Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25070Keywords:
lambang bilangan, anak usia 4-5 tahun, permainan balok angkaAbstract
Rendahnya kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia empat sampai lima tahun sering terjadi dan selalu menjadi topik hangat yang diperbincangkan setiap tahunnya oleh pendidik, orang tua, dan masyarakat. Dimana seharusnya anak usia empat sampai lima tahun sudah mampu mengenal lambang bilangan satu sampai sepuluh. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan anak usia empat sampai lima tahun dalam mengenal lambang bilangan adalah dengan menggunakan permainan balok angka. Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia empat sampai lima tahun melalui permainan balok angka. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ilmiah ini adalah kualitatif-deskriptif. Metode yang digunakan dalam artikel ilmiah ini adalah kajian pustaka. Subjek dalam artikel ilmiah ini adalah anak usia empat sampai lima tahun. Berdasarkan sumber-sumber kajian pustaka yang dikumpulkan, didapatkan hasil bahwa cara mengenalkan lambang bilangan pada anak usia empat sampai lima tahun yang paling tepat adalah dengan menggunakan permainan balok angka. Hal ini sudah terbukti akurat dari hasil-hasil penelitian para peneliti yang menyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mengenal lambang bilangan satu sampai sepuluh pada anak usia empat sampai lima tahun melalui permainan balok angka. Kesimpulan dari artikel ilmiah ini adalah terdapat empat langkah pelaksanaan permainan balok angka guna meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia empat sampai lima tahun.References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari, Ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=59V8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=jurnal+pengertian+jenis+penelitian+kualitatif+deskriptif&ots=5GhCrzcsEp&sig=unLy_soopjSnZ8kKKNqcqXClefA&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Anggraini, G. (2015). Kajian Pustaka (Literature Review) (Vol. 6, pp. 1–13). Vol. 6, pp. 1–13. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Dewi, N. L. P. A., Jampel, I. N., & Tegeh, I. M. (2017). Microsoft Power Point Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 33–44. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/11070
Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 169–178. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179
Gandana, G., Pranata, O. H., & Danti, T. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Media Balok Cuisenaire pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 92–105. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/viewFile/7160/4760
Hasendra, A. (2019). Penggunaan Balok Angka Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2(2), 64–80. https://doi.org/https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.42
Hijriati. (2016). Tahapan perkembangan kognitif pada masa early childhood. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1–17. Retrieved from http://103.107.187.25/index.php/bunayya/article/download/2034/1506
Masliani, S. (2018). Peningkatan Intelegensi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Fungsi Logaritma Menggunakan Model Quantum Learning. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 70–81. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a7
Multahada, A. (2016). Variasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Mengajarkan Calistung Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Babul Jannah Sambas (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/22618/
Nursa’idah. (2016). Menggunakan Media Balok Angka di Kelompok A TK Kusuma Mulia Al-Falah Kabupaten Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1–11. Retrieved from http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/12.1.01.11.0419.pdf
Nursiatun. (2015). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Angka 1-10 Menggunakan Metode Bermain Menyusun Balok-Balok Angka Pada Anak Kelompok A Tk Baitussalam Tulungagung. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(08), 1–12. Retrieved from http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2015/11.1.01.11.0129.pdf
Pradana, P. H. (2016). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paud Tambusai, 2, 18–25. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.38
Qholisya, N. (2019). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak Tk B Bustaannur (Universitas Medan Area Medan). Retrieved from http://repository.uma.ac.id:8081/bitstream/123456789/10799/1/148600354 - Nur Qholisya - Fulltext.pdf
Sari, D., & Abdullah, M. (2015). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 1–7. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/14470
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya (Pertama). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=0qRPDwAAQBAJ&pg=PA100&lpg=PA100&dq=tiga+tahap+dalam+pengenalan+lambang+bilangan+pada+anak+usia+dini+yaitu+tahap+penguasaan+konsep,+tahap+transisi,+dan+tahap+lambang&source=bl&ots=ewAXuMOymk&sig=ACfU3U0KA0aU8txAn7p3IaE0I
Syahrida, U., Wahyuningsih, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2017). Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka Bergambar (Pada Anak Kelompok A Raudhatl Athfal Masyithoh) Plumpung Cawas Klaten Simbol-Simbol. FKIP UNS Journal Systems, 5(1), 1–11. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/issue/download/715/66
Weni, R. P. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Metode Proyek Dengan Media Kartu Pintar Siswa TK Pertiwi Banteran Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Wijaya, I. D. (2016). Deskripsi Proses Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 5(1), 1–15. Retrieved from http://id.portalgaruda.org/article.php?article=440703&val=5455
Yurnalisma, & Fatmawati. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Satu Sampai Lima Melalui Media Balok Angka bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas VII di SL B N 1 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)