Pemetaan Sarana Prasarana Pembelajaran PJOK pada SMA/SMK Se-Kecamatan Kubu di Kabupaten Karangasem
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v10i1.47193Kata Kunci:
Pemetaan, Sarana dan PrasaranaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana PJOK di SMA/SMK se-Kecamatan Kubu. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 4 sekolah SMA/SMK se-Kecematan Kubu. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara mengklasifikasikan jenis data yang diperoleh dari lembar instrument. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut (1) Dari 38 jenis sarana pembelajaran tersebut pada masing-masing sekolah memiliki jumlah sarana yang berbeda-beda dan di totalkan secara keseluruhan dari SMA/SMK se-Kecamatan Kubu Jumlah sarana keseluruhan 297, yang berkondisi baik sebanyak 286 buah dengan persentase 96,3%. Selanjutnya yaitu sarana yang berkondisi rusak sebanyak 11 buah dengan persentase 3,8%.. Sarana yang berkondisi standart sebanyak 283 sarana dengan persentase 95,2 %, untuk yang modifikasi sebanyak 14 sarana dengan persentase 4,8 % dari jumlah total sarana keseluruhan yaitu 297. (2) Jumlah fasilitas prasarana dijumlahkan total keseluruhannya yaitu 18 prasarana dan yang berkondisi baik 18 dengan persentase 100 % berkondisi baik. Sedangkan dari 18 prasarana yang berstatus milik sendiri yaitu 16 dengan persentase 88,9% dan yang berstatus meminjam atau menyewa berjumlah 2 dengan persentase 11,1%. Kemudian untuk status kualifikasi dari 18 prasarana untuk yang standart yaitu 18 dengan persentase 100% dan modifikasi sebanyak 0 modifikasi dengan persentase 0%. Disimpulkan bahwa Sarana dan prasarana penunjang pembelajaran PJOK di SMA/SMK se-Kecamatan Kubu ini sudah baik, namun pengelolaan serta perawatannya perlu ditingkatkan dan diperhatikan lagi.
Referensi
Agi Ginanjar, Adang Suherman, Tite Juliantine, Y. H. (2018). Development Of Indonesia Scientific Publications On Physical Education In Reputable International Journals: A Bibliometric Analysis. Pendidikan Jasmani Olahraga, 3(1), 122–128. Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Penjas/Index
Anas Junaedi. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.
Firdaus, M., & Purnomo, A. M. I. (2015). Pemanfaatan Taman Rekreasi Selomangkleng (Klotok) Sebagai Sarana Dan Prasarana Olahraga Masyarakat Di Kota Kediri. Jurnal Sportif, 1(1), 81–99. Https://Doi.Org/10.29407/Js_Unpgri.V1i1.649
Ghiffary, M. (2020). Survei Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Tingkat Smp Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 34–41. Https://Doi.Org/10.23887/Jiku.V8i1.29638
Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jekpend: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. Https://Doi.Org/10.26858/Jekpend.V1i1.5057
Kanca, I. N. (2010). Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Oahraga. Fok Singaraja.
Ketaren, A. M. A. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran Luring Peserta Didik Yang Tinggal Di Asrama Dan Daring Bagi Peserta Didik Di Luar Asrama Terhadap Hasil Belajar Pjok. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 9(1), 29–40. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjp/Article/View/36744
Made, Dr. I Tegeh, S.Pd., M. P. (2017). Metode Penelitian Pendidikan.
Muhajirin, I. (2016). Mapping Peminatan Dan Manajemen Kelas Bakat Istimewa Olahraga (Kbio) Sma Negeri 1 Slogohimo Di Kabupaten Wonogiri (Vol. 5, Issue December).
Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. Https://Doi.Org/10.24952/Fitrah.V3i2.945
Pratama, A. C., & Kuntjoro, B. F. T. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Sekolah Menengah Pertama Dan Sederajat. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(3), 561–564.
Purbatin, Y., & Suroto. (2017). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Studi Pada Sd, Smp, Dan Sma Negeri Se- Kecamatan Prambon Ngajuk). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, 05(03), 897–902.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru Pjok Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (Jope), 2(1), 10. Https://Doi.Org/10.31258/Jope.2.1.10-15
Sinta, T., Fatimah, N., & Hidayah, R. (2021). International Journal Of Active Learning The Development Of Cihoe Game As A Learning Media In The Elemental Chemistry Material. 6(2), 49–57.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Sujarweni, V. W. (2020). Metodologi Penelitian.
Uu No 3 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional Dengan. Presiden Ri, 1, 1–53.
Uu Nomor 24 Tahun 2007. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. Ятыатат, Вы12у(235), 245. Http://Digilib.Unila.Ac.Id/11478/16/16. Bab Ii.Pdf
Widodo, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Pjok) Terintegrasi Dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan Bahasa Arab (Ismuba) Di Sd/Mi Muhammadiyah. Jendela Olahraga, 3(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.26877/Jo.V3i1.2059
Widyasto, E. S. (2018). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Guru Penjas Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Atletik Di Smp Negeri 1 Ngaglik. Skripsi.
Yudi, A. A. (2012). Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau Dari Segi Sarana Dan Prasarana (Sarana Dan Prasarana Pplp). Jurnal Cerdas Sifa, 1(1), 1–9.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 I Made Krisnanta Berliyanta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)