Dampak Permainan Tradisional Ngadu Kaleci terhadap Sosial Emosional Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.34057Keywords:
Permainan Tradisional, Ngadu Kaleci, Sosial Emosional, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta-fakta yang peneliti temukan di lapangan mengenai kondisi pencapaian perkembangan sikap sosial dan emosional anak usia dini yang belum optimal serta permainan tradisonal yang mulai ditinggalkan seiring perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat permainan tradisional ngadu kaleci terhadap perkembangan aspek sikap sosial emosional anak usia dini dan juga agar permainan tradisional ngadu kaleci tidak mengalami kepunahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang dilibatkan adalah anak usia lima sampai enam tahun sebanyak lima orang anak. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur, observasi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif dari Miles dan Huberman. Adapun tahapan model interaktif yang dimaksud, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sosial emosional anak muncul atau berkembang saat melakukan permainan tradisional ngadu kaleci, seluruh indikator sosial emosional anak berkembang dengan optimal.
References
Adpriyadi, A. (2017). Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B. JPPM: Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 187–198. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.10016.
Aghnaita, Salsabila, A. A., Hanik, C., Syafitri, M., Norhayani, Normiati, & Nadia, R. (2020). Kegiatan Pembelajaran sebagai Upaya dalam Menstimulus Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Din. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 43–57. https://doi.org/10.32505/atfaluna. v3i1.1732.
Aim, A. A. K., & Muqowim. (2020). Implementasi Permainan Tradisional Jamuran dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD LECTURA: JUrnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 22–32. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4121.
Chairilsyah Daviq. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 88–98. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351.
Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako. Martabat J. Peremp. Dan Anak, 4(1), 1–22.
Dermawan, W., Purnama, C., & Mahyudin, E. (2020). Penguatan “ Kaulinan Barudak Sunda ” sebagai permainan tradisional di Kecamatan Jatinangor Strengthening " Kaulinan Barudak Sunda " as a traditional game in Jatinangor District. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/jppm.v7i1.28798.
Hewi, L. (2020). Pengembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Dadu. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 72–81. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/5918.
Hodijah, S., Rachmawati, Y., & Agustin, M. (2019). Upaya Guru Dalam Menanamkan Sifat Sabar Di Ra Persis I Kota Bandung. Edukid, 15(2), 95–102. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20604.
Indriani, N. (2017). Meningkatkan Percaya diri siswa melalui model Snowball Throwing dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV di SD Negeri 111/1 Muara Bulian. Jurnal Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Model Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 111/1 Muara Bulian.
Iriyanti, A., Nusabelani, S. A., Erlina, D., & Agustina, L. (2020). Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry). Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(2), 61–67. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i2.10879.
Istova, M., & Hartati, T. (2016). Pengaruh Media Film Animasi Fiksi Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 72–86. https://doi.org/10.30870/jpsd.v2i1.669.
Izza, A. (2018). Dampak Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Anak (Studi Kasus di Panti Asuhan Cipto Siswoyo Bangunkerto, Turi, Sleman, Yogyakarta). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Karmila, M. (2016). Upaya Guru Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Dikober Geger Sunten. Jurnal EMPOWERMENT, 5(2), 31–50.
Lestari, P. I., & Prima, E. (2016). Implementasi Permainan Anak Tradisional Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 23–30.
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol diri : definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling, 3(2), 65–67.
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19.
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007.
Nur, L., Halimah, M., & Nurzaman, I. (2017). Permainan Tradisional Kaulinan Barudak Untuk Mengembangkan Sikap Empati Dan Pola Gerak Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 170–180. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9357.
Putri, C. F., & Zulminiati. (2020). Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3038–3044. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.806.
Rahimah, H. R. (2020). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional AUD(STPPA Tercapai )Di TK Indriyasana. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 80. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i2.3502.
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011–1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502.
Rambe, N. A., & Marbun, S. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Gowokan terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Bayangkara. Jurnal Usia Dini, 3(1), 32–42. https://doi.org/10.24114/jud.v3i1.14652.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108.
Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379.
Rosikhoh, D., & Abdussakir, A. (2020). Pembelajaran Pola Bilangan melalui Permainan Tradisional Nasi Goreng Kecap. Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.1.43-54.
Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelas IV Sd 091526. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449–455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.56 8.
Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554.
Salam, A. F. B., Yunus, M., & Kinanti, R. G. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional (Egrang Bambu) terhadap Peningkatan Keseimbangan pada Anak Kelas 5 SD. Jurnal Sport Science and Health, 1(3).
Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. (2018). Optimalisasi Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Potensi PAUD. ADIWIDYA, 2(2), 289–298. https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2521.
Sugiartini, N. K., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 171. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853.
Sutini, A., Halimah, L., & Ismail, M. H. (2019). Model Pendidikan Karakter Berbasis Literacy Gardens Di Paud. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 11–18. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457.
Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792.
Wariyanti. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Dalam Mengembangkan Motorik Dan Sosial Emosional Anak. ASGHAR : Journal of Children Studies, 1(2), 152–163.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.
Yasbiati, Y., Mulyana, E. H., Rahman, T., & Qonita, Q. (2019). Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 99–106. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28591.
Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033.
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.
Yusria, & Musyaddad, K. (2019). Permainan Tradisional Sebagai Model Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. AL ATHFAAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Uisa Dini, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.3995.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nuriyah, Heri Yusuf Muslihin, Sumardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)