MINAT PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK MATERI BOLA BESAR DI SD NO. 9 JIMBARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Kata Kunci:
Minat peserta didik, pembelajaran PJOK; bola besarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik kelas atas dalam mengikuti pembelajaran PJOK materi bola besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas atas SD No. 9 Jimbaran dengan jumlah 164 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling dengan jumlah 110 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket atau kuisioner tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase dari jawaban peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan 72 orang (65,5%) kategori sangat tinggi, 35 orang (31,8%) kategori tinggi, dan 3 orang (2,7%) kategori sedang.
Referensi
Cahya, dkk. (2022) ‘Minat Mahasiswa terhadap Olahraga Tradisional’, 2.
Charli, L., Ariani, T. and Asmara, L. (2019) ‘Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika’, Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), pp. 52–60. Available at: https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727.
Dayanti, J. and Sumaryanto, S. (2021) ‘Implementation of physical, sports, and health education facilities’, Jurnal Keolahragaan, 9(1), pp. 26–34. Available at: https://doi.org/10.21831/jk.v9i1.32490.
Dewi, R.P. and Sepriadi, S. (2021) ‘Minat Siswa SMP Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa New Normal’, Physical Activity Journal, 2(2). Available at: https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3988.
Dollah, A.A. et al. (2018) ‘Survei Minat Siswi Terhadap Olahraga Futsal di SMAN 3 Palu’, 0383, pp. 22–29.
Fadlih, A.M. (2019) ‘Minat dan Motivasi Peserta Didik Penyandang Disabilitas Ketunarunguan terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga’, Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 2(01). Available at: https://doi.org/10.35724/mjpes.v2i01.2072.
Fatahillah, A. (2018) ‘Hubungan Kelincahan dengan Kemampuan Dribbling pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket’, Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO), 1(2), pp. 11–20. Available at: https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.131.
Halid (2019) ‘Survei minat siswa terhadap kegiatan ekstrakulikuler olahraga futsal smk negeri 10 makassar 1’, Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi [Preprint].
Hartono, D. and Saefudin, A. (2021) ‘Permainan Bola Besar (Sepak Bola)’, p. 19720712.
Hermawan, Y., Suherti, H. and Gumilar, R. (2020) ‘Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa’, Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8(1), p. 51. Available at: https://doi.org/10.25157/je.v8i1.3317.
Hidayah, L. and Asim, A. (2020) ‘Studi Perbandingan Minat Siswa SMP Dan MTs terhadap Bolavoli Mini dan Bolavoli Gandu Level II’, Sport Science and Health, 2(7), pp. 357–366.
Ilham, D. (2019) ‘Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional’, Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), pp. 109–122.
Korompot, dkk (2020) ‘Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar’, 1.
Malik, A.A. and Rubiana, I. (2019) ‘Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket: Studi Deskriptif Pada Mahasiswa’, Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), pp. 79–84. Available at: https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1238.
Mashud, M. (2019) ‘Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani’, Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 17(2), pp. 77–85. Available at: https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704.
Mutmainah, S.F. (2021) ‘Minat Siswa SMP Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa New Normal Junior High School Students Interest in Online Physical Education Learning During the New Normal Period’, 2(April).
Nisa, H.U., Nurbaeti, R.U. and Budiana, N. (2022) ‘Pengaruh Minat Belajar Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid 19’, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), pp. 1528–1535.
Nugraha, B., Dimyati, A. and Gustiawati, R. (2021) ‘Minat Belajar Siswa Dalam Mempraktekkan Pembelajaran Penjas di Rumah Pada Masa Covid-19’, Journal Coaching Education Sports, 2(1), pp. 31–40. Available at: https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446.
Nuryasintia, I. and Wibowo, L.A. (2019) ‘Learning Activeness through Learning Media and Class Management’, 65(Icebef 2018), pp. 145–148. Available at: https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.35.
Rachman, T. (2018) ‘Peningkatan Instrumen Evaluasi Hasil Belajar Keahlian Bola Basket pada Siswa SMP Kelas IX’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., pp. 10–27.
Saputra, D.I.M. and Gusniar, G. (2019) ‘Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli melalui Bermain Melempar Bola’, Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO), 3(1), pp. 64–73. Available at: https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i1.862.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Pendidikan. Edited by A. Nuryanto. Bandung: Alfabeta, cv.
Suherman, A. (2018) Kurikulum Pembelajaran Penjas. Edited by M.N. Alif. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
Tarigan, dkk. (2021) ‘Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOKSecara Daring’, 9.
Widiastuti, S.S. (2019) Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar. Edited by Yogi. Ponorogo.
Widyanto, E. and Djawa, B. (2020) ‘Penerapan modifikasi sepak bola tehadap belajar dan efektivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan’, Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 08(01), pp. 21–25.
Wiguna, I.N.T.P. (2021) ‘Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tingkat SMP se-Kecamatan Banjar Tahun 2020/2021’.
Yasa, K.E.S., Adi, I.P.P. and Spyanawati, N.L.P. (2021) ‘Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19’, Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), p. 32. Available at: https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34855.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 I Gusti Agung Made Adi Wirasmika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)