmadi. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: Era Pustaka Utama.
Asyarif, H. (2015). Pengaruh Metode Bagian Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bolavoli
Mini Peserta Didik Sdn Aengdake 1 Kecamatan Bluto Tahun Pelajaran
/2015 (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sumenep).
Azizah, I. M. A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional
Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya Di Kelas Iv Min Ngronggot
Nganjuk. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial
Keagamaan, 16(2), 279-308.
Efriwaldi, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Part and Whole untuk Meningkatkan
Hasil Belajar PJOK Pada Materi Pencak Silat Peserta didik SMK Negeri 2 Merangin
Provinsi Jambi. Jurnal JPDO, 3(7), 1-13.
Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil
Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota
Bekasi. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 33-38.
Jiwa, I. K. (2019). Penerapan Metode Belajar Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Penjaskes Materi Senam Lantai (Lompat Kangkang). Jurnal Pedagogi dan
Pembelajaran, 2(1), 65-71.
Jiwa, I. K. (2019). Penerapan Metode Belajar Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Penjaskes Materi Senam Lantai (Lompat Kangkang). Jurnal Pedagogi dan
Pembelajaran, 2(1), 65-71
Kanca. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Buku Ajar.
Singaraja : Fakultas Olahrga dan Kesehatan.
Lutan, Rusli, dkk. (1995). Dasar-dasar Kepelatihan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan. Sugiyanto. (1995). Surakarta: UNS Press.
Maula, M., & Rustopo, R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A
Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas IV SD. Malih Peddas
(Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(2).
Nanik Lestari, Nurul. (2013). Pengaruh Metode Part and Whole Terhadap Hasil Belajar
Teknik Dasar Servis Bawah Bolavoli Pada Peserta didik Kelas VII A SMP N 1 Pacitan
Tahun Pelajaran 2013/2014. Pacitan: STKIP .
Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta didik Kelas Iv Sd Negeri 79
Pekanbaru”. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 7, Nomor 2
(hlm 204-210).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah,
(1), 171.
Ratnaningsih, R., & Zaky, L. M. (2021). Meningkatkan kemampuan teknik dasar service atas
bola voli menggunakan model pembelajaran part and whole. Altius: Jurnal Ilmu
Olahraga dan Kesehatan, 10(2), 181-190.
Rizki, M. Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Memberi Umpan Balik Guru Pendidikan
Jasmani dan Kesehatan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Journal of
Sportif, 2(1), 72-86.
Seruni, S., & Hikmah, N. (2015). Pemberian umpan balik dalam meningkatkan hasil belajar
dan minat belajar mahapeserta didik. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3).
Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model
pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com).
Widijoto, H. (2010). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Winarno ,M.E (2013). Penerapan Metode Part-Whole Untuk Meningkatkan Keterampilan
Senam Ketangkasan Gerakan Round-Off Pada Peserta didik Kelas Xi Rpl-3 Smk
Negeri 5 Malang . Jurnal Universitas Negeri Malang.
Yoda, I. K., Sudarmada, I. N., & Giri, M. K. W. (2017, November). Implementasi Metode
Pembelajaran Reciprocal Berbantuan FEEDBACK VISUAL Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Keterampilan Pukulan Backhand Tenis Mahapeserta didik Jurusan Ilmu
Keolahragaan Semester Iv. In Seminar Nasional Pendidikan Olahraga (Vol. 1, No. 1,
Pp. 581-592).
Yudiari, M. M., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI
Berbantuan Media Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas
V. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Agus Wahyu Swiartha Adi Saputra Agus, I Nyoman Kanca, Made Agus Wijaya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)