PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • Hesti Januariningtyas Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v6i1.22255

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli (passing atas dan passing bawah). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen sungguhan (true eksperimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Penelitian dilaksanaka pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Melaya tahun pelajaran 2016/2017. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 4 Melaya yang berjumlah 110 orang kemudian dipilih dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling dan mendapatkan sampel kelas VIII A dan VIII B berjumlah 52 orang. Data hasil belajar terdiri dari atas 1) aspek pengetahuan,menggunakan tes essay, 2) aspek sikap, Merujuk hasil analisis data dan pembahasan simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Melaya tahun pelajaran 2016/2017. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena terbukti berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa

References

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta :PT Bumi Aksara

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha

Negara, Kt Tojan. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Berguling Senam Lantai Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sawan” Tersediapada http://ejournal.undiksha.ac.id/index .php/JJP/article/view/7751/5390

Nur Fajrin, Yanuar. 2014. “Pengaruh Penerapan

Model Pembelajaran ooperatif Tipe

Nubered Head Together (NHT) Trehadap Hasil Belajar Dribling Sepak Bola (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Siduarjo)”. Tersedia pada http://ejournal.unesa.ac.id/article/1 3067/68/article.pdf (diakses pada tanggal 12 Juni 2016).

Nuril Ahmadi. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: Era Pustaka Utama.

Sari, Sabrina Pratama. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nubered Head Together (NHT) Trehadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli (Studi Pada Siswa Kelas X TPM 1 SMK PGRI 2 Kota Pasuruan)”. Tersedia

http//ejournal.unesa.ac.id/article/11 056/68/article.pdf (diakses pada tanggal 12 Juni 2016).

Santyasa dan Sukadi. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Singaraja: Undiksha.

Suprijono, Agus. 2009. Cooveratif Learning Teori dan Alikasi Paikem. Yogyakarta:

Pustaka Belajar.

Wijaya, Made Agus. 2015. “Developing Fundamental Movement Based Cooperative Learning Model In Primary School”. Tersedia pada http//pps.unj.ac.id/journal/ijer/article/viewFile/150/149.pdf

Downloads

Issue

Section

Articles