Perkembangan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Renang Artistik

Penulis

  • Wasti Danardani Undiksha
  • Soegiyanto Soegiyanto Unnes
  • Hari Setijono Unesa
  • Sulaiman Sulaiman Unesa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v8i2.33754

Kata Kunci:

Kecerdasan logika matematika, renang artistik

Abstrak

Tujuan penelitian adalah melihat perkembangan kecerdasan logical-matematika pada atlet renang artistik sebagai efek dari hasil latihan yang dijalani. Cabor renang artistik merupakan olahraga yang tidak terukur dengan tingkat subjektifitas tinggi. Menampilkan keterampilan  gerak, musik pengiring, dan keselarasan diantaranya. Penelitian ini menggunakan metode grounded theory kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui catatan lapangan, wawancara kepada informan dengan mencatat dan mencatat informasi. Subjek penelitian adalah anggota tim nasional terdiri dari 10 perenang berusia 12-24 tahun. Hasil peneitian Keterampilan gerak perkembangan kognitif khususnya ingatan terkini. Kekhasan tampilan renang artistik dapat membantu perkembangan kecerdasan logika –matematika pada perenang artistic.

Diterbitkan

2021-04-16

Terbitan

Bagian

Articles